6 Cara Mengetahui Whatsapp Diblokir Oleh Orang Lain

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 16 Oktober 2023 11:12
6 Cara Mengetahui Whatsapp Diblokir Oleh Orang Lain
Alasan orang memblokir dan cara mengetahui whatsapp diblokir atau tidak, simak ulasannya!

Cara mengetahui whatsapp diblokir atau tidak mungkin penting untuk mengetahui apakah nomor kita diblokir oleh orang lain. Whatsapp memungkinkan kita untuk memblokir kontak orang lain karena berbagai alasan tertentu.

Dengan memblokir kontak lain, orang yang diblokir tidak akan bisa mengirim chat, memanggil, atau melihat status antar satu sama lain. Memblokir orang juga sangat privasi karena orang yang diblokir tidak akan menerima pemberitahuan bahwa dia diblokir. 

Nah, ada beberapa cara mengetahui whatsapp diblokir atau tidak oleh orang lain. Ini mungkin berguna apabila kamu tidak bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan pada salah satu kontak kamu. 

Jika kamu penasaran bagaimana cara agar kita tahu kalau kita diblokir di WA, simak ulasan berikut ini.

1 dari 7 halaman

Alasan Orang Memblokir Whatsapp

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Sebelum langsung ke cara mengetahui whatsapp diblokir, kamu perlu tahu dulu berbagai alasan mengapa orang memblokir kontak di whatsapp. Alasan mungkin dapat berbeda-beda setiap orang, namun beberapa yang paling umum antara lain:

  1. Kenyamanan Privasi

Salah satu alasan paling umum adalah kenyamanan privasi. Beberapa orang mungkin kurang nyaman dengan seseorang di kontak mereka dan ingin agar mereka mendapatkan privasi yang lebih.

  1. Kontak Mengganggu

Jika salah satu kontak mengirim chat yang dirasa mengganggu atau tidak penting, orang bisa saja memblokir kontak tersebut. Chat mengganggu yang dimaksud misalnya spam, penghinaan, pelecehan, dan lain sebagainya.

  1. Iri atau Tidak Suka Dengan Seseorang

Rasa iri dan tidak suka akan seseorang juga bisa saja mendorong orang memblokir orang lain di whatsapp. Rasa iri dan tidak suka sebenarnya manusiawi, maka dari itu beberapa orang memilih untuk memblokir daripada terus-terusan iri.

  1. Tidak Mau Berkomunikasi

Terakhir, alasan orang memblokir orang lain di whatsapp adalah karena tidak ingin terus berkomunikasi. Biasanya, alasan ini muncul setelah terjadi masalah antar satu sama lain, sehingga demi kenyamanan bersama maka saling memblokir.

Sebenarnya masih banyak alasan lain mengapa orang memblokir orang lain di whatsapp. Namun, itulah beberapa yang cukup umum terjadi pada orang-orang.

2 dari 7 halaman

Setelah mengetahui beberapa alasan orang memblokir kontak orang lain, berikut adalah cara-cara mengetahui whatsapp diblokir oleh orang lain atau tidak. Simak berikut!

Foto Profil Tidak Muncul

 

Foto Profil Tidak Muncul © Diadona

Cara mengetahui whatsapp diblokir yang pertama adalah foto profil kontak yang memblokir kamu tidak muncul. Ketika seseorang memblokir anda, maka masing-masing kalian tidak akan bisa melihat update foto profil satu sama lain. 

Foto profil akan otomatis hilang detik ketika memblokir kontak orang lain. Namun, foto profil yang tidak muncul nggak selalu kontak kamu diblokir. Bisa saja orang lain menggunakan setting menampilkan profil khusus kontak dan dia tidak menyimpan kontakmu.

3 dari 7 halaman

Pesan Yang Dikirim Bertanda Checklist

Pesan Yang Dikirim Bertanda Checklist © Diadona

Untuk cara mengetahui whatsapp diblokir atau tidak adalah mencoba mengirim pesan ke kontak yang kamu rasa memblokirmu. Jika pesan yang kamu kirimkan ternyata bertanda checklist / centang satu, maka bisa saja kontak kamu diblokir oleh orang tersebut.

Tanda centang satu di whatsapp menandakan pesan kamu tidak terkirim ke orang lain. Apabila pesan kamu tidak dikirimkan setelah sekian lama, bisa jadi kamu memang diblokir. Hanya saja, centang satu tidak selalu berarti kamu diblokir.

Jika orang tersebut tidak memiliki jaringan internet, kehabisan baterai, atau sedang tidak aktif di whatsapp, maka pesan kamu tetap tidak akan terkirim. Untuk memastikan kamu diblokir atau tidak, kamu dapat membandingkannya dengan meminta temanmu mengirim pesan di nomor yang sama.

4 dari 7 halaman

Tidak Bisa Ditelepon

 

Tidak Bisa Ditelpon © Diadona

Cara mengetahui whatsapp diblokir atau tidak selanjutnya adalah cobalah untuk menelpon kontak tersebut. Jika panggilan kamu tidak terhubung (calling / memanggil), maka bisa jadi kontak kamu diblokir.

Kamu bisa memastikannya dengan meminta temanmu untuk menelpon kontak tersebut. Apabila panggilannya berhasil tersambung, maka sudah dipastikan kamu diblokir. Namun, tidak dapat memanggil nggak melulu diblokir, bisa saja sedang berada di luar jangkauan.

5 dari 7 halaman

Kesulitan Invite Ke Grup

 

Ilustrasi Grup WhatsApp © Diadona

Cara mengetahui whatsapp diblokir selanjutnya adalah tidak bisa mengundang kontak ke grup whatsapp. Cobalah untuk membuat grup dan mengundang kontak yang kamu rasa memblokir kamu ke grup tersebut. Apabila kontak tersebut tidak bisa diinvite, maka bisa saja kamu diblokir.

Cek Story Whatsapp Kontak Tersebut

Ilustrasi Story WhatsApp © Diadona

Cara mengetahui whatsapp diblokir selanjutnya adalah mengecek pembaruan story whatsapp kontak tersebut. Beberapa orang mungkin saja sering update story, maka jika tiba-tiba story mereka tidak muncul, bisa saja kamu diblokir.

Namun, bisa saja orang tersebut tidak memperbarui story mereka maka dari itu tidak muncul. Kamu bisa membandingkan apakah story orang tersebut muncul di HP orang lain atau temanmu, jika muncul, sudah bisa dipastikan kamu diblokir. 

6 dari 7 halaman

Periksa Status Last Seen dan Online

 

Status Last Seen dan Online © Diadona

Cara mengetahui whatsapp diblokir selanjutnya yaitu memberikan apakah keterangan online dan last seen kontak tersebut. Kamu tidak bisa melihat status online dan last seen jika kamu diblokir.

Hanya saja, whatsapp sebenarnya memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mematikan status online dan last seen kamu agar orang lain tidak dapat melihatnya. Jadi, belum tentu kamu diblokir jika terjadi hal seperti ini.

Demikian beberapa cara mengetahui whatsapp diblokir oleh orang lain atau tidak. Jika 6 cara ini sudah terjadi di nomormu, kemungkinan besar orang lain telah memblokirmu. 

Jika anda merasa telah diblokir namun ingin menanyakan alasan atau mengkomunikasikan sesuatu, cobalah cara lain untuk menghubungi orang tersebut dan meminta agar pemblokirannya dibuka. 

Demikian ulasannya, semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar