Bisa Buat Stress Release, Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Punya Segudang Manfaat!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 17 Desember 2021 17:03
Bisa Buat Stress Release, Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Punya Segudang Manfaat!
Meski sepele, ternyata manfaatnya luar biasa lho.

Saat bangun tidur pasti, secara tidak sadar teman-teman ngulet. Ngulet adalah gerakan seperti meregangkan otot-otot sebelum bangun dari kasur. Walau terlihat sepele ternyata gerakan tersebut memiliki manfaat, lo.

Gerakan peregangan itu bisa menjadi kebiasaan baik untuk teman-teman lakukan setelah bangun tidur. Berikut akan dijelaskan manfaat dari gerakan ngulet di pagi hari sebelum bangun tidur.

1 dari 5 halaman

Fleksibilitas Otot

Ilustrasi Ngulet © Diadona

Setelah tidur nyenyak dalam waktu lama, teman-teman akan terbangun dengan kondisi otot yang kaku dan kencang. Hal ini biasanya disebabkan oleh posisi tidur yang sama untuk waktu yang lama.

Karena itu saat terbangun, teman-teman akan secara refleks meregangkan leher, punggung dan kaki.

2 dari 5 halaman

Fleksibilitas Sendi

Penyebab utama kekakuan di pagi hari adalah kurangnya aktivitas fisik, kelebihan berat badan, pola makan yang buruk, tidur yang tidak nyenyak, dan lingkungan yang dingin atau lembab.

Peregangan di pagi hari membantu memperbaiki rentang gerak di persendian, serta kekakuan yang sering disebabkan dari tidak aktif atau kelebihan berat badan.

Bila teman-teman kurang melakukan peregangan, maka sendi akan lebih sering kaku. Kondisi sendi yang tidak fleksibel akan
meningkatkan kemungkinan terkena radang sendi atau keseimbangan yang buruk, sehingga mudah cedera.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Peredaan Darah dan Pelepas Stress

Ilustrasi Ngulet © Diadona

Peregangan di pagi hari secara rutin dapat meningkatkan peredaran darah. Dengan melakukan peregangan cepat saat bangun tidur, akan memberikan energi untuk bangun dari tempat tidur.

Saat teman-teman mengulet, darah akan mulai bergerak lebih cepat ke otot di seluruh tubuh. Peregangan juga membantu menghilangkan stres dan ketegangan pada tubuh. Teman-teman pasti pernah merasa enggan untuk bangun dari tempat tidur.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Ngulet © Diadona

Dengan melakukan selama beberapa menit setelah bangun tidur akan membantu teman-teman untuk lebih semangat memulai hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tahan setiap peregangan selama 30 detik untuk memberi waktu pada otot, kemudian rileks dan bernafas secara normal.

Selain peregangan ada beberapa kebiasan baik lain yang bisa teman-teman lakukan setelah bangun tidur.

5 dari 5 halaman

Kebiasaan Baik Setelah Bangun Tidur

Nah, biar tubuh makin sehat dan bugar, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa kit lakukan nih. Mau tahu apa aja? coba lihat di bawah ini ya!

  • Jangan langsung ambil gadget atau handphone.
  • Minum Air Putih.
  • Berjemur di Bawah Sinar Matahari.
  • Mengonsumsi Camilan Sehat dan Netral.
  • Mencuci Muka dan Mandi

Beri Komentar