Waspada, Ternyata Gigi Goyang Bisa Jadi Pertanda Diabetes!

Reporter : Mila
Kamis, 18 November 2021 07:57
Waspada, Ternyata Gigi Goyang Bisa Jadi Pertanda Diabetes!
Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kondisi ini tak hanya berdampak pada organ pankreas, tapi juga bisa memengaruhi bagian dalam rongga mulut.

Lantas, apakah benar gigi goyang merupakan tanda diabetes?

1 dari 3 halaman

Gigi Goyang dan Diabetes

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Jawabannya adalah iya benar. Salah satu komplikasi di rongga mulut yang bisa ditimbulkan dari diabetes adalah gigi goyang.

Melansir Jurnal American Academy of Periodontology, pasien diabetes lebih rentan terkena penyakit periodontal. Hal tersebut karena kadar gula darah yang tinggi bisa memengaruhi sirkulasi darah di sekitar gusi dan tulang alveolar.

Sebaliknya, kondisi gusi dan tulang alveolar yang tidak sehat bisa memperburuk penyakit diabetes itu sendiri.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Diabetes Membuat Gigi Goyang?

Diabetes bisa menyerang jaringan penyangga gigi (periodontal). Hal itu diawali dengan adanya penumpukan plak gigi, karena pada penderita diabetes kemampuan jaringan periodontal untuk melawan kuman mengalami penurunan.

Alhasil, jaringan periodontal mudah terinfeksi dan rusak. Saat infeksi, abses periodontal tidak bisa dihindari lagi. Ini adalah kondisi ketika jaringan penyangga gigi mengeluarkan nanah.

Selanjutnya, jaringan yang terinfeksi itu akan mengalami pengikisan tulang penyangga dengan cepat. Kalau dibiarkan terlalu lama, makaakan menyebabkan gigi goyang dan akhirnya copot.

3 dari 3 halaman

Mengatasi Gigi Goyang karena Diabetes

Ilustrasi Dokter Gigi © Diadona

Agar komplikasi di rongga mulut dapat dicegah dan dikurangi, para penderita diabetes bisa melakukan berbagai cara berikut ini:

  • Gaya Hidup Sehat
    Menjalani hidup sehari-hari dengan banyak bergerak, aktif berolahraga, dan konsumsi makanan sehat dan seimbang harus dilakukan. Selain untuk menjaga kadar gula darah, juga untuk mengurangi berat badan, menjaga tekanan darah normal, serta mengatasi gangguan emosional.
  • Menjaga Kesehatan Gigi
    Orang yang menderita diabetes harus lebih serius memperhatikan kondisi gigi, seperti keberadaan plak gigi, keadaan gusi, gusi yang lepas, dan gusi berdarah.
  • Rutin Periksa ke Dokter Gigi
    Pemeriksaan bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dokter gigi biasanya akan mencatat secara detail setiap kondisi yang terjadi pada gigi.

  • Mengontrol Kadar Gula Darah
    Dengan rajin memeriksa kadar gula darah, maka dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada jaringan penyangga dan tulang rahang.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar