5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Otak, Jangan sampai Mokel ya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 21 April 2022 07:27
5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Otak, Jangan sampai Mokel ya!
Manfaat puasa untuk kesehatan otak ternyata penting loh~

Puasa merupakan hal yang wajib dilakukan untuk umat muslim. Selain sebagai kewajiban, ternyata terdapat beberapa hal yang akan kamu dapatkan dalam manfaat puasa untuk kesehatan otak loh! Melansir dari Hellosehat, yuk intip manfaat puasa untuk kesehatan otak!

 

1 dari 4 halaman

Manfaaat Puasa untuk Kesehatan Otak untuk Sel dan Stres

Tahan Stres

Ilustrasi Stres © Diadona

Manfaat puasa untuk kesehatan otak bisa merangsang produksi protein sel saraf yang disebut dengan brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Sel saraf ini ternyata mengaktifkan jalur sinyal saraf yang merespons stres di otak.

Di samping itu, kadar lemak turun saat puasa, dan membuat tubuh terbebas dari tekenan, termasuk stres, sehingga membuat otak lebih sehat.

Sel Otak Diperbaiki

Sel otak dapat diperbaiki juga termasuk manfaat puasa untuk kesehatan otak. Sata berpuasa, tubuh menggunakan keton sebagai sumber energi. Perubahan kondisi tersebut disebut autofagi, di mana tubuh memperbaiki sel rusak, termasuk sel otak.

2 dari 4 halaman

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Otak terhadap Fungsi Kognitif dan Lain-Lain

Tingkatkan Fungsi Kognitif

Ilustrasi Perempuan Cerdas © Diadona

Manfaat puasa untuk kesehatan otak lainnya adalah meningkatkan fungsi kognitif. Kemampuan berpikir dan mengingat pun meningkat. Selain menekan stres, BDNF juga berperan penting untuk proses belajar dan memori.

Kerusakan Otak Berkurang

Puasa juga bisa mengurangi kerusakan otak untuk penyakti saraf tertentu, sebut asaja cedera otak dan stroke. Puasa sebelum stroke iskemik bisa mengurangi kerusakan otak serta meningkatkan pemulihan pascastroke. Komplikasi stroke pun jadi tercegah, sebut saja kelupuhan.

3 dari 4 halaman

Cegah Penyakit Otak

Ilustrasi Penyakit Alzheimer © Diadona

Beberapa penyakit otak bisa dicegah dengan manfaat puasa untuk kesehatan otak. Sebut saja penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Bahkan orang yang punya penyakit tersebut, kualitas hidup dan fungsi kognitifnya bisa lebih baik dengan berpuasa.

 

Beri Komentar