Trik Jam Makan demi Goals Penurunan Berat Badan, Pemula Diet Wajib Tahu

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 23 April 2023 21:25
Trik Jam Makan demi Goals Penurunan Berat Badan, Pemula Diet Wajib Tahu
Tidak hanya perkara memilih makanan yang sehat semata, namun jam makan harus dipahami secara menyeluruh.

Proses diet memanglah kompleks, tidak hanya fokus pada satu bagian saja namun kita perlu tahu ragam indikator yang menjadi pemicu keberhasilan dari diet atur pola makan. Tidak hanya perkara memilih makanan yang sehat semata, namun jam makan harus dipahami secara menyeluruh.

Nah, apabila ini pengalaman pertama kamu dalam melakukan diet, berikut ada beberapa aturan jam makan yang bisa dilakukan, mari kita bahas.

1 dari 5 halaman

Sarapan 1 jam setelah bangun tidur

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Supaya aktivitas sarapan kamu maksimal dan mendapatkan hasil optimal, pilih sarapan yang kaya akan nutrisi. Pilih saja beberapa makanan yang tinggi akan serat dan protein, misalnya telur rebus, olahan roti gandum, dan lainnya. Waktu pagi lebih baik menghindari makanan yang berat, seperti gorengan, nasi putih atau beberapa makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.

2 dari 5 halaman

Tidak Melewatkan Makan Siang (Jam 12 – 13 Siang)

Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka lebih baik untuk makan siang pada waktu jam 12 hingga 13 siang, karena paling pas untuk meningkatkan energi dalam tubuh nantinya. Menunya sendiri bisa kamu sesuaikan, namun sangat disarankan untuk makan yang rendah gula dan lemak, mungkin kamu bisa kombinasikan dengan dada ayam, daging merah, sayuran segar, dan buah-buahan.

3 dari 5 halaman

Tetap Makan Malam (3 Jam Sebelum Tidur)

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Sebaiknya pilih yang kaya akan nutrisi dan hindari makanan mengandung gula berlebih, alkohol, dan natrium. Waktunya sendiri lebih baik dilakukan 3 jam sebelum kamu tidur atau standarnya bisa dilakukan antara pukul 18:00 hingga 19:00. Jangan sampai makan terlalu larut juga, karena akan membuat tubuh kamu kesulitan untuk tidur, karena gula darah mengalami peningkatan.

4 dari 5 halaman

Boleh Makan Camilan

Banyak orang yang baru memulai sangat menghindari melakukan camilan, jika mengacu pada situs klikdokter menjelaskan juga apabila cemilan tidak menjadi permasalahan. Asal kebutuhan dan porsinya terukura serta dibarengi juga dengan makanan yang sehat. Pilih saja beberapa camilan dari kacang-kacangan, buah kering, atau biji-bijian.

5 dari 5 halaman

Diet untuk yang baru memulai memang sangat sulitdilakukan, karena harus mengatur waktu dan konsisten dalam menjalankannya. Apabila tidak teratur akan berdampak pada hasil yang diinginkan, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Bagian inilah yang harus kamu pahami, jika ingin hasilnya optimal, maka lebih baik untuk mengatur jadwal makannya. 

At last, stay healthy Diazens!

(Editor: Pinkhan Azarin Rahmawaty)

 

Beri Komentar