Pentingnya untuk Mengajari Si Kecil Tiga Kata Ajaib Ini Mom

Reporter : Riza Umami
Jumat, 9 Oktober 2020 08:17
Pentingnya untuk Mengajari Si Kecil Tiga Kata Ajaib Ini Mom
Apa aja ya tiga kata ajaib tersebut?

Orang tua tentu akan sangat senang ketika memiliki anak yang sopan dan memiliki tata krama. Namun, sejumlah anak sekarang ini begitu sulit untuk diajari tentang sopan santun seperti ini, bahkan ada yang sudah biasa menggunakan kata-kata kasar sejak kecil.

Itulah pentingnya bagi orang tua untuk mulai mengajarkan anak dari hal yang kecil seperti membiasakan anak mengucapkan tiga kata ajaib berikut ini. Tiga kata tersebut adalah 'tolong', 'maaf' dan 'terima kasih'.

1 dari 3 halaman

Meski sederhana, tiga kata ajaib ini bisa begitu berguna untuk kehidupan anak ke depannya. Dengan memahami penggunaan dari tiga kata tersebut, anak pun jadi tahu kapan harus menggunakannya yang dibarengi dengan bertutur kata yang sopan.

ilustrasi ibu dan anak sehat © Diadona

Anak yang sudah terbiasa mengucapkan tiga kata ajaib tersebut pasti akan lebih mudah untuk bergaul dengan teman sebayanya. Selain itu, si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang sopan dan berkarakter baik.

2 dari 3 halaman

Dengan terbiasa menggunakan tiga kata itu, anak bisa berinteraksi secara efisien dengan temannya dan mendorong munculnya respons positif dari lawan bicaranya sehingga lebih mudah diterima perkataannya.

Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengajari anak tiga kata ajaib ini. Yang pertama, ibu perlu memberikan pengertian dan penjelasan tentang tiga kata ajaib ini pada anak dengan jelas. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti oleh anak dan juga terangkan kapan penggunaan dari tiga kata ajaib tersebut.

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

3 dari 3 halaman

Selanjutnya, ibu pun harus memberikan contoh pada anak karena buah hati ini memang cenderung meniru perilaku orang tuanya. Ibu harus membiasakan penggunaan tiga kata itu dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak juga akan mencontoh apa yang ibu lakukan dan terbiasa untuk mengucapkannya sehari-hari.

Yang terakhir, berikan dukungan untuk anak dalam menerapkan kebiasaan baik ini. Anak tentu butuh dukungan dari ibunya termasuk untuk mulai menggunakan tiga kata ajaib ini. Jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak, jika dia bisa melakukannya dengan baik sehingga si kecil pun akan makin bersemangat dan termotivasi untuk terus melanjutkan kebiasaannya tersebut.

Lambat laun, anak pasti akan terbiasa untuk mengucapkan 'tolong', 'maaf' dan 'terima kasih' kepada siapa pun. Tentu hal ini membutuhkan waktu dan tak bisa dilakukan secara instan. Namun, tiga kata ajaib ini pasti akan sangat berguna sampai anak dewasa nanti.

Beri Komentar