5 Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis dan Enak saat Diolah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 7 September 2022 05:27
5 Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis dan Enak saat Diolah
Mulai dari cara mencuci, menghilangkan sirip hingga menghilangkan insangnya adalah cara memebrsihkan ikan yang harus kamu kuasai.

Sebelum diolah menjadi berbagai masakan, ada pekerjaan yang lumayan berat dalam penanganan ikan yakni membersihkannya. Tak jarang kita mendapatkan ikan segar dalam keadaan belum dibersihkan, dan agar masakan kita tersaji dengan optimal, kita kudu tahu nih gimana cara membersihkan ikan agar tidak amis dan enak saat diolah.

Ikan biasanya dibersihkan bagian sisik, sirip, hingga bagian dlam tubuh ikan dan insang. Untuk memudahkan kamu, siapkan dulu peralatan yang kamu butuhkan yakni pisau, gunting, talenan dan jangan lupa air bersih mengalir. Langsung aja deh yuk kita cari tahu gimana cara membersihkan ikan agar tidak amis dan enak saat diolah.

1 dari 2 halaman

Bersihkan Sirip Ikan

Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis dan Enak saat Diolah © Diadona

Langkah pertama yang kudu dilakukan dalam cara membersihkan ikan agar tidak amis dan enak saat diolah yakni dengan membersihkan bagian sirip. Buat kamu yang belum tahu nih, sirip adalah bagian tubuh ikan yang letakny ada di punggung, dada, perut dan ekor ikan. Potong sirop menggunakan gunting atau pisau yang tajam.

Membersihkan Bagian Sisik

Lakukan dengan hati-hati ya karena sirip ikan sangat tajam. Menghilangkan sirip ikan sebagai cara membersihkan ikan agar tidak amis dan enak saat diolah ini sifatnya opsional dan hanya sebagai estetika saja kok. Sebab bagian ini kadang dibiarkan bila ingin menyajikan masakan ikan utuh yang cantik.

Bagian sisik ini bisa saja bagian yang paling sulit dibersihkan sebab ada beberapa ikan dengan sisik dengan tekstur yang keras.

Untuk membersihkannya, pertama letakkan ikan di atas talenan kayu agar ikan tak mudah bergeser saat kamu membersihkannya. Posisikan pisau miring ketika ingin membersihkan sisik ikan dengan mudah. Gunakan tangan yang dominan untuk membersihkan sisik ikan trus tangan satu lagi digunakan untuk memegang perut ikan.

2 dari 2 halaman

Membersihkan Insang Ikan

Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis dan Enak saat Diolah © Diadona

Untuk cara membersihkan insangan ikan biar ikan nggak mais nih, kamu bisa melakukannya dnegan menggunakan gunting. Pertama, buka dan tahan sisi penutup insang dengan menggunakan jempol. Trus gunting perut ikan dimulai dari bagian lubang perut hingga ke arah kepala.

Trus deh kamu bisa melihat agian tubuh ikan yang terhubung dengan bagian insangnya. Tarik organ tersebut berserta dengan insangnya, buang.

Cuci di Bawah Air Mengalir

Ini nggak cuman berlaku dalam cara membersihkan ikan agar tidak amis dan enak saat diolah aja, tapi juga dalam membersihkan apapun. Mencuci dengan air mengalir membuat bahan makanan jadi bersih dengan maksimal karena kotoran akan terbuang sepanjang aliran air.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa air bekas mencuci tersebut harus beneran masuk ke pembuangan dan jangan sampai terkena bahan lain. Sebab air ini nggakcuman mengandung kotoran tapi juga bakteri.

Lumuri dengan Garam dan Perasan Jeruk Nipis

Biar nggak amis nih biasanya ikan dilumuri dengan garam kasar yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Bagian ikan kemudian digosok dengan kedua bahan tersebut secara lembut. Trus diamkan beberapa saat dan cuci kembali dengan menggunakan air mengalir.

Bila tak segera diolah dan ingin disimpan di freezer, biasanya nih diletakkan potongan jeruk nipis ataujeruk lemon di dalam wadah ikan. Tujuannya sebagai pemberi asam yang akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ikan busuk.

Setelah ikan bersih, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai macam menu olahan ikan yang lezat, segar dan juga sederhana. Gampang banget kan? Nah setealh ini kamu tak perlu oanik lagi bila membeli ikan yang belum sempat dibersihkan.

 

Beri Komentar