7 Tips Menyimpan Ikan di Kulkas, Anti Busuk dan Bisa Awet Hingga Sebulan Lho!

Reporter : Arifina
Selasa, 28 Maret 2023 15:17
7 Tips Menyimpan Ikan di Kulkas, Anti Busuk dan Bisa Awet Hingga Sebulan Lho!
Menyimpan ikan di kulkas harus tepat agar tak cepat busuk.

Menyimpan ikan di kulkas adalah cara yang baik untuk menjaga kesegarannya dan mencegah kerusakan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan dalam menyimpan ikan yang benar.

Jika salah dalam proses menyimpan ikan di kulkas, bukan tidak mungkin akan menjadikannya cepat busuk dan memunculkan bau tak sedap. Oleh karena itu, menyimpan ikan perlu trik khusus agar tetap awet, segar dan tahan lebih lama hingga satu bulan.

Berikut ini tips menyimpan ikan di kulkas yang dirangkum diadona.id dari berbagai sumber dan bisa kamu coba di rumah!

1 dari 7 halaman

Bersihkan Ikan Sebelum Masuk Kulkas

Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan © Diadona

Membersihkan ikan merupakan langkah pertama yang kamu harus lakukan sebelum menyimpannya di kulkas. Kamu harus bersihkan mulai dari bagian dalam maupun bagian luar dengan benar ya!

Hal ini bertujuan agar bakteri atau kuman yang menempel pada ikan dapat dihilangkan dengan cepat. Dengan menjaga kebersihannya, maka ikan tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap ketika disimpan dalam kulkas untuk waktu yang lama.

2 dari 7 halaman

Simpan Ikan di Wadah Kedap Udara

 

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas © Diadona

Ikan akan lebih baik jika disimpan di dalam tempat khusus atau wadah kedap udara. Kamu bisa memanfaatkan wadah yang tertutup seperti toples atau kotak makanan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Cara ini akan membantu mencegah kontaminasai antara ikan dengan makanan yang lain di dalam kulkas, sehingga ikan tetap segar dan tahan lebih lama.

3 dari 7 halaman

Bungkus Ikan dengan Plastic Wrap

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas © Diadona

Jika menggunakan wadah kedap udara terlalu memakan tempat, kamu bisa menggantinya dengan plastik wrap. Caranya, bungkus ikan dengan plastik wrap sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Akan tetapi, pastikan plastik wrap yang kamu gunakan masih baru ya! Ini juga untuk menjaga kebersihan agar ikan tetap segar. Sebab jikia salah penyimpanan akan menjadikan kualitas ikan memburuk lebih cepat.

4 dari 7 halaman

Pastikan Suhu Kulkas Rendah

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas © Diadona

Mau ikan tahan lama di kulkas? Maka pastikan suhu kulkas tepat, hal ini berpengaruh agar ikan tidak cepat busuk dan tahan lebih lama.

Idealnya, ikan yang disimpan di kulkas hrus memenuhi suhu di bawah 4 derajat Celsius. Dengan begitu, dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga ikan tetap segar.

5 dari 7 halaman

Simpan Ikan dalam Bentuk Potongan

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas © Diadona

Sebaiknya ikan yang masih segar saat proses penyimpanan dipotong terlebih dahulu. Cara ini bisa kamu lakukan dengan membentuknya sebagai potongan per porsi sebelum memasukkan ikan di dalam kulkas.

Setelah itu, kamu dapat mengeluarkan ikan dari kulkas sejumlah yang dibutuhkan saja tanpa harus mencairkan seluruh ikan yang tidak digunakan. Hal ini dapat mencegah pembusukan pada ikan yang tidak digunakan lho!

6 dari 7 halaman

Masukkan Ikan di Posisi Paling Dalam dari Kulkas

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas © Diadona

Saat disimpan di kulkas, posisi peletakan yang tepat akan membantu ikan lebih tahan lama dan tetap segar. Oleh karena itu, kamu harus memastikan untuk menyimpan ikan di posisi paling dalam kulkas.

Hindari menaruh ikan di bagian pintu kulkas. Sebab, suhu pada bagian pintu kulkas cenderung tidak stabil dan langsung terpapar dengan udara luar yang bisa menjadikan ikan tersebut cepat busuk.

7 dari 7 halaman

Hindari Menyimpan Ikan dengan Makanan Berbau Menyengat

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Sebelum memasukkan ikan ke dalam kulkas, pastikan kamu sudah memisahkannya dari makanan berbau menyengat. Ini untuk menjaga kualitasnya agar tetap segar dan tidak tercampur dengan makanan lainnya.

Menjauhkan ikan dari bahan makanan berbau menyengat menghindari kontaminasai silang, sehingga ikan tetap segar dan tidak mudah cepat busuk deh!

Nah, itulah tadi sederet tips menyimpan ikan di kulkas dengan benar dan bisa lebih tahan lama hingga satu bulan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar