12 Aplikasi Streaming Anime Lengkap dan Legal

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 16 Oktober 2023 12:06
12 Aplikasi Streaming Anime Lengkap dan Legal
Platform streaming anime lengkap dan legal untuk mengisi waktu luangmu.

Anime menjadi salah satu pilihan beberapa orang sebagai hiburan dan untuk mengisi waktu luangnya. Banyak sekali situs yang menyediakan layanan untuk streaming anime baik secara legal dan ilegal. Kamu mungkin bingung dimana situs streaming anime lengkap yang legal karena banyaknya pilihan yang ada di internet.

Ketika kamu ingin menonton anime, sebaiknya kamu melakukan streaming anime lengkap di situs yang legal. Jika menontonnya di situs ilegal bisa hal itu bisa membahayakan perangkat dan data yang kamu simpan, karena biasanya streaming di situs ilegal bisa membawa virus yang kemudian bisa membahayakan perangkat dan data personal kamu.

Nah, untuk menonton anime favorit kamu secara legal dan lengkap kamu bisa cek beberapa situs di bawah ini. Berikut adalah platform streaming anime lengkap yang bisa kamu gunakan untuk hiburan dan mengisi waktu luangmu.

1 dari 10 halaman

Crunchyroll

Aplikasi Crunchyroll © Diadona

Crunchyroll menyediakan cara yang nyaman dan legal untuk nonton streaming anime lengkap secara HD baik secara gratis maupun berbayar, kamu bisa berlangganan untuk menghilangkan iklan. Kebanyakan anime yang ada di Crunchyroll pasti sudah dilengkapi dengan subtitle, bahkan sekarang juga dilengkapi dengan dubbing yang lengkap. 

Kelebihan dari aplikasi Crunchyroll antara lain memiliki pilihan anime yang luas, streaming HD, banyak anime on going, terdapat series asli dari Crunchyroll, dan mendukung unduhan offline. Namun perlu kamu ketahui bahwa Crunchyroll hanya menyediakan beberapa opsi subtitle dan interfacenya agak berantakan.

2 dari 10 halaman

Tubi

Aplikasi Tubi © Diadona

Tubi adalah salah satu layanan streaming anime lengkap yang memiliki koleksi film dan series dari berbagai genre. Koleksi Tubi biasanya akan berubah setiap waktunya, namun kamu bisa menonton banyak anime terkenal seperti Naruto, One Punch Man, Jojo’s Bizarre Adventure, dan masih banyak lagi. Kamu bisa streaming nonton anime di Tubi secara gratis.

Kelebihan dari Tubi antara lain adalah merupakan platform streaming gratis, memiliki koleksi yang cukup lengkap, interface yang modern sehingga mudah digunakan, bisa membuat watchlist, dan bisa dikontrol oleh orang tua. Namun Tubi tidak memiliki opsi bebas iklan dan resolusi streaming maksimal hanya mencapai 720p.

3 dari 10 halaman

Hulu 

Aplikasi Hulu © Diadona

Hulu menyediakan banyak pilihan genre menonton salah satunya adalah anime dari yang keluaran terbaru hingga keluaran lama. Hulu sendiri merupakan salah satu platform streaming anime lengkap yang cukup populer karena lengkapnya koleksi yang Hulu miliki. Untuk menikmati streaming nonton anime di Hulu, bisa secara gratis maupun berlangganan.

Kelebihan dari Hulu antara lain adalah memiliki koleksi anime yang sangat lengkap, memiliki channel TV yang luas, dan tersedia hampir di semua perangkat streaming. Namun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu ingin menonton tanpa iklan kamu harus berlangganan, fitur mengunduh secara offline juga hanya tersedia untuk paket premium, dan kualitas streaming Hulu biasa.

4 dari 10 halaman

RetroCrush 

Aplikasi Retro Crush © Diadona

RetroCrush adalah salah satu layanan streaming anime lengkap gratis yang bisa kamu gunakan untuk menonton anime. Kamu bisa menonton semua anime yang ada di perpustakaan koleksi dan tidak tidak perlu melihat banyak iklan. Namun, RetroCrush hanya menyediakan beberapa pilihan anime saja karena tidak memiliki koleksi yang cukup lengkap.

Kelebihan dari RetroCrush antara lain merupakan platform streaming gratis, memiliki koleksi anime lama yang eksklusif, dan iklan yang sangat jarang muncul. Namun RetroCrush memiliki koleksi perpustakaan yang sedikit bahkan jika kamu sudah berlangganan premium dan tidak memiliki fitur komunitas dan aksesibilitas.

5 dari 10 halaman

Hidive

Aplikasi Hidive © Diadona

Hidive merupakan sebuah layanan streaming anime lengkap yang kurang dikenal oleh anime lovers, padahal Hidive juga menyediakan beberapa anime menarik yang bisa kamu tonton. Kelebihan Hidive antara lain memiliki beberapa anime eksklusif, tersedia subtitle dan dubbing, kamu bisa membuat ruang obrolan pribadi, dan kamu bisa membuat 3 profile dalam 1 akun. Namun Hidive tidak memiliki koleksi yang cukup lengkap dan kamu juga tidak bisa mengunduh video untuk ditonton secara offline.

