5 Anjuran Pasang TV di Rumah, Terapkan untuk Menonton dengan Jarak Ideal dan Lebih Nyaman

Reporter : Arifina
Selasa, 27 Februari 2024 14:00
5 Anjuran Pasang TV di Rumah, Terapkan untuk Menonton dengan Jarak Ideal dan Lebih Nyaman
Memasang TV yang ideal ada aturannya biar menonton lebih nyaman.

Anjuran pasang TV di rumah kiranya perlu diperhatikan untuk menonton dengan ideal. Ya, menonton TV memang harus memperhatikan jarak agar tidak terlalu dekat dengan layar dan memicu gangguan pada mata.

Umumnya, TV diletakkan di ruang keluarga untuk menjadi teman santai dalam beraktivitas. Namun, ada juga yang memasangnya di kamar tidur sebagai teman di dalam ruangan.

Nah, peletakan TV di ruang keluarga maupun di kamar tidur ini tidak bisa asla lho! Ada beberapa yang memasangnya langsung pada dinding, hingga menggunakan rak TV minimalis. Disisi lain, kamu perlu memahami aturannya dengan tepat agar bisa berada di titik fokus ruangan.

 

1 dari 7 halaman

Anjuran Pasang TV di Rumah © Diadona

Memasang TV dengan tepat bertujuan untuk lebih membuat nyaman saat menonton. Sehingga, bagian tengah TV setidaknya harus sejajar dengan mata saat penonton duduk.

Jarak tinggi antara peletakan TV dengan area pandang, lantai, hingga perabotan juga penting untuk dipahami dengan seksama sebelum memasang TV di rumah. Ada juga beberapa anjuran lain juga harus diperhatikan saat memasang TV di ruang keluarga atau kamar tidur. Apa saja? Berikut ini diadona.id rangkumkan dari The Spruce.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Jarak Tinggi TV pada Dinding

Pemasangan TV pada dinding tidak bisa asal. Kamu perlu mengetahui jarak tinggi yang tepat jika akan memasang TV pada dinding.

Aturan ketinggian pemasangan TV rata-rata satu neter untuk sebagian besar layar. Tinggi ini diukur dari lantai ke bagian tengah layar.

Namun, ketinggian pemasangan TV ini dapat disesuaikan terganung penonton dan preferensi mereka. Misalnya, untuk pemasangan TC setinggi 1,2 meter maka tepi bawahnya 69 cm dari lantai.

Sementara, jika ketunggian TV 1,3 meter, maka bagian bawahnya harus berada di 66 cm dari lantai. Dengan aturan ini, akan didapati ketinggian menonton TV satu meter di tengah dinding.

3 dari 7 halaman

Pemasangan TV di Atas Perabot

Model Rak TV Minimalis dan Rapi © Diadona

Lain lagi jika kamu memasang TV di atas perabot rumah tangga. Aturan jarak ketinggian yang ideal pun juga perlu dipahami dengan baik.

Memang, idealnya ketinggian pemasangan TV adalah satu meter dari lantai ke layar. Ini berlaku untuk pemasangan di berbagai area,

Namun, untuk beberapa kasus, ketinggian pemasangan TV di atas perabot bergantung pada tinggi dari perabotan itu sendiri. Sehingga, jarak TV dihitung dari tinggi perabotan ditambah 7,6 sampai 10 cm jaraknya.

4 dari 7 halaman

Jarak Ketinggian TV di Kamar Tidur

Nah, untuk pemasangan TV di area kamar tidur juga berbeda lagi. Untuk aturannya, jarak ketinggiannya 1,2 meter diukur dari lantai ke bagian tengah layar.

TV di area tempat tidur ini harus lebih tinggi dari rata-rata. Hal ini karena untuk mencerminkan ketinggian tempat tidur.

Apalagi, setiap tempat tidur memiliki ketinggian yang bervariasi. Belum lagi, penonton TV yang memungkinkan untuk menonton dengan cara duduk tegak, berbaring di tempat tidur, maupun sandaran pada tempat tidur.

5 dari 7 halaman

Pemasangan TV di Ruang Hiburan

Anjuran Pasang TV di Rumah © Diadona

Jika kamu memiliki area ruang hiburan di rumah, maka perlu juga memperhatikan pemasangan TV dengan tepat. Jarak ideal ketinggiannya adalah 1 meter, diukur dari lantai ke bagian layar tengah.

Biasanya, ruang hiburan memiliki dinding yang cukup lebar dan akan menggunakan jenis TV dengan layar yang lebih besar. Jika demikian, maka kamu perlu menaikkan ketinggian layar TV.

Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan jarak dinding dengan lebih proporsional. Perhatikan juga kursi yang dipakai di area tersebut.

Jika menggunakan kursi yang tinggi, maka aturan pemasangan TV dalam ruangan ini juga harus dinaikkan ketinggiannya. Sehingga sesuai dengan penontonnya.

6 dari 7 halaman

Jarak Pemasangan TV di Atas Perapian Ruang Keluarga

Siapa yang memiliki perapian di ruang keluarga? Biasanya, di atasnya akan diberi TV untuk menikmati momen bersama keluarga lebih santai dan ramai.

Nah, pemasangan TV di area ini juga perlu diperhatikan ya. Minimal, kamu harus memastikan jika perapian tidak akan menghalangi layar saat penonton duduk.

Jarak ketinggian pemasangan TV ini ditentukan dengan ketinggian perapian itu sendiri. Sehingga, pasanglah TV dengan tepi bawah sekitar 7,6 sampai 10 cm di atas perapian.

7 dari 7 halaman

Model Rak TV Minimalis dan Rapi © Diadona

Selain beberapa anjuran di atas, kamu juga perlu memastikan lokasi pemasangan TV yang diinginkan di dalam rumah. kemudian, pilih juga ukuran TV yang sesuai dengan ruangan.

Televisi yang terlalu besar untuk ruangan kecil atau sebaliknya dapat mengurangi kenyamanan menonton.

Itulah anjuran pasang TV di rumah yang bisa kamu terapkan untuk kenyamanan menonton dan bersantai. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar