Benarkah Sering Berdebar-debar adalah Tanda dari Penyakit Jantung?

Reporter : Mila
Jumat, 17 Desember 2021 07:57
Benarkah Sering Berdebar-debar adalah Tanda dari Penyakit Jantung?
Simak faktanya dulu yuk.

Penyakit jantung adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti hampir setiap orang. Serangan jantung sering kali terjadi secara tiba-tiba dan kalau tidak segera ditangani biasanya bisa berakibat fatal.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung mencapai 1,5 persen dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Artinya, 15 dari 1000 orang Indonesia mengidap penyakit ini.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Tidak semua masalah pada organ jantung memperlihatkan gejala dengan jelas. Terlebih untuk mereka yang tidak rutin memeriksa kesehatan diri secara lengkap untuk mengetahui kondisi jantungnya.

Biasanya, seseorang yang sering merasa nyeri di bagian dada dan berdebar-debar akan langsung menganggap bahwa dirinya mengidap penyakit jantung. Benarkah demikian?

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Jantung berdebar addalah kondisi yang disebut dengan istilah palpitasi. Meskipun umum terjadi, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai karena berkaitan dengan penyakit jantung.

Menurut dr. Adhestiro Harnindyo Putro, SpJP, FIHA, yang merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, ini adalah 5 gangguan kesehatan yang ditandai dengan peningkatan detak jantung:

3 dari 4 halaman

  • Jantung Koroner
    Kondisi ini terjadi karena terhambatnya aliran darah ke jantung akibat plak di bagian arteri koroner. Plak inilah yang membuat arteri jadi menyempit dan mengurangi aliran darah ke jantung.
  • Gangguan Irama Jantung
    Aritmia adalah detak jantung yang tidak teratur. Penyebabnya karena sinyal listrik yang mengoordinasikan detak jantung sedang tidak bekerja dengan baik. Sinyal yang salah ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat (takikardia), terlalu lambat (bradikardia), atau tidak teratur.
  • Gagal Jantung
    Kondisi ini terjadi saat pompa jantung melemah, sehingga jantung tidak mampu mengalirkan darah secara cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  • Tekanan Darah Tinggi
    Biasanya, saat tekanan darah meningkat, salah satu gejala yang muncul adalah jantung yang berdebar lebih cepat. Hal tersebut mungkin saja berhubungan dengan penyakit jantung.
  • Serangan Jantung
    Serangan jantung adalah kondisi berhentinya aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Karena aliran berhenti, maka jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan suplai oksigen yang dibutuhkan.

4 dari 4 halaman

Jadi, jantung sering berdebar tidak selalu karena penyakit jantung ya. Hal tersebut juga bisa dipicu kondisi emosional seperti stres, gugup, atau panik. Perubahan hormon serta konsumsi obat-obatan juga memicu debaran jantung tak menentu.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar