Tidur Seharian saat Puasa, Bagus ga Si?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 22 April 2022 07:27
Tidur Seharian saat Puasa, Bagus ga Si?
Biar langsung buka puasa, apa gimana~

Saat menjalani ibadah puasa di bulan ramadan, banyak orang yang memutuskan untuk tidur seharian penuh pada hari-hari tertentu, mungkin karena biar langsung magrib dan buka puasa, gitu kali ya?

Namun tahukah kamu, bahwa tidur sehari itu merangkum dari Alodokter berbahaya loh!

 

1 dari 6 halaman

Sakit Punggung

Ilustrasi Sakit Punggung © Diadona

Tidur terlalu lama bisa mengakibatkan sakit punggung. Kamu juga pernah ngerasi? Hal ini diakibatkan tidur dengan posisi yang sama dalam waktu yang begitu lama, terutama jika telentang. Tulang punggung bakal kaku dan jadi nyeri.

 

2 dari 6 halaman

Sakit Kepala

Selain sakit punggung, tidur terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sebab hal tersebut mempengaruhi kinerja senyawa kimia otak seperti sorotin. Kalau senyawa tersebut terganggu, aktivitas saraf di otak ikut bermasalah sehingga bisa menyebabkan sakit kepala.

 

 

3 dari 6 halaman

Diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Tahukah kamu, bahwa tidur terlalu lama punya risiko yang mirip dengan kurang tidur, yaitu diabetes. Hal tersebut karena metabolisme dan hormon berisiko mengalami gangguan, termasuk insulin.

 

4 dari 6 halaman

Gangguan Mental

Tak hanya diabetes. Seperti halnya kurang tidur, terlalu lama tidur bisa menyebabkan gangguan mental, seperti depresi, cemas, serta sulit konsentrasi dan kurangnya daya ingat, serta mudah lelah.

 

5 dari 6 halaman

Penyakit Jantung

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Yang paling berbahaya, tidur terlalu lama bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Meski belum diketahui penyebabnya secara pasti, namun gangguan tidurlah yang menyebabkanya demikian, karena metabolisme dan kinerja organ tubuh bermasalah. Kinerja jantung pun jadi lebih berat dan berisiko mengalami penyumbatan pembuluh darah.

 

Beri Komentar