6 Tips Agar Perut Tidak Buncit Setelah Makan, Tubuh Tetap Bugar dan Ramping!

Reporter : Arifina
Kamis, 27 April 2023 20:50
6 Tips Agar Perut Tidak Buncit Setelah Makan, Tubuh Tetap Bugar dan Ramping!
Ternyata, ada triknya nih biar perut tidak buncit setelah makan!

Perut buncit setelah makan dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi banyak orang. Selain membuat tubuh terlihat tidak ideal, perut buncit juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan pencernaan.

Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kemungkinan perut buncit setelah makan. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber, tips agar perut tidak buncit setelah makan. Apa saja?

1 dari 6 halaman

Kunyah Makanan Pelan-Pelan

Tips Agar Perut Tidak Buncit Setelah Makan © Diadona

Saat proses memakan makanan seringkali mendengar bahwa mengunyahlah dengan perlahan. Ternyata, hal ini bukan tanpa alasan lho!

Proses mengunyah makanan dengan perlahan ini justru akan membantumu makan lebih lambat. Hal ini memengaruhi otak dalam memberi sinyak ketika kamu sudah kenyang, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak deh!

2 dari 6 halaman

Pakai Piring Kecil

Menghindari kondisi perut buncit setelah makan, perlu siasat dalam porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, supaya tidak berlebihan, cobalah untuk makan dengan piring kecil.

Hal ini akan membuat porsi makananmu akan berkurang dan tidak terlalu banyak.

3 dari 6 halaman

Pilih Makanan Mengandung Serat

Tips Agar Perut Tidak Buncit Setelah Makan © Diadona

Jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh juga perlu diperhatikan jika kamu tidak ingin mengalami kondisi perut yang buncit. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

makanan yang mengandung serta ini juga dapat meningkatkan rasa kenyang lebih cepat, sehingga kamu tidak akan makan secara berlebihan deh!

4 dari 6 halaman

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Ini menjadi salah satu cara agar perutmu tidak buncit setelah makan lho! Dengan mengonsumsi air dalam jumlah cukup akan membantumu makan lebih sedikit.

Bahkan, mengonsumsi air dapat menurunkan berat badan juga nih! Sebuah studi menyebutkan, orang dewasa yang minum setengah liter air 30 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan asupan kalori yang masuk dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Kurangi Asupan Garam

Tips Agar Perut Tidak Buncit Setelah Makan © Diadona

Tips selanjutnya untuk menghindari perut buncit adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Kandungan pada garam ini dapat menahan air di dalam tubuh, sehingga jika mengonsumsinya dalam takaran berlebih akan menjadikan tubuh mengalami kenaikan berat badan dan perut buncit.

6 dari 6 halaman

Tidur yang Cukup

Selain menjaga pola makan, rupanya proses mengistirahatkan tubuh ini juga amat penting untuk diperhatikan lho! Bahkan, jika kamu terlalus ering mengabaikan istirahat yang cukup justru akan memengaruhi tubuhmu mengalami kenaikan berat badan dan perut menjadi buncit.

Karena itu, perbaiki kualitas tidur dan kelola setress dengan baik ya!

Itulah sederet tips agar perut tidak buncit setelah makan, semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar