Sering Terjadi, Kenapa Ya Sariawan Sering Muncul Saat Puasa?

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 23 April 2022 07:03
Sering Terjadi, Kenapa Ya Sariawan Sering Muncul Saat Puasa?
Bikin ibadah puasa jadi kurang maksimal nih.

Sariawan merupakan infeksi yang terjadi di dalam mulut yang menyebabkan luka di gusi atau kulit bagian dalam. Infeksi ini memang bisa terjadi kapan saja, namun orang akan lebih sering mengalami sariawan saat puasa

Meski termasuk penyakit ringan namun efeknya tak kalah menggangu seperti tidak nafsu makan saat sedang berbuka hingga muncul panas dalam. Sariawan saat puasa menjadikan ibadah kurang maksimal dikarenakan rasa sakit dalam mulut yang membuat kesulitan untuk makan dan berbicara. Lantas, apa yang menyebabkan sariawan mudah muncul saat puasa?

1 dari 5 halaman

Penyebab Sariawan Saat Puasa

Penyebab Sariawan © Diadona

Meski sariawan bisa terjadi kapan saja, kecenderungan untuk kita terserang penyakit mulut yang satu ini memang lebih tinggi saat puasa. Sebab, ketika kita puasa, kebersihan mulut kurang terjaga dan bakteri menumpuk di mulut.

Ketika kita berpuasa selama berjam-jam, perut tidak terisi dan memancing kenaikan asam lambung hingga ke mulut sehingga memicu perkembangan bakteri. Selain itu, stres, kurang tidur, dan kekurangan nutrisi seperti vitamin C dan B juga bisa menyebabkan kita terkena sariawan saat berpuasa.

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Sariawan Saat Puasa

Penyebab Sariawan © Diadona

Agar kita terhindar dari sariawan dan ibadah puasa tetap lancar, coba perhatikan hal-hal ini, yuk! Perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Konsumsilah makanan dengan kadar asam rendah, seperti oatmeal, roti, sereal, dan kacang-kacangan. Kita pun dapat mengonsumsi buah-buahan seperti melon, pisang, dan kelapa untuk meredakan nyeri akibat sariawan saat sahur atau berbuka.

3 dari 5 halaman

Selain itu, bersihkan mulut dan gigi kita setelah sahur, setelah berbuka puasa, dan sebelum tidur agar bakteri tidak bersarang di mulut. Pastikan juga kita minum air putih yang cukup setelah berbuka puasadan saat sahur, ya.

Air putih mampu membilas bakteri penyebab sariawan di mulut. Memenuhi waktu tidur cukup juga rupanya dapat mencegah dan mengurangi dampak sariawan, lo. Pastikan kita masih bisa menjaga kualitas tidur meski harus bangun dini hari untuk makan sahur.

4 dari 5 halaman

Mengurangi merokok ataupun mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara untuk mencegah sariawan saat puasa. Sebab, terlalu banyak merokok, terlebih setelah sahur dapat menyebabkan mulut terlalu kering sehingga memudahkan kuman-kuman penyebab sariawan berkembang. Jika kamu perokok aktif, lebih baik kurangi konsumsi rokok selama berpuasa.

Beri Komentar