Bisa Bantu Atasi Anemia, Ini 5 Manfaat Kesehatan Timun Suri Si Buah Favorit untuk Buka Puasa

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 11 April 2022 17:03
Bisa Bantu Atasi Anemia, Ini 5 Manfaat Kesehatan Timun Suri Si Buah Favorit untuk Buka Puasa
Selain mudah didapatkan, ternyata timun suri punya segudang manfaat baik untuk kesehatan!

Biasanya tiap menjelang bulan Ramadan, banyak dijual dan disajikan sajian minuman berbahan timun suri. Nama buah yang banyak muncul ketika bulan puasa ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan. Tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air.

Kira-kira selain sebagai santapan berbuka yang menyegarkan di waktu puasa, apa saja manfaat timun suri yang baik untuk kesehatan? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

timun suri © Diadona

Walau nama buah ini menggunakan nama timun, tapi nyatanya timun suri salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu dan melon. Buah dengan nama latin Cucumis melo L var reticulatus Naudin ini paling populer disajikan menjadi es buah untuk menu buka puasa.

Sebelum memahami manfaat dari timun suri, sebaiknya kamu pahami lebih dahulu kandungan zat gizi makro dan mikro di dalamnya. Per 100 gram buah mentimun suri, mengandung zat gizi sebagai berikut.

2 dari 7 halaman

Ilustrasi Buah Timun Suri © Diadona

  • Air: 96,32 gram (g)
  • Protein: 1,26 g
  • Lemak: 0,04 g
  • Karbohidrat: 2,09 g
  • Kalsium: 768 miligram (mg)
  • Zat besi: 0,20 mg
  • Serat: 0,89 mg
  • Vitamin C: 24,86 mg
  • Kalium: 1008 mg
  • Fosfor: 422 mg

Mentimun suri kaya akan nutrisi sehingga sangat mungkin berpotensi baik untuk kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai aturan. Bila dilihat dari kandungan gizinya, di bawah ini beberapa manfaat yang mungkin bisa kamu dapatkan dari timun suri.

3 dari 7 halaman

Membantu mencukupi cairan tubuh

Ada beberapa alasan kenapa timun suri sangat populer di bulan Ramadan. Pertama, rasa timun suri yang menyegarkan dan lembut dapat memanjakan lidah ketika berbuka. Kedua, rasanya yang hambar mirip alpukat, cocok jika ditambahkan dengan sirup dan susu.

Di antara alasan tersebut, perlu kamu ketahui bahwa timun suri kaya akan air. Selama bulan puasa, kamu tidak makan dan minum setidaknya 12 hingga 13 jam dalam sehari. Dalam mode tersebut, tubuh tentu akan kehilangan banyak cairan. Nah, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini, timun suri bisa jadi memenuhi asupannya.

4 dari 7 halaman

Mencegah sekaligus mengatasi sembelit

Ilustrasi Buah Timun Suri © Diadona

Manfaat timun suri yang umumnya banyak diketahui adalah dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah lainnya, timun suri mengandung serat. Setiap hari, kamu setidaknya perlu mendapatkan serat sekitar 20 hingga 30 gram. Nah, kebutuhan serat ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi timun suri.

Serat yang terkandung dari mentimun suri dibantu dengan konsumsi air putih yang mencukupi akan membuat feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

5 dari 7 halaman

Menyehatkan tulang

Manfaat timun suri yang satu ini mungkin jarang diketahui. Kebanyakan mengira bahwa manfaatnya hanya didapat dari susu dan produk susu.

Memang, tulang akan tetap sehat jika konsumsi vitamin D tercukupi. Namun, nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya itu saja. Tulang juga membutuhkan mineral lain, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Nah, nutrisi tersebut bisa didapat dari timun suri.

6 dari 7 halaman

Mencegah Anemia

Ilustrasi Buah Timun Suri © Diadona

Mengkonsumsi timun suri juga mampu mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, timun suri mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah yang menyebabkan kelelahan.

Untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, zat besi dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, oleh karena itu mengkonsumsi timun suri adalah salah satu pencegahan anemia.

Beri Komentar