5 Cara yang Bisa Digunakan Untuk Bantu Anak Minum Obat dengan Mudah

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 10 Oktober 2020 07:37
5 Cara yang Bisa Digunakan Untuk Bantu Anak Minum Obat dengan Mudah
Minum obat bisa jadi musuh terbesar anak.

Siapa sih yang ingin anaknya mengalami sakit? Hampir semua orang tua di dunia ini ingin melindungi anak mereka dan menghindarkan mereka dari serangan penyakit.

Namun layaknya manusia lainnya, anak juga bisa mengalami momen sakit dalam kehidupan mereka. Seringkali hal ini membuat banyak orang tua menjadi sedih dan khawatir.

Setelah memeriksakan anak ke dokter, salah satu tantangan terbesar orang tua adalah mengajak anak untuk minum obat. Obat bisa menjadi musuh terbesar bagi anak-anak karena rasanya yang cenderung pahit dan nggak enak.

Tapi mau nggak mau kita harus membuat anak minum obat dong biar sembut. Untuk itu, dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara untuk membantu anak minum obat dengan mudah.

1 dari 5 halaman

Menjeda waktu

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Anak masih belum punya kemampuan untuk menelan banyak obat secara langsung. Jika anak harus menelan 2-3 obat yang berbeda maka kita perlu membuat jeda waktu untuk mereka.

Setidaknya beri jeda 5-10 menit di antara masing-masing obat. Dengan begitu anak nggak akan lebih mudah mengonsumsi obat.

2 dari 5 halaman

Kamuflase

Ilustrasi Obat © Diadona

Cara terbaik membuat balita mau minum obat adalah dengan menyamarkannya. Beberapa anak bisa menangis dan takut bahkan hanya dengan melihat obat di tangan mereka.

Makanya melakukan kamuflase bisa dilakukan untuk memudahkan hal ini. Pilih makanan yang disukai anak dan sembunyikan obat di dalamnya.

3 dari 5 halaman

Memberikan hadiah

Ilustrasi Anak Bahagia © Diadona

Kita bisa menjanjikan hadiah pada anak jika dia bisa menghabiskan obatnya. Cara ini bisa membuat anak termotivasi untuk minum obat.

Tapi jangan hanya janji aja ya, Moms. Jangan lupa untuk benar-benar memberikan hadiah pada anak kita yang telah berhasil.

4 dari 5 halaman

Menambah rasanya

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Kita juga bisa menambahkan sedikit rasa lain pada obat untuk menutupi rasa yang sebenarnya. Letakkan tablet di dalam sendok dan tambahkan beberapa tetes coklat atau sirup stroberi di dalamnya.

Cara ini akan menarik perhatian anak untuk memakan obatnya. Selain itu mereka juga akan menelannya dengan cepat.

Tapi sebelum melakukannya pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dulu ya!

5 dari 5 halaman

Menjadikannya bubuk

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Pilihan lain untuk memudahkan anak menelan obat adalah dengan menghancurkannya. Beberapa anak mungkin belum bisa menelan langsung obat mereka seperti orang dewasa.

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa membelah obat atau menghancurkannya hingga menjadi bubuk. Obat dalam bentuk bubuk mungkin rasanya pahit tapi akan dengan mudah meluncur ke tenggorokan anak dengan bantuan air.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar