8 Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi, Tetap Pulen dan Anti Bau

Reporter : Arifina
Kamis, 30 Maret 2023 16:17
8 Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi, Tetap Pulen dan Anti Bau
Ini nih solusi menanak nasi di rumah agar tidak cepat basi!

Nasi menjadi salah satu makanan pokok yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Namun, nasi yang tidak dimasak secara benar bisa mudah cepat basi dan menjadi tidak enak.

Jika kamu sering mengalami masalah seperti nasi terlalu basah, lembek atau terlalu kering, tentu saja hal tersebut dapat mengurangi nafsu makan. Cara menanak nasi yang salah pun juga bisa menjadikannya cepat basi.

Padahal, nasi dengan aroma dan rasa yang enak akan meningktkan nafsu makan. Nah, berikut diadona.id rangkumkan tips menanak nasi agar tidak cepat basi dari berbagai sumber untuk dicoba di rumah! Apa saja?

1 dari 8 halaman

Cuci Beras dengan Bersih

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Pastikan untuk mencuci beras dengan bersih. Kamu perlu melakukannya hingga 3 kali dan tidak lebih dari itu. Proses awal ini untuk menjaga kualitas nasi yang akan dimasak.

Cara melihat apakah beras sudah bersih adalah dari warna air cucian. Jika air masih keruh, kemungkinan masih ada kotoran yang tertinggal pada beras. Sebaliknya, jika air cucian beras sudah tampak jernih, maka kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

2 dari 8 halaman

Pastikan Takaran Air Pas untuk Menanak Nasi

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Penggunan air untuk memasak nasi di rice cooker penting untuk diperhatikan. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Pastikan air yang digunakan untuk membersihkan beras adalah air yang bersih. Biasanya, takaran air yang diperlukan adalah 1 ruas jari dari permukaan beras.

Terlalu banyak air akan membuat nasi lembek dan mudah basi. Sedangkan jika airnya kurang akan membuat nasi kering dan keras. Oleh karena itu, jangan sampai berlebihan dan pastikan penggunaan air tepat saat memasak nasi.

3 dari 8 halaman

Pastikan Rice Cooker Bersih

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Kebersihan rice cooker sangat penting untuk mencegah nasi cepat basi. Hindari menyimpan nasi dalam waktu yang lama di dalam rice cooker.

Sebaiknya dinginkan nasi yang sudah matang dengan mencopot colokan rice cooker dan membuka tutupnya. Kemudian, jika ingin memakan nasi hangat, dapat memanaskan kembali nasi tersebut.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rice cooker baik di bagian dalam maupun di bagian luar. Dengan begitu, nasi yang kamu buat akan lebih awet.

4 dari 8 halaman

Jangan Buka Rice Cooker saat Memasak Nasi

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Saat proses memasak nasi, jangan pernah membuka tutup rice cooker. Matang atau tidaknya nasi tergantung pada uap yang terbentuk di dalam rice cooker.

Jika tutup dibuka, besar kemungkinan nasi tidak akan matang sempurna, dan kamu harus menekan tombol " Cook" lagi, ini juga pada akhirnya dapat meningkatkan pemakaian listrik.

5 dari 8 halaman

Tambah Perasan Jeruk Nipis

Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Rice Cooker, Dijamin Pulen! © Diadona

Jeruk nipis dapat membuat nasi lebih tahan lama dan tidak cepat basi lho! Caranya, kamu bisa peras setengah buah jeruk nipis ke dalam 2-3 gelas beras yang telah dicampur dengan air.

Tenang saja, menambahkan perasan jeruk nipis tidak akan mengubah rasa nasi. Bahkan, air jeruk nipis dapat membuat nasi lebih harum dan mencegahnya lebih cepat basi karena sifat asamnya.

6 dari 8 halaman

Tambah Serai dan Bawang Putih

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Bahan masakan seperti serai dan bawang putih juga bisa menjadikan nasi lebih tahan lama dan tidak cepat basi. Kedua bahan ini juga bisa menambah aroma pada nasi.

Siapkan serai yang telah digeprek dan bawang putih yang telah dikupas. Campurkan kedua bahan ini ke dalam beras yang akan dimasak di rice cooker atau magic com. Setelah itu, masak sampai matang.

7 dari 8 halaman

Air Lemon dan Daun Pandan

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Menambahkan perasan air lemon dan irisan daun pandan ke dlam beras yang akan dimasak akan memngaruhi ketahanan nasi. Aroma dari daun pandan akan memberikan keharuman pada nasi, sedangkan air perasan jeruk lemon akan membantu mencegah nasi agar tidak cepat basi.

8 dari 8 halaman

Aduk Nasi Setelah Matang

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Begitu nasi matang, segeralah untuk mengaduknya dari bawah hingga ke atas. Hal ini agar nasi tidak menggumpal dan melepaskan uapnya.

Uap ini bisa membaut nasi yang disimpan jadi mudah basah. Karena itu, uap air yang dilepaskan ini akan membuat nasi lebih awet dan tidak mudah basi.

Itulah sederet tips menanak nasi agar tidak cepat basi, tetap pulen dan anti bau. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar