Bangun Siang Emang Nikmat, tapi Sederet Efek Buruk Ini Bisa Mengintai Kesehatan Kamu

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 9 Februari 2022 18:03
Bangun Siang Emang Nikmat, tapi Sederet Efek Buruk Ini Bisa Mengintai Kesehatan Kamu
Hayo, siapa nih yang suka bangun siang?

Bagi sebagian orang yang hobi tidur, bangun siang adalah salah satu hal yang biasa dilakukan. Bahkan mungkin bagi sebagian orang hal ini seakan menjadi kebiasaan. Entah itu karena tidur yang terlalu larut, atau memang susah bangun dari tidur.

Namun ternyata kebiasaan bangun kesiangan memberikan dampak buruk lho bagi kesehatan.Tubuh membutuhkan waktu beristirahat yang cukup dan sesuai. Sederet hal berikut ini dapat menjadi akibat jika kamu kebiasaan bangun siang, simak berikut ini deh!

1 dari 6 halaman

Kurang Bersemangat atau Lesu

Ilutrasi Malas di Jam Kerja © Diadona

kebiasaan bangun siang, akan membuatmu menjadi kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dan hal itu tentunya akan mempengaruhi pada kinerjamu.

Kurangnya gairah dan antusiasme dalam menyambut hari baru serta keinginan untuk bermalas-malasan tentunya akan berdampak buruk untuk kehidupanmu selanjutnya. Maka, jangan biasakan bangun siang ya!

2 dari 6 halaman

Sakit Kepala

Ilustrasi Sakit Kepala Sebelah © Diadona

Terkadang jika kita tidur siang terlalu lama, kepala akan mudah sakit, hal itu berlaku juga untuk seseorang yang memiliki kebiasaan bangun siang. Kondisi otak yang kurang fresh membuat seseorang yang sering bangun siang mudah sekali mengalami sakit kepala atau pusing. Hal itu tentunya akan sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

3 dari 6 halaman

Produktivitas Kerja Turun

Bangun siang membuat seseorang menjadi tidak bergairah dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sehingga kebiasaan buruk itu akan berdampak pada turunnya produktivitas kerjamu. Hal itu disebabkan karena di siang hari rata-rata seseorang mengalami penurunan metabolisme.

Di samping itu kebiasaan orang yang suka bangun siang, cenderung tidak memiliki tubuh dan pikiran yang segar. Untuk itu bangunlah lebih pagi agar tubuh dan pikiran kita senantiasa segar dan bersemangat.

4 dari 6 halaman

Sakit Punggung

Ilustrasi Sakit Punggung © Diadona

Nyeri pada punggung bisa mereda dengan beristirahat. Akan tetapi, terlalu lama tidur justru meningkatkan risiko sakit punggung. Tidur terlalu lama, terlebih pada posisi yang sama, seperti telentang, akan membuat tulang punggung menjadi kaku dan terasa nyeri.

Kurang tidur atau tidur terlalu lama sering disalahartikan. Meski kurang tidur tidak baik untuk kesehatan, tetapi tidur terlalu lama juga sama buruknya. Hal penting yang harus kamu ingat adalah kamu mendapatkan waktu istirahat sesuai dengan kebutuhan, yaitu selama 7/8 jam.

5 dari 6 halaman

Obesitas

Tidur lama seperti 9 hingga 10 jam dapat meningkatkan resiko munculnya obesitas. Ketika tidur terlalu lama, maka tubuh akan melewatkan waktu makannya. Hal ini seringkali membuat kita jadi makan berlebihan saat bangun nantinya.

Nah ternyata banyak juga ya dampak buruk jika kebiasaan bangun siang. Meskipun tidur emang nikmat banget, tapi jangan biasakan bangun siang ya guys. kamu dianjurkan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Bangun pagi akan membuat tubuhmu lebih segar dan produktivitas akan meningkat. Kamu pun memiliki lebih banyak waktu untuk beraktivitas. Keep Healthy!

Beri Komentar