6 Cara Memperbaiki Pintu Rumah Keropos, Tampilan Seperti Baru Tanpa Harus Renovasi Total

Reporter : Arifina
Jumat, 23 Februari 2024 16:17
6 Cara Memperbaiki Pintu Rumah Keropos, Tampilan Seperti Baru Tanpa Harus Renovasi Total
Gak perlu merenovasi total, begini caranya biar pintu keropos kembali seperti baru!

Cara memperbaiki pintu rumah keropos bisa kamu jadikan acuan saat mengalami persoalan kerusakan pada area tersebut. Terlebih, jika kamu masih menggunakan interior berbahan kayu untuk pintu di rumah.

Pintu rumah yang keropos dapat menjadi masalah yang mengganggu, baik secara estetika maupun fungsional. Kusen pintu yang keropos dapat membuat pintu menjadi sulit ditutup atau dibuka, dan bahkan dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Hal ini pun kiranya perlu menjadi perhatian penuh saat kamu memakai bahan kayu untuk pintu rumah. Tampilan dan ketahanan kayu dari pintu biasanya cukup menjanjikan di 10 tahun awal pamakaian.

1 dari 8 halaman

Model Pintu Minimalis dari Kayu © Diadona

Namun, setelah itu pintu juga dapat mengalami berbagai masalah keropos. Seperti, dimakan rayap bajkan timbul jamur pada permukaannya.

Masalah tersebut biasanya terjadi karena area pintu yang lembab. Sehingga mudah sekali menggerogoti bahan dari kayu dan menjadi keropos.

Namun, bukan berarti pintu yang keropos harus diganti baru ya. Kamu bisa memperbaikinya dan mengembalikan tampilannya seperti baru lagi dengan beberapa cara berikut!

2 dari 8 halaman

Identifikasi Kerusakan Pintu

Cara pertama untuk mulai memperbaiki pintu yang keropos adalah dengan mengidentifikasinya terlebih dahulu. Lihat tingkat kerusakan pada pintu di rumahmu apakah masuk golongan ringan atau parah.

Periksa dengan teliti baik bagian dalam maupun luar pintu. Jika pengeroposan tergolong ringan maka akan dapat diperbaiki dengan mudah.

Sedangkan, jika identifikasi mengarahkan ke pengeroposan yang parah mungkin memerlukan penggantian pintu dengan segera.

 

3 dari 8 halaman

Bersihkan Area Pintu yang Keropos

Cara Memperbaiki Pintu Rumah Keropos © Diadona

Langkah selanjutnya, sebelum mulai perbaikan, maka mulailah dengan pembersihan. Setelah mengidentifikasi kondisi pintu yang keropos, maka lepaslah pintu dari engselnya.

Kemudian, letakkan pintu di tempat yang luas. Keringkan dahulu dengan penjemuran agar kayu yang keropos tidak lembab lagi.

Pengeringan ini setidaknya butuh waktu sekitar 3 hari. Baru setelahnya, pastikan area yang keropos, rapuh, dan lapuk bersih dari debu, kotoran, dan cat lama.

Gunakan sikat kawat atau amplas untuk membersihkan permukaan keropos.

4 dari 8 halaman

Lakukan Penambalan Bagian yang Keropos

Setelah dibersihkan, maka buanglah bagian yang keropos dan lakukan penambalan. Hal ini perlu dilakukan karena proses penambalan pintu kayu memang cukup susah.

Kamu bisa memotong menggunakan piasu, gergaji kayu atau bor untuk membuang bagian pintu yang keropos. Kemudian sambung bagian ini dengan penambalan.

Gunakan campuran kayu atau epoxy putty untuk mengisi lubang dan retak pada pint keropos. Lalu, tunggu hingga kering dan benar-benar menempel sekitar 2-3 jam.

5 dari 8 halaman

Amplas Permukaan Kayu

Cara Memperbaiki Pintu Rumah Keropos © Diadona

Setelah campuran pengisi kering, tahapan selanjutnya adalah pengamplasan pada permukaan pintu. Kamu bisa menggunakan amplas halus untuk meratakan permukaannya.

Proses ini akan membantu menciptakan pintu kayu terlihat lebih halus dan memudahkan langkah selanjutnya, yaitu pengecatan. Dengan begitu, kondisi pintu juga akan terlihat seperti baru kembali lho!

Meski tak harus beli pintu baru, suasana rumahmu tetap akan tampak estetik kembali nih!

6 dari 8 halaman

Cat Ulang Pintu

Setelah menghaluskan permukaan pintu kayu dengan amplas, saatnya untuk melakukan pengecatan. Proses ini akan menjadikan pintu di rumah semakin terlihat menarik dan tampak lebih baru.

Pilih cat yang sesuai dengan warna dan jenis cat pintu yang kamu miliki. Cat ulang pintu secara merata dan pastikan untuk memberikan lapisan yang cukup.

Tunggulah hingga cat benar-benar kering sebelum kamu mulai kembali menggunakannya untuk membuka atau menutup pintu.

7 dari 8 halaman

Lakukan Perawatan Rutin

Model Pintu Minimalis dari Kayu © Diadona

Bahan pintu dari kayu ini memang sangat mudah mengalami kerusakan. Berbeda dengan logam, kayu akan mudah keropos dan harus dilakukan perawatan yang tepat agar awet lebih lama.

Nah, kamu bisa dengan rutin melakukan perawatan seperti pembersihan secara teratur. Lalu, periksa apakah dari pintu ada tanda-tanda mulai pengeroposan.

Sehingga, kamu tidak harus menunggu pintu benar-benar keropos baru dilakukan perbaikan. Namun, perbaiki sesegera mungkin jika tanda-tanda keropos mulai muncul.

8 dari 8 halaman

Itulah beberapa cara memperbaiki pintu rumah keropos. Dengan berbagai tips di atas, kamu bisa menjaga keindahan serta fungsi pintu dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa perlu mengganti pintu baru yang tentunya butuh budget lebih mahal.

Namun, tetap konsultasikan dengan ahli tukang kayu jika menghadapi kerusakan yang terlalu serius. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar