12 Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik, Bikin Betah Masak!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 September 2023 22:00
12 Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik, Bikin Betah Masak!
Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik sangat penting agar menciptakan suasana yang nyaman dan penuh cinta saat memasak dan menghidangkan sajian

Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik saat ini menjadi incaran bagi para calon pemilik rumah minimalis yang memiliki keterbatasan lahan. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun tidak merubah keindahan dari dapur minimalis ini. Perubahan trend ini adalah hasil dari perubahan gaya hidup, kebutuhan ruang yang lebih efisien, dan kecenderungan estetika yang bersih dan sederhana. 

Dapur merupakan tempat dimana keajaiban masakan tercipta. Bukan cuman masak saja, dapur menjadi tempat yang paling sering digunakan oleh semua anggota rumah. Kita bisa ngobrol santai sambil minum kopi atau teh. Keluarga dan teman sering menghabiskan waktu bersama, berbagi cerita, dan tertawa.

Lebih dari itu, dapur sudah menjadi tempat favorit bagi seluruh anggota keluarga. untuk itu sangat penting agar menciptakan suasana yang nyaman dan penuh cinta. Jika kamu memiliki permasalahan dengan desain dapur kecil, pas banget! ini adalah solusi untuk kamu. Simak artikel ini karena kami akan memberikan 15 inspirasi dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik.

 

1 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Bertema Modern

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Desain dapur minimalis modern memang lagi hits banget. Gak heran, karena desainnya yang simpel dan memberikan tampilan yang clean. Jangan sedih dulu jika punya ruangan yang tidak terlalu luas. Kamu bisa menciptakan dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dengan menerapkan beberapa tips dari kami. 

Dapur kecil bisa jadi cantik banget kok, kuncinya ada di desainnya. pertama pilih warna yang cerah agar terlihat luas, gunakan lampu bergaya modern seperti LED atau lampu gantung, Pilih kabinet dengan desain sederhana dan banyak laci, tambahkan ubin backsplash, serta minimalis peralatan masakmu agar praktis. Terakhir pastikan dapur tetap bersih dan terorganisir. 

 

 

2 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Bergaya Rustik

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Dapur adalah hati dari setiap rumah. Bagi banyak orang, memiliki dapur yang indah adalah impian. Dapur minimalis ukuran kecil tapi cantik dapat kamu wujudkan dengan gaya rustik nuansa pedesaan. Dapur bergaya rustik dikenal karena kehangatan, keaslian, dan karakter uniknya. Palet warna alami adalah kunci, gunakan warna-warna seperti cokelat, krem, hijau zaitun, atau abu-abu. Material seperti kayu bisa jadi titik fokus yang indah. 

Tidak ada dapur yang lengkap tanpa sentuhan akhir yang unik. Tambahkan aksesori seperti panci tembaga, gerabah keramik, atau perlengkapan dapur bergaya rustik lainnya. Pot bunga dengan tanaman hijau menjadi pelengkap agar suasana semakin terasa hangat. 

 

3 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Skandinavia

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Ingin memiliki dapur dengan konsep seperti negara-negara Nordik? desain skandinavian cocok untuk kamu yang ingin mewujudkan dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik. Dapur skandinavia dikenal dengan ciri khasnya yang simpel, dan satu kata yang bisa menggambarkannya adalah ‘putih’. Warna putih yang mendominasi memberikan kesan ruang yang lebih besar dan cerah. 

Selain warna putih mendominasi, kayu juga merupakan bintang utama dalam gaya dapur ini. Bahkan, dapur bergaya skandinavia sering dilengkapi laci-laci kayu yang cantik dan sederhana. Sebagai pelengkap, gantungkan beberapa kain serbet berwarna atau handuk dapur yang lucu agar semakin stylish. 

 

4 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Desain Industrial

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Menampilkan karakter pabrik, desain industrial memanfaatkan material kasar seperti beton, pipa besi, dan dinding bata ekspos. Jadi jangan takut jika kamu punya dinding yang unfinished justru itu poinnya. Lebih dari itu, tambahkan sedikit sentuhan kontras dengan perabotan dapur berwarna atau lampu gantung yang mencolok. 

Siapa bilang dapur minimalis berukuran kecil harus membosankan? Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dengan gaya industrial adalah jawaban dari masalahmu. Selain estetik, gaya industrial juga terlihat elegan dan kece banget pastinya. 

 

5 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Bergaya Bohemian

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Jika kamu adalah tipe orang yang suka warna-warni dan memiliki dapur berukuran mungil, jangan khawatir! ada gaya dapur yang sempurna untukmu. Desain dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dengan gaya boho jadi alternatif untukmu. Boho adalah singkatan dari ‘Bohemian’ yang dikenal dengan ciri khasnya yaitu menggunakan warna-warna cerah dan perpaduan yang berani. 

Desain boho akan terlihat istimewa dengan aksesori yang unik. Coba tambahkan taplak meja berwarna-warni, gantungan pot bunga yang lucu, atau keramik dengan motif etnik. sentuhan-sentuhan ini akan memberikan karakter pada dapurmu dan menghadirkan suasana yang magis.

