18 Makanan untuk Penderita Tipes yang Harus Kamu Ketahui agar Cepat Sembuh

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 12 Februari 2020 11:22
18 Makanan untuk Penderita Tipes yang Harus Kamu Ketahui agar Cepat Sembuh
Saat terkena tipes, kamu harus lebih teliti lagi dalam memperhatikan kebersihan makanan dan lingkungan sekitarmu.

Tipes adalah penyakit akibat infeksi bakteri yang menyerang saluran pencernaan. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena sangat mudah menular dan bisa berisiko fatal jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, supaya cepat sembuh dan tidak menularkannya pada orang lain, kamu perlu mengonsumsi makanan untuk penderita tipes. Sehingga proses recovery kesembuhan bisa berjalan secara maksimal.

1 dari 4 halaman

Pantangan Makanan Penderita Tipes

Tak semua makanna bisa dikonsumsi dengan bebas oleh penderita tipes. Kamu harus lebih cermat saat memilih menu makanan, terutama dari segi kebersihannya. Hal ini dilakukan agar kondisi kesehaanmu cepat pulih. Lalu apa saja makanan penderita tipes yang harus kamu hindari? berikut informasinya untukmu.

Makanan Tinggi Serat

Ilustrasi Makanan Berserat Tinggi © Diadona

Makanan tinggi serat seperti roti gandum, oatmeal, kangkung, brokoli, pare, dan alpukat sebaiknya disingkirkan sementara dari menu makanan untuk penderita tipes.

Makan tinggi serat cenderung lebih lama dicerna oleh saluran pencernaan. Hal ini akan membuat proses penyerapan nutrisi jadi lebih lambat dan meningkatkan produksi gas, sehingga perut terasa tidak nyaman.

Itulah alasannya mengapa makanan sehat tadi terpaksa harus jadi pantangan tipes yang sebaiknya dihindari sementara waktu. Atau kalaupun harus mengonsumsi makanan berserat, sebaiknya hanya dalam porsi kecil saja.

Sayuran yang Menghasilkan Banyak Gas

Saat terkena tipes, saluran pencernaan adalah yang pertama kali diganggu fungsinya oleh bakteri penyebab tipes. Pencernaan yang sedang terganggu sebaiknya tidak ditambah lagi tumpukan gas dari makanan.

Untuk sementara waktu, sayuran yang banyak mengandung gas tak disarankan sebagai makanan untuk penderita tipes yang aman dikonsumsi. Sayuran yang mengandung gas seperti kol, kubis, dan paprika dapat meningkatkan produksi gas di saluran cerna, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sebagai gantinya, ganti menu harian kamu dengan makanan tinggi protein yang sudah diproses lebih lembut agar mudah dicerna. Contohnya dada ayam tim, sup ikan, kentang tumbuk. Tambahkan juga asupan karbohidrat dari nasi tim atau bubur supaya rasanya rasanya lebih lezat dan bergizi.

Makanan dengan Rasa yang Terlalu Kuat

Karena berhubungan dengan sistem pencernaan, penyakit tipes dapat memengaruhi nafsu makan kamu. Salah-salah pilih makan bukan cuma bisa memperparah gejala tipes, tapi juga membuat penderitanya mogok makan.

Makanan dengan rasa yang terlalu kuat, pun sama sekali tak disarankan sebagai makanan untuk pendertita tipes. Sebaiknya kau menjauhi makanan semisal bawang merah atau bawang putih. Alih-alih menggugah selera makan, makanan dengan aroma dan rasa yang terlalu menyengat dapat mengganggu nafsu makan dan membuat penderita tipes makin tidak berselera.

Untuk menyiasatinya, gunakan rempah-rempah atau bahan makanan lainnya yang lebih meningkatkan cita rasa makanan tapi tidak membuat 'eneg'. Kepala dan kulit udang rebus, kaldu ayam, atau gula bisa jadi pilihan supaya rasa makanan jadi lebih rezat dan penderita tipes bisa lebih lahap makan.

Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas © Diadona

Makanan pedas jelas bukan makanan untuk penderita tipes, alias makanan yang harus benar-benar dihindari selama terkan tipes. Meskipun makanan ini mungkin sangat kamu sukai atau ampuh merangsang selera makan, tetap saja harus dihindari.

Makanan pedas seperti cabai, merica, atau wasabi dapat mengiritasi pencernaan dan memperparah gejala tipes.

