Jangan Minum Kopi saat Sahur, Bisa Batal loh Puasanya Nanti!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 13 April 2022 14:27
Jangan Minum Kopi saat Sahur, Bisa Batal loh Puasanya Nanti!
Siapa nih yang pengin ngopi saat sahur? Simak artikel ini dulu~

Orang yang terlanjut terbiasa minum kopi di pagi hari biasanya berpikir untuk meminumnya ketika sahur di bulan puasa ini. Namun tahu ternyata, kebiasaan sangat tidak dianjurkan karena selain berdampak pada kesehatan, juga berdampak pada kondisi tubuh saat puasa seharian penuh.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Dari laman Egypt Independent dikatakan bahwa kopi memiliki sifat diuretik yang bisa merangsang produksi air seni, sehingga membaut seseorang yang mengonsumsinya jadi ingin sering kencing.

Kalau sudah terlanjut demikian, maka tubuh pun akan kekurangan cairan, yang mana sangat tidak menguntungkan untuk tubuh ketika berpuasa. Tubuh jadi dehidrasi, puasa pun jadi lemas. Bisa-bisa batal, deh~

 

2 dari 4 halaman

Selain kopi, minuman serupa seperti teh, cokelat, dan soda juga memiliki sifat yang sama.Di samping itu, juga tidak disarankan untuk minum air putih terlalu banyak saat sahur karena ginjal hanya akan membuangnya selama beberapa jam ke depan.

Jadi, minumlah secukupnya, 2-3 gelas saja. Serta penuhi dengan buah dan sayur yang kaya akan air seperti semangka, anggur, timun, melon dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Jika tetap ingin minum kopi, sebaiknya konsumsilah ketika 1-2 jam setelah berbuka. Minum kopi langsung ketika berbuka kurang bagus karena langsung menyerang lambung, sementara minum kopi terlalu malam bisa bikin sudah tidur.

Cermat selalu ya! Semoga sehat dan kuat terus selama menjalankan ibadah puasa!

Beri Komentar