Dakam dapur minimalis bergaya boho, kurangi keramaian pada perabotan kamu. pilih meja makan atau kursi dengan desain yang simpel, agar fokusnya tetap pada warna-warni dan aksesori.

 

6 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Vintage

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dengan gaya vintage akan membawamu bernostalgia kembali ke masa lalu. Gaya dapur vintage seringkali mengambil inspirasi dari era 1950-an hingga 1970-an. Salah satu hal yang paling mencolok dalam dapur vintage adalah perabotan yang bersejarah. 

Jika kamu beruntung, mungkin kamu bisa menemukan meja atau kursi dengan gaya retro yang masih berfungsi dengan baik. Untuk menampilkan koleksi piring atau gelas vintage mu maka tambahkan beberapa laci dengan pintu kaca yang transparan. Pilih lampu gantung dengan desain klasik yang hangat agar suasana semakin nyaman dengan gaya vintage. 

 

7 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Art Deco

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Dapur kecilmu akan terlihat anggun dengan konsep art deco yang simpel dan cocok untuk ruang yang terbatas. Gaya art deco dikenal dengan penggunaan warna-warna berani dan kontras. Jadi jangan takut untuk memilih warna emas, hitam, merah maroon, atau biru tua. Art deco adalah tentang kemewahan, jadi gunakan bahan-bahan mewah dalam dapurmu. 

Lantai marmer atau ubin motif geometris adalah pilihan yang cocok. Untuk menambah kesan mewah kamu bisa gunakan pencahayaan yang menonjol sehingga perabotan dengan material stainless steel akan memberikan kilauan yang mengesankan. Konsep ini pas untuk kamu yang ingin memiliki dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik. 

 

8 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Shabby Chic

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik selanjutnya adalah gaya shabby chic. Gaya desain satu ini penuh dengan kelembutan, keanggunan, dan cocok untuk ruang yang terbatas. Shabby chic identik dengan penggunaan warna-warna lembut seperti putih, krem, pink muda, atau biru pastel yang memberikan kesan romantis. Dalam dapur ini, gunakan kain tekstil yang lembut motif bunga. Pilih kain serbet atau tirai dengan motif bunga-bunga, ini akan memberikan tampilan yang feminim dan sejuk. Dapur minimalis bergaya shabby chic adalah perpaduan yang manis antara kelembutan dan sentuhan vintage yang romantis dalam dapurmu.

 

9 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Kontemporer

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Ruang terbatas bukan jadi masalah untuk kamu memiliki dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik. Gunakan desain kontemporer untuk menampilkan modernitas pada dapurmu. Material yang digunakan dalam dapur bergaya kontemporer seringkali adalah material modern seperti stainless steel, kaca, atau beton terbuka.

 Gunakan peralatan yang terintegrasi dengan teknologi seperti kompor listrik, mesin pencuci piring, hingga kulkas yang canggih. Style ini sangat digemari oleh masyarakat urban saat ini karena tampilannya yang elegan dan tentunya praktis.

 

10 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Art Nouveau

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Mungkin gaya yang satu ini masih asing untuk kita dengar. Namun ini tidak kalah cantiknya dengan desain-desain sebelumnya. Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dapat mengadopsi gaya dari art nouveau. Gaya ini dikenal dengan penggunaan kurva-kurva alami seperti bunga, daun, atau bentuk organik lainnya. kamu bisa menggunakan perabotan yang menggambarkan alam, seperti kursi dengan punggung berbentuk bunga atau meja dengan ukiran bunga. Perabotan dengan desain alami akan menjadi pusat perhatian dalam ruanganmu.

11 dari 12 halaman

Dapur Minimalis Modern Tropis

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Bagi kamu yang tinggal di pulau tropis, bisa mengadopsi desain dapur bergaya tropis. Pilihan ini cocok untuk kamu yang ingin menghadirkan suasana yang cerah, segar, dan pas untuk ruang terbatas. Gunakan kayu untuk lantai atau meja dapur, dan pilih backsplash dengan motif alam seperti batu alam atau ubin. Tambahkan beberapa tanaman hias seperti palem, monstera, atau bambu dalam pot. Kamu akan merasakan atmosfer tropis setiap hari dengan adanya dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik di rumah kamu. 

 

12 dari 12 halaman

Dapur Minimalis untuk Apartemen Kecil

Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik © Diadona

Kita tahu betapa berharganya setiap inci ruang di dalam apartemen, dan dapur adalah salah satu ruangan yang paling menantang untuk diatur. Tenang saja kamu tetap akan memiliki dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dengan melakukan penataan yang sempurna. Manfaatkan ruang semaksimal mungkin dengan menambah kabinet pada dinding untuk menyimpan segala perlengkapan memasak. Dengan pemilihan warna yang bijak, perabotan multifungsi, dan penataan yang baik, kamu dapat melahirkan dapur yang ciamik pada apartemenmu.

Jadi, itulah 12 rekomendasi desain dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik yang bikin kita jatuh hati. Ingat! desain minimalis bukan hanya tentang meminimalisir barang-barang tapi juga tentang memaksimalkan potensi ruangmu. 

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

 

 

Beri Komentar