Padahal Bikin Pikiran Lebih Jernih, tapi Kenapa Ada Orang yang Sulit Konsentrasi Saat Puasa Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 13 April 2022 17:03
Padahal Bikin Pikiran Lebih Jernih, tapi Kenapa Ada Orang yang Sulit Konsentrasi Saat Puasa Ya?
Kamu ngalamin kayak gini juga nggak sih?

Saat berpuasa Ramadhan, tubuh tidak akan mendapat asupan makanan juga minuman selama kurang lebih 14 jam. Pada sebagian orang, hal itu mungkin membuat sulit konsentrasi terutama ketika memasuki waktu siang dan sore hari. Kondisi itu benarnya wajar saja terjadi, tapi bisa juga berbeda pada setiap orang.

Dikutip laman Ruang Guru, yang merujuk buku The Miracle of Fast yang terbit di Florida, Amerika Serikat dijelaskan bahwa dari hasil penelitian tentang manfaat puasa, salah satunya justru bisa membuat pikiran jadi lebih jernih. Bahkan juga bisa meningkatkan kecerdasan.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia - Saptawati Bardosono juga menyampaikan, berpuasa membuat sel-sel tubuh menjadi lebih kuat. Juga regenerasi sel menjadi lebih optimal dan bisa bekerja lebih baik. Tapi kenapa ada orang yang jadi sulit konsentrasi akibat berpuasa?

Ternyata penyebabnya bisa jadi ada tiga hal. Pertama, penurunan gula darah akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan karbohidrat simpleks seperti nasi putih, roti putih, gorengan, dan minuman manis.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Mengonsumsi makanan dan minuman berkarbohidrat memang akan membuat gula darah naik dan tubuh lebih kuat. Tapi hanya dalam beberapa waktu saja. Karbohidrat simpleks akan menaikan gula darah dengan cepat. Sehingga saat itu otak memerintahkan insulin agar gula darah turun.

Faktor kedua yang menyebabkan sulit berkonsentrasi saat puasa karena terlalu banyak makan gorengan saat sahur. Karena minyak pada gorengan membuat oksigen di otak berkurang 20 persen.

Faktor ketiga, akibat kurang minum saat sahur. Meski berpuasa, asupan minum harus tetap tercukupi minimal 1,5-2 liter sehari selama waktu berbuka hingga sahur.

3 dari 6 halaman

Selain itu, ada manfaat menarik lain yang bisa kita peroleh saat berpuasa lho. Melansir dari Merdeka.com, ternyata berpuasa juga bermanfaat sebagai anti-aging atau mencegah penuaan dini pada tubuh. Hal ini diungkapkan oleh dr. Aninda Marina SpDV dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

" Puasa juga bermanfaat untuk anti-aging. Jadi penuaan sebenarnya proses yang sudah ditakdirkan dari DNA, karena kita punya time DNA. Namun, dengan berpuasa menurunkan berbagai macam enzim di mana melakukan penuaan."

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita Puasa © Diadona

Ketika berpuasa, enzim yang menghancurkan serabut mielin turun, sehingga sel-sel dan kolagen pun akan hidup lebih lama. Kulit jadi terlihat lebih muda. Selain itu, antioksidan pun juga meningkat untuk menghambat enzim-enzim yang menghancurkan kolagen dan mempercepat penuaan.

Terjadi juga penurunan insulin ketika berpuasa. Sebab, ketika berpuasa nutrsi ke tubuh terbatas. Sehingga protein kinase A pun menjadi turunguna menghancurkan sel, sehingga stem cell meningkat.

" Jadi, kulit malah memperbaiki diri. Ini baik karena memperbaiki sel-sel rusak dan meningkatkan perbaikan struktur kulit karena human stem cell meningkat."

5 dari 6 halaman

Sebuah penelitian pada tahun 2019 juga mengungkapkan bahwa puasa bisa meningkatkan stem cell di folikel rambut. Rambut pun mengalami peningkatan pertumbuhan dan mencegah rambut rontok. Siklus kulit pada lapisan epidermis juga meningkat, sehingga kulit jadi terlihat cerah.

" Lalu, di lapisan dermis atau kulit bagian dalam, meningkatkan vaskularisasi pembuluh darah sehingga nutrisinya bisa langsung baik untuk kulit, meningkatkan perbanyakan pembuluh darah baru untuk perbaikan kulit, oksidatif metabolik atau proses yang menghancurkan oksidasi meningkat," jelas Aninda.

Beri Komentar