13 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana dan Cantik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 24 Februari 2024 10:00
13 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana dan Cantik
Mulai dari tambahkan wallpaper, gunakan lampu hias yang cantik, tambahkan karpet, dan beragam tips murah danmuda lainnya untuk mendekorasi ruang tamu sederhana biar cantik!

Setujukah kamu kalau ruang tamu merupakan salah satu ruang terpenting di rumah? Di sini adalah ruangan yang pertama kali dilihat oleh tamu hingga tempat berkumpul untuk seluruh anggota keluarga. Maka wajar banget kalau kamu pengen memprioritaskan dekorasi ruang tamu yang cantik namun tetap sederhana.

Kalau ruang tamu kamu terlihat membosankan, kamu nggak perlu lho melakukan perombakan secara menyeluruh. Ada banyak ide renovasi sederhana yang nggak perlu bikin kamu merogoh uang atau menghabiskan terlalu banyak waktu di sana.

Mendekorasi ruang tamu bisa dilakukan dengan memindahkan beberapa furniture murah atau melakukan sedikit perombakan sederhana seperti berikut ini :

 

1 dari 8 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Ubah Layout © Diadona

Ubah Layout

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendekor ruang tamu adalah dengan mengubah layout-nya. Untuk membuat tampilan ruang tamu jadi lebih baru, kamu hanya perlu mengubah tata letak furnitur yang ada di dalamnya saja.

Kamu bisa mengubah tata letak sofa agar lebih nyaman mengobrol. Kamu juga bisa mengganti posisi gorden agar ruang tamu mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Atau mungkin kamu bisa menggeser posisi rak buku dan mengaturnya agar ruang tamu terlihat lebih luas.

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Ubah Posisi Sofa © Diadona

Ganti Posisi Sofa

Mengingat fungsinya sebagai ruang berkumpul, maka kamu bisa mengubah penataan furnitur agar lebih nyaman saat mengobrol dengan tamu.

Kalau kamu memiliki rumah bergaya minimalis, kamu bisa mengatur duduk saling berhadapan, Diazens. Nah, kalau kamu punya ruang tamu yang cukup luas, kamu bisa membagi ruang tamu menjadi dua area mengobrol agar lebih akrab.

Untuk pemilihan kursi, kamu bisa menggunakan kursi minimalis yang mudah dipindahkan ke mana-mana. Hal ini memungkinkan kamu untuk memperluas lingkaran percakapan dan menjaga keakraban dengan tamu.

2 dari 8 halaman

Ganti Posisi Gorden

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Mengganti Posisi Gorden © Diadona

Diazens, apakah gorden di ruang tamu kamu digantung tepat di bawah plafon dan melebar sampai luar tepi jendela? Kalau nggak, berarti kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti posisi gorden ruang tamu kamu seperti ini nih!

Menempatkan gorden pada posisi yang setinggi dan selebar mungkin bisa membuat jendela ruang tamu kamu terlihat lebih besar, lho. Selain itu, posisi gorden yang demikian memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk ke dalam ruang tamu.

Aplikasikan Desain Minimalis

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Jadikan Dinding Sebagai Galeri Seni © Diadona

Memiliki lahan ruang tamu yang kecil nggak menjadi halangan untuk mendesainnya secantik mungkin, kok! Maka solusinya biar dekorasi ruang tamu kamu makin stand out adalah mengaplikasikan desain minimalis.

Desain ruang tamu minimalis merupakan salah satu jenis desain interior yang menggunakan sedikit dekorasi atau perabotan yang multifungsi. Biasanya, ruang tamu dengan desain minimalis tampak sangat sederhana dan nggak memakan banyak tempat, Diazens. Tujuannya nggak lain untuk memberi kesan lapang dan luas pada ruang tamu kamu.

3 dari 8 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Tambahkan Tanaman Hijau © Diadona

Tambahkan Tanaman Hijau Segar

Ruang tamu merupakan tempat yang cocok untuk meletakkan tanaman hias. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli beberapa tanaman hias indoor untuk mendekorasi ruang tamu. Dengan meletakkan tanaman hias, nuansa ruang tamu kamu akan jadi lebih segar. 

Nggak cuma memberikan nuansa kesegaran untuk ruang tamu, beberapa jenis tanaman hias indoor juga berfungsi untuk menyaring udara, lho. Menempatkan tanaman hias indoor di ruang tamu pasti akan memperbaiki mood kamu dan tamu.

Atur Ulang Rak Buku

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Tata Ulang Rak Buku © Diadona

Diazens, apakah ada rak buku di ruang tamu kamu? Kalau ada, mungkin kamu perlu mengatur ulang rak buku milikmu. Kamu bisa mengeluarkan semua buku dan barang di dalamnya. Tata ulang dan singkirkan barang-barang yang tidak kamu perlukan.

Kamu juga bisa mengganti rak buku dengan yang baru kalau dirasa perlu. Sesuaikan lagi warna dan model rak buku agar selaras dengan tema ruang tamu kamu. Kamu juga bisa mengatur posisi rak buku agar lebih pas.

