Penderita Asam Urat, Bolehkah Makan Emping Melinjo?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 21 April 2022 17:03
Penderita Asam Urat, Bolehkah Makan Emping Melinjo?
Meski jadi salah satu camilan terenak, boleh nggak sih emping dimakan buat penderita asam urat?

Emping melinjo adalah salah satu makanan yang kerap disebut-sebut tidak boleh dimakan penderita asam urat tinggi. Seperti diketahui, penderita asam urat tinggi wajib menjalankan pola makan sehat dan diet rendah purin untuk mencegah penyakit kambuh.

Apabila kebiasaan makan sembarangan tidak dikontrol, penderita bisa merasakan gejala penyakit kambuh seperti sendi nyeri, bengkak, dan ruam kemerahan. Simak penjelasan boleh tidaknya penderita asam urat tinggi makan emping melinjo dan pantangan lainnya.

Untuk mencegah penyakit kambuh, penderita asam urat tinggi sebaiknya tidak boleh makan emping melinjo dan makanan tinggi purin lainnya.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Emping MelinjoIlustrasi Emping Melinjo © Shutterstock.com

Dilansir dari laman Halodoc, emping melinjo termasuk makanan tinggi purin. Dalam 100 gram emping melinjo, kandungan purinnya bisa mencapai 150—800 miligram. Mengonsumsi asupan yang banyak mengandung purin bisa membuat tubuh memproduksi asam urat berlebih untuk memecah purin.

Perlu diketahui, purin adalah zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tapi, terkadang zat kimia ini juga terkandung dalam makanan atau minuman tertentu.

2 dari 5 halaman

Dikutip dari laman Antaranews yang merujuk buku Atasi Rematik dan Asam Urat ala Hembing oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, penderita asam urat perlu menjalani diet rendah purin dengan batas aman konsumsi maksimal 150 miligram per hari.

Mengingat kandungan purin dalam emping melinjo tinggi dan mendekati batas aman konsumsi purin per hari, ada baiknya penderita asam urat tidak boleh makan camilan ini.

3 dari 5 halaman

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

Ilustrasi Masakan Daging SapiIlustrasi Masakan Daging Sapi © Seriouseats.com

Ada beberapa makanan tinggi purin yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau dibatasi penderita asam urat, yakni:

  • Jeroan
  • Kaldu daging
  • Sosis, burger, smoked beef, kornet, dan daging olahan lainnya
  • Bebek dan burung
  • Ikan sarden, makerel
  • Makanan laut seperti udang, cumi, kerang
  • Minuman beralkohol

4 dari 5 halaman

Selain tidak boleh makan emping melinjo, penderita asam urat sebaiknya juga menghindari beberapa makanan tinggi purin di atas. Imbangi diet rendah purin di atas dengan kebiasaan banyak minum air putih dan cairan. Dengan hidrasi yang cukup, tubuh bisa mengeluarkan asam urat lewat urine.

Beri Komentar