Daun Sirih Bisa Bantu Cerahkan Kulit dan Hilangkan Jerawat, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 12 September 2022 09:03
Daun Sirih Bisa Bantu Cerahkan Kulit dan Hilangkan Jerawat, Benarkah?
Daun yang mudah ditemui in ternyata punya manfaat bagus buat kesehatan kulit lho!

Daun sirih adalah salah satu tumbuhan yang mudah ditemui di sekitar kita. Meski tak banyak yang melirik, daun berwarna hijau ini ternyata memiliki khasiat untuk kulit wajah. Di antara manfaat daun sirih untuk wajah ini disebut-sebut dapat mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat. Benarkah demikian? Yuk cari tahu apa saja manfaat daun sirih untuk wajah!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Daun Sirih © Diadona

Daun sirih merupakan tanaman obat yang mudah dibudidayakan di rumah dan cukup popular di Asia. Tanaman ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi masalah kulit, termasuk di wajah. Tanaman ini mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti protein, iodin, hidroksiprolin, vitamin A, B1 dan B2, serta asam nikotinat.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Hue University Vietnam menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih bersifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antikanker. Biasanya ekstrak daun sirih terdapat dalam produk perawatan wajah alami seperti minyak esensial dan krim wajah. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk wajah yang mungkin belum kamu ketahui.

2 dari 6 halaman

Mencerahkan kulit wajah

Ilustrasi Daun Sirih © Diadona

Mengutip dari jurnal Cosmetics (2021), hiperpigmentasi kulit atau kelebihan produksi melanin (pigmen kulit) dapat menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam. Tak hanya itu, terkena paparan sinar matahari terus-menerus juga dapat menyebabkan kulit jadi mudah kusam dan timbul flek hitam.

Kabar baiknya, manfaat daun sirih untuk wajah dapat membantu mengembalikan kecerahan kulit kamu. Salah satu cara memutihkan wajah dengan daun sirih yaitu dengan menggunakan krim wajah yang mengandung ekstrak daun sirih dan bahan aktif lainnya.

3 dari 6 halaman

Tanaman ini mengandung protein dan vitamin A yang dapat menutrisi kulit wajah dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan hidroksiprolin pada daun sirih dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Beberapa kandungan aktif lain pada produk skincare yang memiliki manfaat sama seperti daun sirih yaitu hydroquinone dan krim retinoid.

4 dari 6 halaman

Mengatasi masalah jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah meningkatnya jumlah bakteri di wajah yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Journal of Biomedicine and Translational Research (2020) menyebutkan bahwa dalam pengobatan jerawat kita bisa mendapatkan manfaat antibakteri yang berasal dari bahan alami.

5 dari 6 halaman

Salah satu bahan alami tersebut bisa didapatkan dari tanaman obat seperti daun sirih. Dalam hal ini, manfaat daun sirih untuk wajah berperan penting karena bersifat antibakteri dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan patogen.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan produk skincare mengandung daun sirih yang dikombinasikan dengan bahan aktif lain seperti benzoil peroksida.

Beri Komentar