Ternyata Ini loh Penyebab Tipes Kambuh dan Gejalanya pada Anak, Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 28 Mei 2020 10:24
Ternyata Ini loh Penyebab Tipes Kambuh dan Gejalanya pada Anak, Moms!
Penyebab tipes memang berasal dari bakteri, tapi ini loh faktor pemicunya.

Bakteri yang menempel pada makanan dan minuman merupakan penyebab tipes utama yang bisa diderita anak-anak maupun orang dewasa. Apalagi kalau si kecil suka jajan sembarangan, aduh harus hati-hati deh!

Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang menyebar melalui makanan, air atau bahkan bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Bakteri ini disebut Salmonella Typhi. Biasanya ada di dalam air yang terkontaminasi dengan feses. Bisa menempel juga di makanan maupun minuman.

1 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Tipes

Penyebab Tipes © Diadona
Bakteri S.Typhi inilah penyebab tipes menyerang seseorang. Nggak hanya dari makanan maupun minuman saja, moms. Tapi bisa juga melalui kontak langsung dengan orang yang menderita tipes melalui feses maupun urine. Misalnya saja ke kamar mandi umum orang yang terinfeksi bakteri lupa mencuci tangan dan langsung memegang makanan.

Sehingga penyakit tipes ini diduga para dokter disebabkan yang utama adalah makanan dan air yang terkontaminasi. Serta imun tubuh yang belum cukup kuat jadi sebab tipes menyerang anak-anak.

2 dari 5 halaman

Penyebab Gejala Tipes

Penyebab gejala tipes ini biasanya tidak langsung terjadi dalam satu waktu, melainkan bertahap.

1. Di minggu pertama biasanya diawali dengan demam tidak terlalu tinggi. Namun seiring dengan bertambahnya hari demam meningkat sampai 40 derajat celcius. Bahkan suhu tubuh juga mengalami kenaikan dan penurunan.

2. Badan terasa lemas dan tidak enak.

3. Batuk kering.

4. Sakit kepala.

5. Mimisan

6. Kemudian di minggu kedua jika belum ditangani dokter akan mengalami demam yang memburuk di malam harinya.

7. Saking tingginya suhu badan sampai mengigau.

8. Muncul bintik merah muda di daerah perut dan dada.

9. Perut kembung, hal ini bisa jadi tanda terjadi pembengkakan hati dan empedu.

10. Mengalami diare atau sembelit akut.

11. Tinja berwarna kehijauan.

3 dari 5 halaman

Penyebab Tipes Kambuh

Penyebab Tipes © Diadona
Dari kebiasaan kotor yang bisa jadi penyebab tipes, faktor yang membuatnya kambuh karena bakteri masih mengendap di tubuh. Selain demam tinggi, diare, sakit perut bahkan muncul bintik merah muda di dada dan perut, tipes bisa menyebabkan pecahnya usus. Gejala tipes biasanya kambuh setelah dua minggu demam reda. Nggak semua kok moms, hanya 10% pengidap tipes yang kambuh.

Kalau masih ditemukan bakteri S.Typhi pada fases atau tinja, maka dianjurkan mengonsumsi antibiotik selma 28 hari. Maksudnya agaar bakteri lenyap dan mencegah penderita tipes menjadi carrier (pembawa bakteri).

4 dari 5 halaman

Penyebab Tipes pada Anak

Penyebab Tipes - Jajan Sembarangan © Diadona

Kebiasaan-kebiasaan anak di bawah ini yang bisa jadi penyebab tipes, moms, antara lain:

Jajan Sembarangan


Jajan sembarangan mungkin dianggap remeh, tapi beneran loh bisa menyebabkan tipes. Soalnya kita nggak pernah tahu bagaimana tingkat kebersihannya. Anak-anak biasanya lebih rentan terkena tipes karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah.

Pakai Toilet yang Kotor


Selain kotor juga nggak sehat, karena bakteri S.Typhi ini masih bisa bertahan loh meski ada di tinja orang yang terinfeksi. Kalau menggunakan toilet yang kotor di tempat umum, mulanya sehat-sehat saja juga bisa terinfeksi karena toilet terinfeksi tinja penderita tipes yang nggak dibersihkan secara menyeluruh. Itu kenapa penting mencuci tangan setelah dari kamar mandi.

 

5 dari 5 halaman

Tidak Menjaga Kebersihan Makanan


Selain makanan yang dipegang orang yang terinfeksi tipes tanpa mencuci tangan terlebih dulu, makanan laut juga bisa menyebabkan tipes loh moms! Apabila makanan laut berasal dari air laut yang terkontaminasi tinja atau urine bakteri S.Typhi.

Selain itu air minum yang tercemar juga bisa jadi faktor terkena penyakit tipes. Apalagi kalau si anak suka jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan bisa membawa bakteri penyebab tipes tersebut.

Nah, jadi itu tadi moms bakteri penyebab tipes dan kebiasaan apa yang bisa jadi pemicunya. Nggak ada salahnya buat lebih berhati-hati kepada kebiasaan dan makanan sehari-hari, khususnya pada si kecil.

Beri Komentar