4 dari 8 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Pasang Wallpaper © Diadona

Ubah Suasana Ruang Tamu dengan Wallpaper Sederhana yang Cantik

Pasti membosankan bukan kalau dinding ruang tamu hanya dicat biasa saja? Apalagi kalau kamu nggak terlalu suka menaruh pajangan, ruang tamu jadi terlalu polos deh. Untuk itu, memasang wallpaper bisa jadi solusi buat kamu, nih. Sekarang ini sudah ada banyak pilihan motif wallpaper yang bisa dipilih.

Tapi ingat ya Diazens, jangan asal pilih desain wallpaper ya! Kamu tetap harus menyesuaikannya dengan tema ruang tamu kamu.

Hias Dinding sebagai Galeri Seni

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Jadikan Dinding Sebagai Galeri Seni © Diadona

Kalau kamu nggak terlalu suka memasang wallpaper untuk mengisi kekosongan dinding ruang tamu, cobalah hias dinding sebagai galeri seni. Kamu bisa memadukan warna cat dinding dengan hiasan dinding yang akan kamu pajang agar ruang tamu terkesan lebih harmonis.

Ada banyak hiasan dinding yang bisa jadi ide untuk mendekorasi ruang tamu kamu. Mulai dari foto keluarga, kaligrafi, lukisan, hasil kerajinan tangan, kain tradisional, hingga cermin. Kalau mau, kamu juga bisa melukis langsung dinding ruang tamu kamu, lho!

5 dari 8 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Pasang Lantai Vinyl © Diadona

Pasang Vinyl di Lantai

Kalau kamu ingin mengubah penampilan lantai ruang tamu, memasang vinyl bisa jadi solusinya. Selain nggak memerlukan biaya yang besar, pemasangan vinyl juga terbilang cukup mudah lho, Diazens! 

Sebelum memasang vinyl, hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan lantai ruang tamu kamu masih dalam kondisi baik dari segi teksturnya. Agar hasil pemasangan vinyl bagus, lantai tekstur lantai ruang tamu harus masih halus dan kokoh ya, Diazens.

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Pasang Karpet © Diadona

Tambahkan Karpet

Ide lain yang bisa kamu lakukan untuk mendekorasi ruang tamu adalah dengan memasang karpet. Karpet mudah dipadukan dengan ruangan apapun karena karpet memiliki berbagai macam motif, material, warna dan ukuran. Kamu tinggal menyesuaikan dengan tema ruang tamu di rumah.

Nggak cuma mempercantik ruang tamu, memasang karpet juga memiliki fungsi lain, lho. Mulai dari menghangatkan suhu ketika diinjak, menjadi tempat lesehan ketika bersantai, hingga meminimalisir pecahan atau kerusakan kalau ada benda yang jatuh dari atas meja.

6 dari 8 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Tambahkan Titik Fokus © Diadona

Tentukan Titik Fokus

Titik fokus merupakan area yang menjadi tujuan dari mata orang saat pertama kali memasuki ruangan. Biasanya, titik fokus bisa berupa televisi, perapian, atau furnitur yang lainnya. Nah, kalau ruang tamu kamu nggak punya titik fokus alami, kamu bisa menggunakan ornamen dekorasi.

Untuk menentukan titik fokus ruang tamu, kamu bisa menggunakan cermin besar, piano, atau furnitur lainnya. Agar terlihat lebih menonjol, jangan lupa untuk menghias area sekitarnya juga ya, Diazens. Hal ini bertujuan agar mata orang yang memasuki ruang tamu langsung tertuju pada titik fokus itu.

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Pasang Cermin Besar © Diadona

Letakkan Cermin Bulat atau Cermin Besar

Ide selanjutnya untuk mendekorasi ruang tamu adalah dengan meletakkan cermin bulat atau cermin besar. Nggak cuma untuk mengisi kekosongan dinding, adanya cermin di ruang tamu juga bisa jadi tempat mirror selfie kekinian lho, Diazens.

Sekarang ini, desain cermin sudah tidak monoton. Ada banyak bentuk cermin estetik yang bisa dipilih untuk menambah keindahan ruang tamu kamu. Kamu juga bisa menghiasnya lagi dengan kreativitas kamu, lho! Biar ala-ala cermin DIY yang lagi viral gitu.

7 dari 8 halaman

Ide Dekorasi Ruang Tamu - Tambahkan Lampu Estetik © Diadona

Tambahkan Lampu Estetik

Kalau kamu sudah meletakkan cermin estetik di ruang tamu, masih belum lengkap rasanya kalau nggak ditambah dengan lampu yang estetik juga. Nggak cuma berfungsi untuk menerangi ruangan, lampu juga berfungsi untuk memperindah hunian kamu, lho!

Dekorasi ruang tamu satu ini bisa bikin langit-langit ruangan jadi lebih menawan. Agar tidak tampak terlalu ramai, pastikan kamu memilih lampu yang tepat dengan bentuk dan warna yang senada dengan ruang tamu kamu ya, Diazens.

Dekorasi ruang tamu yang paling murah dan mudah pertama kali apa nih yang akan kamu lakukan?

Penulis : Shellta Zanneti Mallarangi

8 dari 8 halaman

Beri Komentar