Tips Makanan untuk Penderita Tipes, Menjaga Asupan Nutrisi Selama Proses Pemulihan

Reporter : Arifina
Senin, 24 Juli 2023 16:17
Tips Makanan untuk Penderita Tipes, Menjaga Asupan Nutrisi Selama Proses Pemulihan
Ini tips makanan buat kamu jika mengalami sakit tipes.

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penderita tipes sering mengalami gejala seperti demam tinggi, mual, muntah, diare, dan kelemahan.

Penyakit tipes menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Biasanya, bagi penderitanya akan mengalami gejala-gejala penyakit tipes selang satu sampai dua minggu setelah terpapar bakteri Salmonella typhi.

1 dari 11 halaman

Tips Makanan untuk Penderita Tipes © Diadona

Bagi penderita penyakit tipes, biasanya akan mengalami penurunan berat badan, perut bengkak, serta muncul ruam di bawah dada atau perut atas. Saat mengalami tipes, tubuh memerlukan dukungan nutrisi yang tepat untuk membantu memerangi infeksi dan mempercepat proses pemulihan.

Karena itu penting untuk memperhatikan pola makan dan memilih makanan yang tepat saat mengalami tipes. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber, tips makanan yang dapat membantu penderita tipes dalam proses pemulihan.

2 dari 11 halaman

Pilih Makan-Makanan Tinggi Kalori dan Bergizi

Jenis makanan berkalori tinggi juga dianjurkan untuk dimakan oleh penderita tipes. Hal itu akan mempercepat pemulihan bagi penderitanya.

Asupan kalori dari makanan dapat mencegah penurunan berat badan secara drastis yang biasa dialami penderita tipes. Namun, tetap perhatikan kandungan gizi dalam makanan ya!

3 dari 11 halaman

Pilih Makanan dengan Tekstur Lunak

Tips Makanan untuk Penderita Tipes © Diadona

Penyakit tipes merupakan salah satu yang menginfeksi sistem pencernaan. Karena itu, dianjurkan bagi penderitanya untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak, lembek dan berkuah seperti bubur atau sup.

Makanan ini agar tubuh lebih mudah mencerna, selain itu jenis makanan lembek juga untuk menghindari komplikasi dari penyakit tipes. Penderita juga dianjurkan selalu mengunyah makanan hingga lunak seperti kentang tumbuk.

4 dari 11 halaman

Makanan Tinggi Protein

Bagi penderita tipes, asupan makanan berprotein tinggi sangat diperlukan untuk proses pemulihan lebih capat. Protein dapat menjadi sumber tenaga dan zat pembangun yang berperan dalam pertumbuhan serta pemeliharaan jaringan yang rusak.

Kamu bisa menyediakan jenis makanan berprotein tinggi seperti dada ayam, hati ayam, telur, ikan, tahu dan tempe. Disarankan dimask dengan direbus atau dicampurkan dalam sup agar mudah dicerna ya!

 

5 dari 11 halaman

Pastikan untuk Makan yang Mengandung Rendah Serat

Jika orang sehat justru dianjurkan makan makanan dengan serat tinggi, lain halnya dengan penderita penyakit tipes. Makanan dengan tinggi serat justru menjadi salah satu pantangan.

Hal ini karena makanan serat sulit dicerna dan justru dapat membuat iritasi pada usus yang sedang meradang. Apabila mengonsumsi sayur dan buath, maka disarankan yang memiliki kandungan serat rendah.

6 dari 11 halaman

Ilustrasi Buah Pisang © Diadona

Pastikan juga sayuran yang dikonsumsi sudah dimasak untuk menghindari kontaminasi bakteri ya! Buah dan sayur yang boleh dikonsumsi di antaranya sebagai berikut:

  • Jus buah tanpa ampas
  • Pisang
  • Alpukat
  • Saus apel
  • Buah matang tanpa kulit atau biji
  • Kentang tanpa kulit
  • Tomat tanpa kulit dan biji

7 dari 11 halaman

Cukupi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi adalah komplikasi umum pada penderita tipes karena gejala seperti demam dan diare. Pastikan untuk mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, air kelapa, atau jus buah-buahan segar.

Setidaknya minum air putih minimal 6-8 gelas dalam sehari. Ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi.

8 dari 11 halaman

Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

Saat mengalami tipes, hindari makanan berlemak dan pedas. Karena makanan tersebut dapat menyebabkan perut kembung dan meningkatkan iritasi pada saluran pencernaan.

Makanan berlemak juga dapat menyulitkan sistem pencernaan dan mengganggu proses pemulihan.

9 dari 11 halaman

Pastikan Makan-Makanan Padat Bernutrisi

Ilustrasi Kentang © Diadona

Makanan padat bernutrisi menjadi salah satu yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita tipes. Hal ini akan mempercepat pemulihan bagi penderitanya.

Misalnya, dengan mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang berasal dari nasi putih, roti putih, dan kentang.

11 dari 11 halaman

Beri Komentar