Kasur dan Bantal Sering Dijemur di Bawah Terik Matahari, Buat Apa Sih?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 18 November 2021 17:03
Kasur dan Bantal Sering Dijemur di Bawah Terik Matahari, Buat Apa Sih?
Apa sih alasan sebenarnya orang-orang melakukan hal ini?

Saat cuaca sedang panas-panasnya, jemur bantal dan guling di depan rumah adalah pemkamungan yang sudah tidak asing lagi untuk dilihat. Kegiatan ini memang sudah menjadi tradisi bagi orang-orang yang hidup di negara tropis seperti Indonesia.

Namun, pernah enggak sih kamu bertanya apa sebenarnya alasan orang-orang melakukan hal ini?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Jemur Bantal © Diadona

Jemur bantal di bawah sinar matahari bukanlah kegiatan iseng semata. Ternyata, hal ini dilakukan untuk mengusir mahluk-mahluk kucil yang tinggal di dalama bantal seperti kuman, bakteri, kutu, dan tungau.

Paparan sinar matahari yang kuat bisa membantu menghilangkan keberadaan mahluk-mahluk yang bisa menyebabkan asma dan alergi tersebut.

2 dari 6 halaman

Menurut penelitian, bakteri tertentu dan kuman tidak bisa bertahan hidup jika terpapar oleh suhu yang sangat tinggi yang kira-kira, di atas 50 derajat Celsius.

Maka dari itulah, semakin panas cuaca di luar, semakin ampuh cara ini untuk membasmi para kuman dan bakteri yang bersarang.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Jemur Bantal © Diadona

Selain itu, jamur bantal adalah salah satu alasan lain mengapa kamu harus jemur bantal secara teratur.

Jamur bantal yang disebabkan oleh keringat tubuh membuat bantal dan gulingmu kempes. Dengan menjemurnya, kelembapan yang terjebak di dalam pun akan menguap sehingga bantal dan guling bisa menggembung kembali.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Jemur Bantal © Diadona

Setelah tahu apa saja manfaat jemur kasur, bantal, dan guling, kini waktunya kamu mempelajari cara menjemur yang tepat. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk menjemur perlengkapan tidur kamu.

  • Setelah mencuci kasur, bantal, dan guling, semprotkan cairan disinfektan ke seluruh bagian.
  • Jemur perlengkapan tidur yang sudah dicuci di bawah terik matahari.
  • Kamu tak perlu menjemur terlalu lama, cukup tunggu sampai kering sepenuhnya.
  • Saat menjemur, jauhkan bantal, guling, dan kasur dari debu atau kotoran di sekitar.
  • Setelah selesai mencuci dan jemur kasur, guling, dan bantal, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah mencegah penumpukan kuman berlebih serta munculnya kutu kasur.

5 dari 6 halaman

Untuk mencegah alergi atau serangan asma karena kutu, tungau, dan organisme-organisme lain di bantal guling, kamu harus rutin membersihkan bantal dan guling.

Cuci dan ganti seprai, sarung bantal, dan sarung guling seminggu sekali. Sementara itu, untuk bagian dalam bantal dan guling, kamu bisa membersihkannya setiap tiga bulan sekali.

Beri Komentar