7 Cara Memilih Ikan Segar dan Sehat untuk Dikonsumsi, Jangan Sampai Keliru

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 9 September 2022 10:00
7 Cara Memilih Ikan Segar dan Sehat untuk Dikonsumsi, Jangan Sampai Keliru
Cara memilih ikan segar ini cukup penting ya guys. Jangan sampai keliru pilih ikan yang nggak baik untuk dikonsumsi.

Cara memilih ikan segar untuk kebutuhan konsumsi adalah skill dasar yang harus kamu miliki. Karena ini akan menentukan kualitas ikan yang nantinya akan kamu masak. Masak iya kamu mau memakan ikan yang nggak segar alias ikan yang sudah nggak layak konsumsi? hehehe

Maka dari itu, ada baiknya mari ketahui bareng-bareng cara memilih ikan segar sebelum kiat mengkonsumsinya. Ikan segar berkualitas akan sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Ya seperti yang kita tahu, ikan adalah sumber makanan yang penuh protein.

Diadona.id telah merangkum cara memilih ikan segar dari berbagai sumber. Tentu saj ainisemua bisa kamu jadikan referensi sederhana dalam berburu ikan di pasar atau di manapun sebelum kamu masak. So, yuk kita simak bareng-bareng beberapa caranya di bawah ini.

1 dari 7 halaman

1. Daging yang Kenyal dan Padat

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Cara memilih ikan segar yang pertama adalah dengan memperhatikan kondisi daging dari ikan tersebut. Ikan segar memiliki daging padat yang tidak lembek atau terasa kenyal.

Dalam cara memilih ikan segar ini kamu bisa mencoba untuk menekan dengan satu jari pada daerah tubuh ikan. Ikansegar tidak akan meninggalkan bekas setelah ditekan-tekan guys, catat.

2 dari 7 halaman

2. Mata yang Jernih

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Cara memilih ikan segar yang kedua adalah dengan melihat bagian mata secara seksama. Mata ikan yang segar tampak terang dan jernih dengan warna hitam di bagian tengahnya. Permukaannya pun terasa menonjol dan kenyal saat diraba.

Tapi ini nggak berlaku untuk semua jenis ikan ya. Beberapa ikan air tawar yang memang memiliki mata cenderung kusam, seperti ikan lele. Sedangkan, untuk ikan air laut dengan mata kusam meliputi ikan kakap dan kerapu.

3 dari 7 halaman

3. Tidak Berbau Menyengat

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Bau juga bisa menjadi indikasi dalam cara memilih ikan segar. Ikan segar berkualitas memiliki bau yang segar dan ringan. Bau yang menguar dari ikan segar tidak mengganggu penciuman ataupun terasa aneh.

Sebaliknya, jika bau aneh dan menyengat tercium dari ikan bisa dipastikan jika ikan tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

4 dari 7 halaman

4. Insang Berwarna Merah

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Kemudian, untuk cara memilih ikan segar adalah dengan melihat insangnya. Badan Riset dan SDM Kelautan Perikanan memaparkan, ikan segar dapat diketahui dari warna insang ikan. Ciri-ciri ikan segar kali ini yakni warna insang sedikit kemerahan dan berbau segar.

5 dari 7 halaman

5. Kulit dan Sisik yang Masih Menempel

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Kulit dan sisik juga bisa menjadi acuan dalam cara memilih ikan segar yang layak konsumsi. Kulit ikan segar berkualitas tampak mengilat dengan warna yang terang. Sisiknya pun masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik.

6 dari 7 halaman

6. Berlendir Bening

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Lalu, cara memilih ikan segar juga bisa dilihat dari lendir pada ikan. Ikan yang memiliki badan berlendir bening termasuk ke dalam kategori ikan sehat dan layak untuk dikonsumsi. Lendir di sini biasanya ada pada keseluruhan kulit ikan dan tidak berbau, ya Diazens.

7 dari 7 halaman

7. Tenggelam dalam Air

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Cara memilih ikan segaryang terakhir adalah dengan menaruhnya ke dalam air. Jadi, ikan yang tenggelam menandakan ciri-ciri ikan segar. Namun, berbeda dengan ikan yang cenderung busuk, nantinya akan mengapung di permukaan air.

Jadi itulah beberapa cara memilih ikan segar yang bisa kamu lakukan sebelum mengkonsumsinya. Pastikan ikan yang kamu konsumsi adalah ikan dengan kualitas baik ya. Kan gak lucu ya kalau sampai salah mengkonsumsi ikan yang sudah hendak busuk hehehe.

Beri Komentar