Makanan Berlemak

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Seperti halnya makanan pedas, makanan berlemak juga meruipakan satu dari sekian makanan yang tak dianjurkan sebagai makanan untuk penderita tipes. Makanan berlemak menjadi daftar pantangan makanan untuk penderita tipes yang harus kamu hindari.

Konsumsi makanan berlemak seperti gorengan, makanan bersantan, dan makan bermargarin merupakan pantangan tipes lainnya yang kerap dilanggar. Padahal, jenis makanan ini akan lebih lama diproses di pencernaan sehingga memberatkan pencernaan. Bahkan diam-diam dapat memicu komplikasi tipes.

2 dari 4 halaman

Resep Makanan untuk Penderita Tipes

Penyakit tipes akhir-akhir ini sering muncul karena memang lingkungan yang lembab membuat kita tak sadar dengan kebersihan sekitar.

Kalau kesayanganmu saat ini lagi merasakan nggak enaknya penyakit itu, kamu nggak perlu bingung untuk memanjakannya. Cukup dengan memasak makanan untuk penderita tipes yang akan membuatnya merasa lebih segar. Coba deh kamu simak resep makanan untuk penderita tipes di bawah ini sebagai panduanmu agar kesayanganmu bisa pulih dengan segera.

Bubur Ayam

Ilustrasi Bubur Ayam Surabaya © Diadona

Bubur sepertinya selalu jadi menu wajib makanan untuk penderita tipes ataupun seseorang sedang merasa nggak enak badan. Seringkali nafsu makan yang hilang akan muncul setelah mencicipi bubur nasi yang lezat dan lembut, sehingga nggak susah untuk mengunyah dan menelannya. Kamu bisa banget dengan mudah bikin bubur nasi yang lembut karena pada dasarnya bubur terbuat dari bahan yang sama dengan nasi, yakni beras. Bubur nasi yang lezat bisa kamu buat dari bahan dan dengan cara seperti di bawah ini.

Bahan utama:

250 gr beras
1200 ml air
1 sdm garam
1 lembar daun salam
1 batang daun bawang (dicincang halus)
2 batang seledri (dicincang halus)
250 gr daging ayam (dipotong-potong)
Cara membuat:

Pertama, kamu harus tuang air matang dan beras secara bersamaan, setelah mendidih, tambahkan garam dan juga daun salam agar buburnya memiliki aroma harum yang dapat menggoda seleramu. Kalau kamu mau buat bubur nasi yang tawar, nggak usah kamu kasih garam ya.

Lalu, kamu harus mengaduknya sampai beras jadi mengental dan menyerupai bubur yang seringkali kamu lihat. Sambil terus diaduk, jangan lupa untuk memasaknya dengan api yang kecil ya dan jika kamu rasa itu terlalu kental, kamu bisa menambahkannya dengan air panas secukupnya.

Sembari menunggu buburnya matang, rebus juga potongan ayam yang sudah kamu potong-potong.

Kemudian, tambahkan ayam rebus, daun bawang dan daun seledri, dan aduk sebentar sampai merata, lalu matikan apinya.

Dan kamu sudah bisa menyajikan bubur itu selagi masih hangat. Untuk tambahan isi lainnya kamu bisa menyesuaikan dengan selera ya.

Sup Ayam

Ilustrasi Sup Ayam © Diadona

Sup ayam bisa menjadi salah satu makanan untuk penderita tipes bagi kesayangan kamu. karena pada sup tersebut tersaji banyak vitamin dan protein sekaligus. Kamu nggak perlu membuang banyak waktu k0k untuk membuat sup ayam bening lantaran cara membuatnya yang sangat simple. Cobain deh resep ini.

Bahan utama:

500 gr daging ayam (harus kamu cuci bersih, kemudian kamu potong kecil-kecil ya)
Beberapa buah kentang (dipotong dadu)
2 buah wortel (dipotong dadu)
2 siung bawang putih (dikeprek ya)
2 cm jahe (dikeprek juga ya)
2 batang seledri kemudian dipotong kecil
1 batang daun bawang yang juga dipotong nggak terlalu kecil
1 buah jeruk nipis yang kamu peras airnya aja
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
½ sdt gula pasir
1 batang serai
500 ml air
Cara membuat:

Pertama, kamu harus lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10-15 menit, setelah itu cuci ayam kebali dan tiriskan.

Selanjutnya, didihkan air, kemudian masukan daun bawang dan seledri yang sudah dipotong kecil.

Lalu, kamu bisa masukan ayam dan kamu harus mengecilkan api.

Sambil menunggu, kamu bisa menumis bawang putih yang sudah dikeprek dalam wajan yang lain untuk kemudian bawang tersebut dimasukan ke dalam kuah yang tadi.

Lalu kamu bisa masukan jahe serta serai untuk mengilangkan bau anyir dari ayam.

Jika ayam sudah empuk, kamu boleh masukan wortel dan kentang.

Terakhir, masukanlah bumbu penyedap yang sudah disiapkan, yakni merica, garam, dan gula. Cicipilah, jika terasa ada yang kurang kamu bisa menambahkannya sesuai selera. Aduk hingga mendidih dan angkat.

Sup ayam pun sudah siap kamu sajikan, boleh juga kalau kamu mau menaburinya dengan bawang goreng.

Bubur Sumsum

Ilustrasi Bubur Sumsum © Diadona

Makanan untuk penderita tipes berci tarasa manis yang bisa dengan mudah kamu buatkan untuk kesayanganmu adalah bubur sumsum. Dia pasti akan sangat suka kalau kamu buatkan itu untuknya, tekstur bubur sumsum yang lembut akan buatnya nggak kesulitan untuk mengunyah dan kuahnya yang manis akan membuatnya merasa kembali bertenaga. Membuatnya juga nggak susah kok, coba aja lihat di bawah ini.

Bahan untuk bubur:

400 gr tepung beras
1500 ml santan dari kelapa segar
1 sdt garam halus
2 helai daun pkamun
Bahan untuk kuah:

400 gr gula merah
200 ml air bersih
1 helai daun pkamun
Cara memasak:

Campurkan santan, tepung beras, dan garam dalam panci.
Aduk sampai merata dan kamu harus mengaduknya selagi dingin sampai tepung menyatu dengan santan dan nggak ada lagi gumpalan. Setelah itu, baru deh kamu nyalakan api berukuran sedang dengan terus mengaduknya.

Kemudian masukan daun pkamun, terus kamu aduk sampai mengental dan meletup-letup. Kalau sudah ada letupan, kamu boleh matikan api dan dinginkan.

Sambil menunggu dingin, kamu bisa masak air yang sudah kamu siapkan bersama gula merah sampai mendidih, jangan lupa masukan juga daun pkamunnya. Kalau gula merah sudah benar-benar cair, angkat kemudian dinginkan juga ya.

Dengan begitu, bubur sumsum sudah siap dihidangkan kok. Kamu kasih ke dia saat masih hangat akan jauh lebih nikmat.

3 dari 4 halaman

Makanan untuk Penderita Tipes pada Anak

Ilustrasi ikan salmon © Diadona

Kalau kamu tak mau buah hati terlalu lama menderita penyakit tipes, pasti kamu akan mengusahakan segala cara agar kesehatannya pulih kembali. Termasuk dengan mencoba membuatkan menu makanan untuk penderita tipes pada anak. Lalu apa saja makanan untuk penderita tipes pada anak yang amana dikonsumsi? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Daging Ayam

ayam—terutama pada bagian dada—menjadi makanan untuk penderita tipes selanjutnya yang disarankan. Pasalnya, dada ayam ini rendah serat, rendah lemak, namun kaya akan protein dan kalori. Satu porsi dada ayam mengandung sekitar 25-gram protein dan 170 Kkal.

Para penderita tipes bisa mengombinasikan dada ayam dengan menu makanan untuk penderita tipes lainnya seperti bubur atau mashed potato agar lebih menggugah selera makan.

Ikan

Selain ayam, sumber protein hewani lainnya yang bisa dijadikan makanan untuk penderita tipes adalah ikan. Protein pada ikan berperan penting dalam memasok energi bagi tubuh yang banyak hilang saat terserang tipes.

Tak hanya itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang mana zat ini juga dibutuhkan selama masas penyembuhan tipes karena memiliki fungsi mengatasi peradangan (inflamasi). Akan tetapi, konsumsilah ikan yang dimasak dengan cara direbus, alih-alih ikan goreng. Pasalnya, kandungan nutrisi pada ikan akan berkurang apabila dimasak dengan cara digoreng.

Puding

Ilustrasi Puding Coklat Susu © Diadona

Makanan untuk penderita tipes tak melulu sayur, daging, atau buah-buahan. kamu bisa mengonsumsi makanan seperti puding atau ‘saudaranya’ yakni agar-agar selama masa penyembuhan. Tekstur puding yang lembut membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pun, kandungan glukosanya menjadi sumber energi bagi tubuh.

Guna makin menggugah selera, kamu bisa menambahkan saus fla susu pada puding. Atau, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan seperti anggur dan berry. Selain lebih variatif, buha-buahan membuat puding lebih bergizi sehingga lebih efektif pula untuk menyehatkan tubuh.

Alpukat

Alpukat yang dijuluki sebagai ‘superfood’ bersama dengan sejumlah makanan lainnya ini juga tidak boleh ketinggalan dari daftar menu makanan untuk penderita tipes. Pelbagai kandungan nutrisi di dalamnya mulai dari karbohidrat, mineral, hingga asam lemak tak jenuh sudah jelas menjadi alasannya.

Alpukat memang sudah sejak lama digunakan untuk membantu penyembuhan sejumlah jenis penyakit, tak terkecuali penyakit tipes. kamu bisa mengonsumsi buah dengan daging berwarna hijau kekuningan ini baik secara langsung maupun diolah menjadi jus segar.

Pisang

Buah lainnya yang wajib dikonsumsi para penderita tipes jika ingin cepat sembuh adalah pisang. Makanan untuk penderita tipes ini, sama seperti mangga, mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah tinggi, sehingga bermanfaat untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

Selain itu, mengonsumsi pisang saat tipes juga bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Tipes

Sama seperti penyakit-penyakit lainnya, tipes atau demam tifoid mengharuskan penderitanya untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Hal ini guna mempercepat proses penyembuhan dari penyakit yang menyerang hampir 100 ribu masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

Makanan untuk penderita tipes yang disarankan adalah kentang tumbuk atau istilah populernya adalah ‘mashed potato’. Teksturnya yang lunak, pun kandungan nutrisi pada kentang itu sendiri yang di antaranya meliputi karbohidrat dan protein menjadikan makanan ini efektif untuk mengoptimalkan proses penyembuhan penyakit tipes yang tengah diderita.

Pasalnya, zat-zat yang terkandung di dalam kentang tersebut berperan penting dalam memberikan energi bagi tubuh, juga melndungi sistem pencernaan dari infeksi lebih lanjut.

Roti

Ilustrasi Roti Sobek © Diadona

Roti adalah makanan untuk penderita tipes selanjutnya yang bisa dikonsumsi secara rutin agar penyakit ini bisa sembuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan roti mengandung kalori yang cukup tinggi, yang mana kalori berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh sekaligus menjaga agar berat badan tidak turun secara drastis, suatu kondisi yang umum dialami oleh para penderita tipes.

Bubur

Ketika berbicara mengenai makanan untuk penderita tipes, maka jenis makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Bubur adalah makanan untuk penderita tipes yang bahkan paling disarankan untuk dikonsumsi selama proses penyembuhan berlangsung.

Tekstur yang lunak ditambah kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi pada bubur membantu sistem pencernaan—terutama usus—yang sedang berada dalam kondisi tidak sehat untuk dapat mencerna makanan secara lebih mudah.

Telur

Ilustrasi Nasi Telur © Diadona

Salah satu kriteria makanan untuk penderita tipes adalah kaya akan protein. Telur adalah salah satu sumber utama protein, sehingga makanan ini kiranya wajib ada di dalam daftar menu sehari-hari saat terserang tipes.

Tak hanya itu, pelbagai kandungan zat penting lainnya pada telur seperti asam lemak amino esensial, kalsium, hingga zat besi menjadikan makanan ini mendatangkan banyak manfaat lainnya di samping mempercepat proses penyembuhan tipes.

Nasi Putih

Ilustrasi Makanan Pokok © Diadona

Walaupun teksturnya tidak sehalus bubur, namun nasi putih masih tergolong aman, bahkan juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes.

Sama seperti bubur, nasi adalah sumber karbohidrat yang tinggi. Pun, makanan untuk penderita tipes ini mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak terlalu memberatkan kerja sistem pencernaan. Kombinasi nasi dengan lauk sayur-sayuran akan semakin mengoptimalkan fungsinya untuk menyembuhkan tipes dengan cepat.

Terakhir, tetap jaga kebersihan lingkungan sekitarmu, jangan lupa cuci tangan sebelum makan. Semoga bermnafaat ya!

Beri Komentar