Sushiroll 

Aplikasi Sushiroll © Diadona

Sushiroll adalah salah satu platform streaming anime lengkap yang bisa kamu gunakan untuk menonton anime favoritmu. Sushiroll sendiri adalah layanan streaming dari Genflix yang menyediakan beragam koleksi anime lengkap dengan subtitle dan dubbing bahasa Indonesia. Kelebihan dari Sushiroll adalah kamu bisa mengunduh anime favoritmu sehingga kamu bisa menontonnya secara offline.

6 dari 10 halaman

Bstation/Bilibili 

Aplikasi Bstation © Diadona

Bstation atau Bilibili adalah platform streaming anime lengkap yang berasal dari Tiongkok. Pada awalnya, Bstation atau Bilili merupakan situs ilegal, namun pada saat ini sudah bekerja sama dengan pemegang hak cipta sehingga bisa menghadirkan layanan streaming anime legal bagi penggunanya. Koleksi anime yang dimiliki Bstation atau Bilibili juga lengkap, kamu bisa menonton beberapa judul dan episode secara gratis namun jika kamu ingin menontonnya secara lengkap maka diharuskan untuk berlangganan.

iQIYI 

Aplikasi Iqiyi © Diadona

iQIYI adalah salah satu situs streaming anime lengkap yang sekarang menjadi salah satu platform streaming paling populer di Indonesia. iQIYI sendiri sebenarnya adalah platform streaming yang berbasis di China sehingga koleksinya lebih dominan berisi drama drama China. Namun sekarang, iQIYI juga menawarkan banyak koleksi anime yang bisa kamu tonton mulai dari koleksi anime klasik hingga yang terbaru seperti One Piece, Black Clover, The Promised Neverland, dan masih banyak lagi.

7 dari 10 halaman

VIU 

Aplikasi Viu © Diadona

Viu sebenarnya lebih dikenal karena memiliki koleksi K-Drama terbaru yang sangat lengkap, namun VIU sekarang juga bisa menjadi alternatif kamu untuk streaming anime lengkap. Koleksi anime di VIU cukup banyak, Viu memiliki beberapa koleksi anime populer disertai dengan subtitle seperti Attack On Titan, Detective Conan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mulai berlangganan untuk streaming tanpa diganggu iklan, kamu juga bisa mengunduh episode anime untuk ditonton secara offline.

Amazon Prime

Aplikasi Amazon Prime Video © Diadona

Amazon Prime bisa menjadi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk streaming anime lengkap dan menontonnya secara legal. Koleksi anime di Amazon Prime cukup lengkap dari anime klasik hingga anime terbaru dan juga memiliki koleksi genre film yang nggak kalah lengkapnya dari 200 negara. Namun untuk menikmati layanan Amazon Prime dan nonton anime favoritmu, kamu harus berlangganan Amazon Prime terlebih dahulu. 

8 dari 10 halaman

Netflix

Aplikasi Netflix © Diadona

Netflix menjadi salah satu platform streaming film yang paling populer di seluruh dunia, tentunya kamu juga bisa streaming anime lengkap karena Netflix juga memiliki koleksi anime yang patut kamu cek. Netflix sendiri memiliki judul-judul series baru setiap bulannya dan memiliki series original yang membuatnya lebih unggul dari platform streaming lain. Koleksi anime di Netflix juga cukup banyak dan lengkap, namun kamu harus berlangganan untuk menikmati layanan Netflix.

Kelebihan dari Netflix antara lain memiliki series original yang berkualitas tinggi, fitur di Netflix cukup lengkap dan nyaman digunakan, bisa unduh video sehingga bisa menontonnya secara offline, dan terdapat game ponsel gratis. Namun perlu kamu ketahui bahwa series di Netflix biasanya akan disusupi oleh iklan dan sedikit sekali informasi jika terjadi perubahan ketersediaan konten video.

9 dari 10 halaman

YouTube

Ilustrasi Youtube © Diadona

YouTube menjadi platform streaming video yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tidak banyak yang tahu namun kamu juga bisa menggunakan YouTube sebagai salah satu alternatif untuk streaming anime lengkap. Walaupun tidak memiliki koleksi anime yang lengkap, namun ada beberapa anime yang patut kamu cek dan tersedia di YouTube.

Nonton anime secara legal di YouTube bisa kamu lakukan dengan menontonnya di channel YouTube official. Beberapa channel YouTube yang bisa kamu cek antara lain MUSE Indonesia, Ani-One, dan masih banyak lagi.

Nah, jadi mau streaming anime lengkap di platform mana nih, Diazens?

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar