Anak Selvi Kitty Terdiagnosa Penyakit Kawasaki, Apa Itu?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 15 September 2022 18:03
Anak Selvi Kitty Terdiagnosa Penyakit Kawasaki, Apa Itu?
Ternyata nggak cuman mereka motor aja ya yang namanya Kawasaki~

Penyakit kawasaki merupakan salah satu penyakit yang sering kali ditemukan menyerang anak. Sejumlah pesohor bahkan mengungkapkan penyakit ini pernah menyerang anak-anak mereka. Beberapa waktu lalu, pedangdut Selvi Kitty juga mengungkapkan penyakit kawasaki yang diidap anaknya.

Belum lama ini, aktor asal Malaysia, Amar Baharin juga mengungkapkan anaknya mengidapt penyakit kawasaki. Lantas, apa itu penyakit kawasaki?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Penyakit KawasakiIlustrasi Penyakit Kawasaki © Shutterstock.com

Dikutip dari laman Halodoc, (15/9) penyakit kawasaki adalah kondisi yang terutama menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Penyakit kawasaki ini juga dikenal sebagai sindrom kelenjar getah bening mukokutan, karena juga menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening dan selaput lendir di dalam mulut, hidung, mata dan tenggorokan.

CDC menuliskan, penyakit kawasaki atau sindrom kawasaki ini pertama kali dijelaskan di Jepang oleh Tomisaku Kawasaki pada 1967 dan kasus pertama di luar Jepang dilaporkan di Hawaii pada 1976.

2 dari 6 halaman

Gejala penyakit kawasaki yang menyerang anak

Anak yang didiagnosis menderita penyakit kawasaki, umumnya akan mengalami suhu tubuh tinggi yang berlangsung selama lima hari atau lebih. Gejala penyakit kawasaki dapat diikuti oleh ruam, pembengkakan kelenjar di leher, bibir kering dan pecah-pecah, merah di dalam mulut dan di belakang tenggorokan, tangan dan kaki bengkak, serta mata merah.

Gejala mungkin tidak terjadi bersamaan, sehingga penting berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis terkait gejala yang pernah dialami dan mungkin sudah hilang.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Penyakit KawasakiIlustrasi Penyakit Kawasaki © Shutterstock.com

Diberitakan Mayoclinic, tanda atau gejala penyakit kawasaki atau sindrom kawasaki lainnya yang mungkin dapat berkembang meliputi:

  • Sakit perut
  • Diare
  • Gampang tersinggung
  • Nyeri sendi
  • Muntah

Setelah beberapa minggu mendapatkan perawatan yang tepat, gejala penyakit kawasaki pada anak dapat mereda, tetapi bisa memakan waktu lebih lama pada beberapa anak dengan kondisi tertentu.

4 dari 6 halaman

Pengobatan penyakit kawasaki pada anak


Penyakit kawasaki selalu dirawat di rumah sakit, dan sebaiknya pengobatan dimulai sesegera mungkin. Kebanyakan anak sembuh tanpa masalah serius jika menerima pengobatan dalam waktu 10 hari sejak timbulnya penyakit.

Semakin cepat perawatan dimulai, maka semakin cepat waktu pemulihan dan kecil risiko komplikasi yang berkembang. Obat utama yang digunakan yaitu imunoglobulin intravena (IVIG), larutan antibodi, dan aspirin. Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit kawasaki, tapi para ilmuwan tidak yakin penyakit ini menular dari orang ke orang. Beberapa ahli berpikir penyakit kawasaki terjadi setelah infeksi bakteri atau virus, atau terkait dengan faktor lingkungan lainnya.

5 dari 6 halaman

Penyakit kawasaki dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi meradang dan bengkak, yang dapat menyebabkan komplikasi pada pembuluh darah yang memasok darah ke jantung (arteri koroner). Tanpa pengobatan, sekitar 1 dari 4 anak dengan penyakit kawasaki atau sindrom kawasaki ini dapat mengalami komplikasi jantung. Kondisi ini bisa berakibat fatal pada sekitar 2-3 persen kasus.

Oleh karena itu, penyakit kawasaki pada anak telah menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung pada anak di bawah 5 tahun di Inggris. Penyakit jantung yang didapat berkembang setelah lahir.

Beri Komentar