Sebenarnya Aman Gak Sih Cuci Tangan Pakai Sabun Pencuci Piring?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 15 Desember 2021 18:03
Sebenarnya Aman Gak Sih Cuci Tangan Pakai Sabun Pencuci Piring?
Ternyata begini lho penjelasannya.

Sejak penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona 2019-nCoV mewabah di berbagai negara di dunia, badan kesehatan dunia WHO dan organisasi kesehatan dunia lainnya seperti CDC, mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bisa membantu pencegahan penularan virus penyebab penyakit, teman-teman. Namun, ada beberapa hal yang masih disayangkan saat cuci tangan.

1 dari 6 halaman

Kesalahan yang banyak dilakukan banyak orang adalah mencuci tangan menggunakan sabun cuci piring alih-alin sabun khusus cuci tangan. Bagi banyak orang penggunaan dua jenis sabun dianggap memiliki hasil yang sama.

Namun, benarkah tidak apa-apa mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan ini?

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Menurut ahli dermatologi (ilmu tentang kulit), Kally Papantoniu, sabun cuci piring memang ditujukan untuk mencuci peralatan makan dan memasak, namun boleh dipakai untuk mencuci tangan.

Mencuci tangan dengan sabun pencuci piring juga bisa membantu menyingkirkan bakteri dan kuman di tangan kita, kok. Kebanyakan sabun pencuci piring memiliki pH netral atau kadar keasamannya tidak tinggi, sehingga bisa digunakan untuk mencuci peralatan makan dan memasak, juga untuk mencuci tangan kita.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Di sisi lain, ada beberapa sabun pencuci piring yang memiliki kandungan yang bisa menghilangkan minyak alami di kulit, akibatnya jika terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun itu kulit tangan bisa menjadi kering.

Keadaan itu mungkin tidak memengaruhi kondisi kulit semua orang, tapi ada juga orang yang bisa mengalami kulit kering sampai eksim. Karenanya, ia harus memilih sabun cuci tangan yang tepat.

4 dari 6 halaman

Sebaiknya, seseorang yang kulitnya kering, sensitif, atau memiliki kondisi seperti eksim, memilih sabun yang formula yang lembut. Artinya, bahan pembuatannya tidak menghilangkan minyak alami di kulit dan membuat kulit kering.

Ada baiknya, teman-teman yang memiliki kulit kering, sensitif, atau eksim, tetap menggunakan sabun pencuci tangan untuk membersihkan tangan. Lebih baik lagi jika menggunakan sabun yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi mencuci tangan © Diadona

Sebaliknya, sabun pencuci tangan sebaiknya tidak digunakan untuk mencuci peralatan makan dan memasak. Jika memang digunakan, maka harus benar-benar dibilas berulang kali. Sebabnya, sabun pencuci tangan ada yang mengandung senyawa kimia seperti parfum, penghilang noda, atau pencerah.

Jika sabun tertinggal di peralatan makan dan memasak, maka bisa membahayakan orang yang menggunakannya karena senyawa dari sabun bisa tercampur dalam makanan dan ikut termakan.

Beri Komentar