11 Tips Agar Daging Cepat Empuk, Lezat dan Juicy di Lidah

Reporter : Arifina
Rabu, 29 Maret 2023 16:57
11 Tips Agar Daging Cepat Empuk, Lezat dan Juicy di Lidah
Membuat daging cepat empuk dan juicy perlu trik khusus lho!

Memakan daging dengan tekstur yang empuk dan juicy akan membuat rasnya lebih lezat. Namun, proses memasak daging agar cepat empuk ini perlu trik khusus.

Jika salah dalam proses mengolah daging, bukan tidak mungkin menjadikan santapan ini terasa keras. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa tips agar daging cepat empuk saat diolah.

Berikut tips agar daging cepat empuk yang sudah dirangkum diadona.id dari berbagai sumber.

1 dari 11 halaman

Perhatikan Cara Potongan Daging

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Hal sederhana yang bisa menjadikan tekstur daging empuk adalah dengan memperhatikan bentuk potongnnya. Sebaiknya hindari memotong daging yang searah serat, tetapi potong dengan berlawanan arah serat.

Selain itu, perhatikan juga bentuk dan ukuran daging sesuai jenis masakan yang ingin dimasak. Untuk menu makanan rendang atu sop, potonglah daging agak tebal karena proses memasaknya cukup lama.

Sementara, jika memasak teriyaki, sate goreng, atau tonseng maka disarankan memotong daging lebih tipis karena proses masak yang singkat. Sehingga hal ini memudahkan agar daging cepat empuk.

2 dari 11 halaman

Pukul-Pukul Daging

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Memukul-mukul daging bisa kamu jadikan salah satu alternatif untuk membuat daging lebih cepat empuk. Akan tetapi, sebelum memulai proses pemukulan daging harus dipotong terlebih dulu.

Kemudian, pukul daging menggunakan ulekan atau alat pemukul daging pada kedua sisi secara perlahan agar serat tidak terlalu hancur. Lakukan beberapa kali pukulan hingga teksturnya agak empuk.

Teknik ini biasanya bisa dilakukan pada daging sapi atau ayam yang memiliki serat cukup keras. Meski begitu, perlu menjadi perhatian untuk tidak terlalu banyak memukul daging, sebab menjadikan sari daging akan keluar dan membuat daging cenderung kering.

3 dari 11 halaman

Manfaatkan Panci Presto

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Jika kamu memiliki panci presto di rumah, maak alat ini bisa dimanfaatkan untuk membuat daging cepat empuk. Panci presto akan memproses pemasakan daging dengan tekanan tinggi, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memasak lebih cepat

Selain lebih praktis, penggunaan panci presto juga lebih menghemat gas dan lebih mudah untuk proses pemasakan dibanding menggunakan panci biasa.

4 dari 11 halaman

Rendam Daging dengan Teh

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Bahan alami seperti teh dapat dimanfaatkan untuk mengempukkan daging lebih cepat. Hal ini karena, adanya kandungan tanin diu dalam teh yang berfungsi untuk melunakkan serat dan otot pada daging.

Caranya mudah, gunakan teh hitam yang pekat lalu rendam daging di dalamnya selama kurang lebih 30 menit. Selain membaut aroma amis pada daging menghilang, tekstur daging akan lebih cept empuk sat dimasak.

5 dari 11 halaman

Lakukan Perendaman Daging dengan Jahe

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Selain teh, kamu juga bisa menggunakan jahe untuk mengempukkan daging dengan mudah. Di dalam jahe mengandung enzim proteolitik yang bisa membuat ikatan protein pada daging menjadi lebih mudah kendur dan membuat daging menjadi empuk.

Kamu hanya perlu melumuri daging dengan parutan jahe dan diamkan selama 30 menit. Kandungan jahe juga dapat mengurangi aroma prengus pada daging kambing lho!

6 dari 11 halaman

Daun Pepaya

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Cara ini banyak digunakan oleh penjual sate untuk membuat daging menjadi cepat empuk, yakni dengan menggunakan daun pepaya. Kamu hanya perlu ambil selembar daun pepaya, lalu jadikan pembungkus daging.

Jika sudah, diamkan selama 30 menit dan daging langsung bisa diolah. Semakin lama daging dibungkus, akan membuat empuk lebih cepat. Hal ini karena adanya getah daun pepaya yang memecah serat pada daging hingga bisa menjadikannya lunak.

7 dari 11 halaman

Buah Nanas

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Rasa segar buah nanas yang biasa dijadikan campuran es buah bisa juga dimanfaatkan untuk membuat daging cepat empuk lho! Kamu perlu menghaluskan nanas terlebih dulu.

Selanjutnya marinasi daging ke dalam nanas yang sudah dihaluskan. Namun, jangan terlalu lama melakukan marinasi ya, sebab rasa asam pada nanas akan memengaruhi rasa asli daging.

8 dari 11 halaman

Kulit Pisang

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Cara ini sangat simpel dan mudah di lakukan oleh para ibu rumah tangga. Pertama cuci daging hingga bersih.

Kemudian masukkan kulit pisang ke dalam oven bersama daging. Tunggu hingga matang, dan daging akan terasa lebih empuk.

9 dari 11 halaman

Pakai Api Kecil saat Memasak Daging

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Proses memasak daging tidak dianjurkan menggunakan api yang besar. Kamu bisa menggunakan api kecil saat merebusnya lho!

Cara ini bisa membuat daging empuk dan matang secara merata. Pastikan kamu merebus daging selama 30-40- menit saja.

10 dari 11 halaman

Pakai Teknik Merebus 5-30-7

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Banyak orang sudah membuktikan keberhasilan dari teknik merebus daging 5-30-7 ini. Caranya mudah, potong-potong daging terlebih dahulu dan bersihkan.

Kemudian rebus daging selama lima menit, lalu matikan kompor dan tutup rapat panci serta diamkan selama 30 menit.

Selanjutnya, rebus kembali daging selama 7 menit, cek tekstur daging ya! Selama menutup rapat daging hindari untuk membukanya hingga 30 menit berlalu ya. Metode ini juga dilakukan untuk merebus bahan lain agar lebih cepat matang atau empuk, contohnya memasak nasi menjadi bubur.

11 dari 11 halaman

Gunakan Santan

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Cara lain agar daging lebih cepat empuk adalah menggunakan santan. Kamu tentu sering menjumpai masakan aneka daging dengan santan bukan?

Nah, proses memasak dengan santan inilah yang mempercepat daging menjdi empuk. Caranya rebus santan terlebih dahulu selama 20-30 menit, lalu masukkan daging dan tunggu sampai terasa empuk.

Itu tadi beberapa tips agar daging cepat empuk saat diolah. Selamat mencoba!

Beri Komentar