Cara Mengatasi Anak Gak Sabaran Gimana, sih? Lakukan Ini!

Reporter : Riza Umami
Kamis, 8 Oktober 2020 08:17
Cara Mengatasi Anak Gak Sabaran Gimana, sih? Lakukan Ini!
Saat anak tak sabaran, apa yang perlu dilakukan?

Apakah anak sering nggak sabaran, mudah marah dan rewel, Mom? Mungkin ibu akan kewalahan ketika anak seperti ini bahkan akan terasa cukup melelahkan apalagi dengan berbagai kesibukan menjadi seorang ibu.

Sebenarnya, anak memang sering seperti ini dan masih dalam batas wajar. Namun, ibu pun perlu berhati-hati, jangan sampai terbawa emosi dan memarahi anak saat seperti ini, apalagi sampai memukul anak.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, saat usia anak antara 18 bulan sampai 3 tahun ini, merupakan periode anak mulai bisa mengetahui keinginannya dan membedakan situasi yang nyaman dan tidak nyaman untuknya. Sayangnya, hal ini belum dibarengi dengan kemampuan berbahasa sehingga anak seringkali tak sabaran, marah atau rewel.

Saat menghadapi situasi yang seperti ini, pertama yang perlu ibu lakukan adalah tetap tenang. Tak perlu terbawa emosi sampai memarahi anak. Coba untuk menenangkan anak dengan memeluknya atau mengalihkan perhatiannya. Jika ibu tenang, nanti lama-lama anak pun akan ikut tenang karena si kecil memang cenderung meniru perilaku orang tuanya.

2 dari 2 halaman

ilustrasi anak menangis © Diadona

Berikutnya, saat anak sudah tenang, ibu pun bisa berusaha untuk memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak. Ajari anak untuk bersabar saat menunggu. Bila saat itu ibu dan anak sedang mengantre sesuatu, katakan pada anak kata-kata sepert ini, " Tuh, tinggal tiga orang lagi, sebentar lagi giliran kita" . Hal ini agar anak jadi lebih bersabar dalam menunggu.

Terakhir, akuilah perasaan anak tersebut dan coba untuk dimengerti. Anak yang masih kecil memang belum sepenuhnya lancar untuk berbicara sehingga sulit mengungkapkan perasaan dan amarahnya. Saat anak tak sabaran dan rewel, ibu bisa mencoba untuk mengatakan, " Ibu tahu kamu sedang marah dan nggak sabar, tetapi tunggu sebentar lagi ya, pasti cepat selesai kok" atau bisa juga kalimat yang sejenis.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan saat anak sedang tak sabaran, marah atau rewel. Semoga bermanfaat ya, Mom.

Beri Komentar