10 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis dan Terbaik, Paling Recommended nih!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 19 Oktober 2023 10:39
10 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis dan Terbaik, Paling Recommended nih!
Berikut ini deretan aplikasi pencatat keuangan gratis terbaik buat bantu kamu kelola pengeluaran

Mengatur keuangan dapat dikatakan susah-susah gampang untuk dilakukan. Beberapa orang bisa mengatur keuangannya sendiri, tapi sebagian juga mungkin membutuhkan bantuan. Salah satu yang bisa membantu adalah menggunakan aplikasi pencatat keuangan gratis

Aplikasi pencatat keuangan gratis ini akan membantu kamu mencatat dan membuat rekapan arus keuangan kamu dalam periode tertentu. Dengan ini, kamu nggak perlu lagi ribet hitung satu-satu karena sudah terintegrasi dalam satu sistem.

Kalau kamu sering mengalami masalah dengan pengeluaran, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi pencatat keuangan gratis yang tersedia. Aplikasi-aplikasi ini juga cukup mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang menarik.

Berikut adalah ulasan terkait aplikasi pencatat keuangan gratis yang bisa bantu kamu mengelola keuangan dengan baik. Simak ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Money Lover

Money Lover © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan gratis yang pertama adalah Money Lover. Aplikasi ini terbilang memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain itu, kamu juga dapat mengaksesnya secara gratis ataupun membayar.

Dilansir dari website Money Lover, aplikasi ini menawarkan fitur pencatatan transaksi harian, tracking uang bulanan, pengkategorian transaksi, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki desain yang menarik dan futuristik dengan grafik-grafik lucu yang nggak membosankan. Money lover adalah salah satu aplikasi pencatat keuangan gratis yang patut kamu coba.

Finansialku

Finansialku © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan gratis selanjutnya adalah Finansialku. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat premium dan profesional bagi penggunanya, Mulai dari mencatat, mengelola, dan merencanakan keuangan.

Berdasarkan website Finansialku, salah satu fitur yang spesial dari Finansialku adalah layanan konsultasi keuangan dengan ahli. Fitur ini cocok untuk kamu yang ingin merencanakan pendidikan, pensiun, investasi, asuransi, ataupun keuangan pernikahan. Kamu perlu membayar RP35.000 perbulan untuk bisa mengakses layanan konsultasi di Finansialku.

2 dari 6 halaman

Monefy

Monefy © Diadona

Monefy adalah sebuah aplikasi pencatat keuangan gratis yang membantu kamu dalam melacak dan mengelola keuangan mereka. Aplikasi ini memungkinkan pengelompokan transaksi ke berbagai kategori, menyediakan visualisasi data dengan grafik dan laporan yang membantu kamu memahami pola pengeluaran. 

Selain itu, Monefy sering memiliki fitur keamanan seperti penguncian dengan PIN atau sidik jari, serta sinkronisasi data antara perangkat yang berbeda. Terdapat versi gratis dengan fitur dasar dan versi berbayar dengan fitur tambahan, membuatnya cocok bagi kamu yang memiliki berbagai kebutuhan manajemen keuangan. 

Money+ Cute Expense Tracker

Money+ © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan selanjutnya adalah Money+. Kalau kamu suka tampilan dan ikon yang lucu dan menggemaskan, kamu akan suka aplikasi yang satu ini. Fungsinya sama dengan aplikasi pencatat keuangan lainnya, yaitu mencatat transaksi real time dan melakukan rekap serta analisis bulanan.

Memiliki desain dengan tema cute expense tracker, aplikasi ini memang memiliki warna dan tampilan yang unik cocok untuk kamu Gen Z. Kamu bisa mengkategorikan pengeluaran kamu dengan menggunakan ikon-ikon lucu pada Money+.

3 dari 6 halaman

Wallet

Wallet © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan gratis selanjutnya adalah Wallet:  Budget Planner Tracker. Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki fitur pencatatan keuangan yang serupa dengan aplikasi lain, seperti tracking, pengkategorian, pengelolaan budget, dan sebagainya.

Namun, yang paling spesial dari Wallet adalah kamu dapat menghubungkan dengan akun rekening bank atau kartu kredit kamu. Jadi, kamu bisa melihat berapa total balance (uang) yang kamu miliki saat ini. Wallet juga memiliki fitur rencana pencapaian dan reminder tagihan agar kamu nggak lewat jatuh tempo.

Spendee

Spandee © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan gratis selanjutnya adalah Spendee. Seperti aplikasi keuangan pada umumnya, Spendee membantu kamu untuk mencatat dan merekap arus keuangan kamu setiap bulannya. 

Hal yang menarik dari Spendee adalah kamu dapat menghubungkannya dengan dompet digital, rekening bank, ataupun krypto. Hal ini akan mencegah transaksi yang tidak tercatat karena Spendee akan langsung mengakses riwayat secara otomatis. Berdasarkan website Spendee, aplikasi ini juga dilengkapi fitur berbagai mata uang yang sangat cocok mengelola uang saat travelling ke luar negeri.

4 dari 6 halaman

DompetKu

DompetKu © Diadona

DompetKu merupakan salah satu aplikasi pencatat keuangan gratis yang bisa kamu jadikan opsi. Pasalnya, aplikasi ini tidak memiliki iklan jadi kamu bisa nyaman menggunakannya tanpa harus diganggu hal-hal tidak penting.

Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur multiple accounts. Kamu bisa menghubungkan dengan rekening, dompet digital, atau sumber pemasukan lain. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Google Drive, jadi kamu nggak perlu khawatir kehilangan data.

Buku Warung

Buku Warung © Diadona

Kamu pemilik usaha dan butuh aplikasi pencatat keuangan gratis buat usahamu? Buku Warung lah jawabannya. Aplikasi ini memang dirancang lebih khusus untuk para pelaku UMKM mengatur keuangannya.

Banyak sekali fitur yang ditawarkan di aplikasi ini, selain pembukuan dan pencatatan keuangan. Kamu juga bisa melakukan transaksi dan pembayaran melalui aplikasi ini. Kemudian, jika ada yang utang, kamu bisa gunakan fitur catat utang untuk reminder jatuh tempo.

5 dari 6 halaman

Sribuu

Sribuu © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan gratis selanjutnya adalah Sribuu. Dilansir dari website Sribuu, Sribuu adalah aplikasi untuk catat transaksi, track pengeluaran, atur budget, dan pasang tujuan keuangan. 

Di aplikasi ini, kamu bisa mencatat transaksi otomatis dengan menyambungkan akun e-wallet atau rekening kamu ke Sribuu. Selain itu, ada fitur smart recommendation buat kamu belajar investasi sesuai akvitias keuangan kamu.

Pennyworth

Pennyworth © Diadona

Aplikasi pencatat keuangan gratis yang terakhir adalah Pennyworth. Seperti yang lain, Pennyworth memiliki fitur pelacakan keuangan harian dan transaksi transfer kamu. Aplikasi ini mendukung banyak mata uang sehingga cocok untuk mengelola keuangan dari berbagai kurs.

Selain itu, tampilan aplikasi ini juga sederhana dan terlihat sangat professional. Laporan juga didesain canggih dan indah sehingga nyaman dan mudah untuk dibaca. 

Beri Komentar