8 Plafon Dapur Minimalis yang Mudah Dipasang dengan Model Menarik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 14 November 2023 05:17
8 Plafon Dapur Minimalis yang Mudah Dipasang dengan Model Menarik
Selain cat rumah dan kitchen set, plafon dapur minimalis bisa memberikan nilai tambahan untuk memperindah tampilan dapur.

Plafon dapur minimalis ada berbagai model sekarang ini. Kehadiran plafon menjadi bagian penting sebagai pelengkap rumah yang bisa memberikan kenyamanan dan memperindah tampilan plafon supaya lebih menarik.

Desain dan motif plafon dapur di era sekarang tentu sudah memiliki berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan gaya dapur untuk rumah yang mewah hingga yang minimalis. Selain memandang nilai estetika, pemilihan plafon dapur juga harus diimbangi dengan kualitas bahan plafon yang baik untuk memberi perlindungan yang maksimal saat berada di dapur. 

Yuk, intip ide plafon dapur minimalis yang bisa kamu jadikan referensi untuk dipasang di rumah.

1 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis Kayu

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Plafon kayu dianggap sebagai plafon rumah dengan kualitas yang terbaik. Selain memiliki struktur yang kuat dan padat, plafon kayu juga membuat ruangan jadi terasa indah dan mewah karena coraknya yang natural.

Dengan adanya pori yang dihasilkan dari kayu, plafon ini bisa membantu meredam suara bising yang bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah lain. Plafon kayu juga memiliki kemampuan pengontrol yang baik untuk menjaga stabilitas suhu ruangan agar tetap hangat.

2 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis PVC

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Sering dianggap remeh karena terbuat dari bahan plastik, plafon PVC justru memiliki keunggulan yang tidak kalah kerennya. Kekuatan dari plafon PVC adalah bisa tahan terhadap serangan rayap dan jamur, di mana kedua penyakit ini sering terjadi pada hunian yang memiliki kelembapan tinggi. 

Selain itu, plafon PVC juga dikenal sebagai plafon yang cukup awet dan bisa meminimalisir terjadinya kebocoran. Hasil akhir dari plafon ini memiliki tampilan yang mengkilap tanpa harus dipoles dengan menggunakan cat tambahan.

3 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis Gypsum

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Plafon berbahan gypsum sepertinya tidak asing lagi untuk rumah. Plafon ini sering dijadikan opsi pertama untuk memasang plafon di rumah karena dikenal sebagai jenis plafon yang mudah dipasang. Desain dan motif pada plafon gypsum pun bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi dengan hasil akhirnya yang terlihat rapi dan mulus. 

Perawatan yang diberikan apabila terjadi kerusakan pada plafon gypsum cukup mudah. Bagian plafon yang rusak bisa diplester tanpa harus membongkarnya secara keseluruhan.

4 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis Triplek

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Plafon triplek merupakan bagian dari plafon yang berasal dari lapisan bahan kayu dan memiliki ketebalan berkisar 3 hingga 6 milimeter. Harga yang dibandrol untuk plafon triplek dapat terbilang cukup murah dan mudah sekali untuk ditemukan di pasaran, sehingga nggak heran jika banyak pemilik rumah yang menyukainya. 

Pemasangan plafon triplek untuk ruang dapur juga tidak terlalu ribet karena sifat bahannya yang ringan. Plafon triplek juga memiliki kualitas yang baik untuk menjaga temperatur suhu ruangan secara stabil.

5 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis GRC

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

GRC atau singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement adalah jenis plafon yang tercipta atas kombinasi semen dan campuran serat glass fiber. Plafon GRC masih termasuk dalam kategori bahan beton dengan memiliki bobot yang lebih ringan.

Pemasangan pada plafon GRC juga mudah dilakukan karena memiliki sifat bahan yang luwes. Plafon ini juga dilengkapi dengan struktur yang kuat untuk menahan tekanan air, sehingga bisa meminimalisir risiko kebocoran dalam ruangan.

6 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis Silika

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Kehadiran plafon silika tampaknya masing belum banyak diketahui oleh masyarakat. Plafon silika adalah jenis plafon yang terbuat dari campuran bahan semen, bubuk silika, serat lelulosa, dan filler. Karena bahan utamanya mengandung semen, plafon ini memiliki daya ketahanan yang cukup kuat untuk melindungi bagian dalam ruangan.

Proses pembuatan plafon silika pun tidak sembarang dibuat karena menggunakan mesin yang berteknologi tinggi. Dengan sifatnya yang anti panas, plafon ini cocok untuk dipasangkan di dapur yang tidak memiliki ventilasi udara di dalamnya.

7 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis Logam

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Rumah dengan gaya industrialis pastinya akan sangat cocok jika menambahkan sentuhan bahan logam sebagai plafonnya. Plafon logam dianggap memiliki ketahanan yang cukup kuat dari paparan api, sehingga sangat aman digunakan untuk dipasangkan di dapur. 

Kehadiran plafon logam memberikan kenyamanan bagi para penghuni rumah tanpa harus memikirkan biaya perawatan yang cukup besar. Selain itu, plafon ini juga memiliki ketahanan yang baik dalam menghadapi kelembapan, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

8 dari 8 halaman

Plafon Dapur Minimalis Akustik

Plafon Dapur Minimalis © Diadona

Plafon akustik merupakan jenis plafon yang terbuat dari serat mineral rockwool. Plafon ini dianggap sebagai salah satu plafon favorit untuk hunian karena memiliki kemampuan yang bisa meredam suara saat melakukan aktivitas di ruangan. 

Keuntungan lain jika menggunakan plafon akustik yakni memiliki kemudahan dalam pemasangannya. Hal ini disebabkan karena bobot dari plafon yang ringan, sehingga tidak perlu memakan waktu yang terlalu lama demi memasangkan plafon akustik. 

Itulah ide plafon dapur minimalis yang dijamin nggak membosankan. Dengan plafon yang keren, aktivitas memasak jadi lebih semangat dan bikin betah saat berada di dapur. 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar