10 Tips Mengatur Pencahayaan Alami di Rumah, Bikin Ruangan Makin Nyaman Meski Tanpa Banyak Lampu Lho!

Reporter : Arifina
Kamis, 22 Februari 2024 17:17
10 Tips Mengatur Pencahayaan Alami di Rumah, Bikin Ruangan Makin Nyaman Meski Tanpa Banyak Lampu Lho!
Mengoptimalkan cahaya alami di rumah juga bisa hemat listrik nih!

Tips mengatur pencahayaan alami untuk ruangan di rumah penting diperhatikan. Cahaya alami dari matahari yang bisa masuk ke dalam rumah tak serta merta membuat suasana menjadi panas.

Cahaya alami merupakan sumber pencahayaan terbaik untuk rumah. Selain hemat energi, cahaya alami juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Seiring dengan gaya hidup yang semakin sibuk dan banyaknya waktu yang dihabiskan di dalam ruangan, mengatur pencahayaan alami menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Rumah yang menerima banyak cahaya alami akan lebih nyaman, dan membuat penghuninya merasa santai dan segar kembali.

1 dari 11 halaman

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Dilansir dari Homes & Gardens, pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah akan memunculkan perasaan yang menyenangkan bagi penghuninya. Secara ilmiah, cahaya alami juga mampu meningkatkan serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menstabilkan suasana hati.

Selain itu, pencahayaan alami untuk ruangan akan menghidupkan dekorasi rumah semakin estetika. Rumah menjadi lebih terang natural dan semakin menarik.

Lantas, seperti apa sih tips mengatur pencahayaan alami untuk hunian rumah? Tak perlu repot-repot melakukan renovasi untuk rumah secara besar-besaran lho! Nah, berikut ini diadona.id rangkumkkan tipsnya buat kamu jadikan referensi mengatur interior rumah!

2 dari 11 halaman

Optimalkan Cat Dinding dan Plaforn dengan Warna Terang

Dilansir dari The Spurce, mengoptimalkan pencahayaan alami untuk di rumah bisa dengan memanfaatkan warna cat untuk dinding rumah dan plafon. Alih-alih harus melakukan renovasi dan mengubah rumah, kamu cukup mengganti warna cat dinding dan plafon dengan warna cerah saja.

Warna putih salah satu yang paling terbaik untuk memantulkan cahaya alami ke dalam rumah. Sehingga, ruangan akan meningkatkan reflektasi cahaya dan terlihat lebih terang dan lapang.

Begitupun dengan warna putih untuk plafon yang dapat membantu memantulkan cahaya alami ke seluruh ruangan. Hal ini akan mengurangi silau di area ruangan dan menjadi pilihan ideal untuk memaksimalkan cahaya alami di dalam rumah.

3 dari 11 halaman

Ubah Dinding Menyerupai Cermin

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan adalah merubah tampilan dinding seperti cermin. Bukan merenovasi ya, tapi kamu bisa memanfaatkan cat untuk dinding dengan kilauan.

Jadi, selain cat berwarna cerah, jenis cat berkilau ini mampu memberikan pencahayaan alami dalam rumah. Semakin tinggi kilau dari cat, maka semakin banyak cahaya yang dipantulkan di dinding.

Hal itupun akan memberikan efek seperti cermin yang mampu meningkatkan pencahayaan alami di dalam ruangan.

4 dari 11 halaman

Gunakan Cermin untuk Memantulkan Cahaya

Ide Dekorasi Ruangan dengan Cermin © Diadona

Memasang cermin di dinding yang berlawanan dengan jendela dapat membantu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Hal ini efektif untuk memaksimalkan pencahayaan alami, terutama di ruangan yang cenderung gelap.

Kamu bisa memilih jenis kaca atau ubin yang reflektif untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Letakkan kaca tersebut di area kamar mandi atau dapur.

Jenis kaca atau ubin ini akan mampu memantulkan efek cahayan alami ke dalam ruangan hingga 100 persen lho!

5 dari 11 halaman

Ganti Dinding dengan Blok Kaca

Bagian dinding bisa diganti dengan blok kaca jika kamu menginginkan pencahayaan alami di rumah. Meski, cara yang satu ini terbilang cukup memakan waktu.

Mengganti bagian dinding dengan blok kaca menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat pencahayaan alami di dalam rumah. Tak perlu mengganti bagian dinding secara keseluruhan, kamu bisa manfaatkan area eksterior untuk diubah dengan blok kaca.

Dengan begitu, cahaya alami akan masuk ke area gelap di dalam rumah dengan mudah.

6 dari 11 halaman

Pertimbangkan Penggunaan Skylight

Skylight atau atap kaca dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pencahayaan alami di dalam ruangan. Ini adalah cara yang efektif untuk membawa cahaya matahari langsung ke dalam ruangan.

Bahkan, skylight bisa dibilang sebutan lain dari jendela tapi untuk bagian atap. Skylight mampu secara konsisten membawa cahaya masuk ke dalam ruangan dibandingkan dengan pemasangan jendela.

Hal ini karena pemasangan skylight yang berada di langit-langit atau atap. Sehingga, cahaya matahari yang dipantulkan dari awan langsung bisa masuk ke dalam rumah.

 

7 dari 11 halaman

Pasang Dekorasi Interior yang Reflektif

Tips Mengatur Pencahayaan Alami © Diadona

Interior rumah juga bisa menjadi penentu apakah pencahayaan alami bisa masuk ke dalam rumah lho! Sehingga, akan lebih baik jika kamu memanfaatkan dekorasi interior berupa benda-benda reflektif.

Di antaranya, cermin, kampu dinding, hingga pegangan kabinet yang berkilau. Benda-benda jenis reflektif ini akan meningkatkan pencahayaan alami dalam rumah.

Sebab, semua benda tersebut dapat membantu memantulkan cahaya alami, bahkan saat lampu di dalam rumah dimatikan.

8 dari 11 halaman

Pasang Sun Tube di Rumah

Tips yang satu ini amat berguna jika kamu memiliki rumah minimalis. Terlebih, jika kamu tidak memiliki area yang cukup untuk memasang skylight.

Sehingga, pemasangan sun tube bisa dijadikan alternatif lain guna mengoptimalkan pencahayaan alami di dalam rumah. Selain itu, penggunaan sun tube juga lebih terjangkau.

Sun tube ini berupa perangkat yang mampu menghasilkan pencahayaan alami tanpa memerlukan cahaya eksternal.

9 dari 11 halaman

Perhatikan Pemilihan Warna untuk Lantai

Jika kamu berencana membuat rumah baru atau akan merenovasi rumah, lantai menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan untuk pencahayaan alami. Ya, pilihlah jenis warna cerah untuk lantai agar mampu menghasilkan cahaya di dalam rumah.

Jika warna lantai gelap, justru akan menyerap cahaya yang masuk. Namun, jika warna lantai terang hal itu akan meningkatkan cahaya alami di area ruangan.

Sehingga, kamu juga bisa memanfaatkan lantai untuk mengoptimalkan cahaya alami di rumah dengan sempurna.

10 dari 11 halaman

Atur Pencahayaan Tambahan

Tips Mengatur Pencahayaan Alami © Diadona

Meskipun pencahayaan alami adalah yang terbaik, terkadang suatu rumah masih dibutuhkan pula pencahayaan buatan. Nah, dalam hal ini tidak masalah jika kamu harus memasang beberapa lampu.

Namun, agar suasana rumah tetap terasa seperti mendapati cahaya yang alami kamu bisa menggunakan lampu dengan warna cahaya yang mirip dengan matahari. Hindari cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup karena justru tidak dapat memantulkan cahaya dengan baik di area rumah.

Walaupun dengan tambahan cahaya lampu, tidak akan mengurangi suasana alami dari luar lho!

11 dari 11 halaman

Pastikan Rumah Memiliki Ventilasi yang Baik

Selain mengatur pencahyaan baik dari luar dan dalam, perlu juga tetap memperhatikan ventilasi udara di rumah. Tidak hanya tentang cahaya, tetapi udara segar juga bisa menjadi acuan untuk mengoptimalkan pencahayaan alami di area ruangan.

Karena itu, pastikan rumahmu selalu memiliki ventilasi yang baik ya. Sehingga, sirkulasi udara akan masuk bersamaan dengan cahaya alami dari luar.

Perlu diperhatikan, area ventilasi udara seperti jendela jangan sampai tertutup furniture besar. Sebab, hal itu jsutru akan menutup jalannya cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Itulah tips mengatur pencahayaan alami di rumah. Dengan referensi di atas, kamu bisa memilih salah satunya untuk menjadikan suasana rumah lebih nyaman, terang, dan hemat listrik. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar