21 Manfaat Minyak Ikan Salmon dan Hiu untuk Anak juga Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Rabu, 8 Januari 2020 17:45
21 Manfaat Minyak Ikan Salmon dan Hiu untuk Anak juga Ibu Hamil
Sudah tahukah manfaat apa saja yang terkandung dalam minyak ikan salmon dan hiu? Berikut Manfaat minyak ikan salmon dan hiu yang dapat kamu ketahui.

Minyak ikan merupakan hal biasa yang sudah kita konsumsi sejak kecil. Ingat ketika imunisasi di sekolah, kita juga diberi minyak ikan untuk dikonsumsi. Hal ini karena memang manfaat minyak ikan yang sangat baik untuk tubuh.

Minyak ikan juga dapat di dapat dari ikan salmon, ikan hiu, dan lain-lain. Dari ikan0ikan tersebut, kamu mendapatkan manfaat yang luar biasa jika dikonsumsi secara rutin. Berikut manfaat minyak ikan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan Salmon

ikan salmonikan salmon © rawpixel.com

Sudah banyak yang tahu jika ikan salmon sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan salmon ini tidak hanya diambil dagingnya saja, tapi juga minyak dari ikan salmon ini juga sangat bermanfaat. Berikut manfaat minyak ikan salmon.

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Penelitian menunjukkan bahwa lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak salmon dapat menekan respons peradangan tubuhmu dengan berbagai cara. Misalnya, itu dianggap mengurangi kadar bahan kimia proinflamasi yang diproduksi oleh sel-sel kekebalan tubuh. Jadi manfaat minyak ikan salmon didapat dari lemak Omega 3 yang menghambat respons peradangan tubuhmu dan dapat membantu mengelola gejala yang terkait dengan penyakit radang tertentu.

2. Dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh

Manfaat minyak ikan salmon berikutnya adalah menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak salmon dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi trigliserida dan meningkatkan kadar HDL (baik) kolesterol.

3. Dapat meningkatkan aliran darah

Lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak salmon dapat meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

minyak ikanminyak ikan © scitechdaily.com

4. Dapat mendukung perkembangan janin

Lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak salmon dapat memainkan peran penting dalam perkembangan otak janin dan fungsi kognitif pada anak-anak.

5. Dapat meningkatkan kesehatan otak

Asupan lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan salmon dikaitkan dengan penurunan risiko penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

6. Dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mata

Asupan lemak omega 3 yang mencukupi dari sumber-sumber seperti minyak salmon mendukung kesehatan kulit dan dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia tertentu.

7. Dapat membantu pemeliharaan berat badan

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen omega 3 dapat mendukung penurunan lemak, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian jangka panjang pada manusia.

ikan salmonikan salmon © rawpixel.com

8. Mengurangi tanda penuaan

Manfaat minyak ikan salmon mampu menghambat sel induk dan regenerasi sel penyebab penuaan. Rajin mengkonsumsi ikan salmon maupun suplemen minyak ikan, bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti flek hitam dan garis halus.

9. Mencegah rambut rontok

Jika kamu memiliki rambut yang sering rontok dan hampir botak, sebaiknya kamu menggunakan manfaat minyak ikan salmon untuk mengatasinya. Nutrisi yang ada pada minyak ikan ini dapat menjaga folikel pada rambut untuk selalu terstimulasi sehingga tidak mudah rontok.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

ilustrasi anak-anakilustrasi anak-anak © rawpixel.com

Tidak hanya orang dewasa, minyak ikan ini juga baik untuk anak-anak. Berikut adalah manfaat minyak ikan untuk anak.

1. Mencerdaskan anak

Kandungan omega 3 yang terkandung pada minyak ikan dapat meningkatkan koordinasi sistem organ pada bayi baru lahir. Selain itu, manfaat minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak, serta menghindarkan gangguan perkembangan otak, seperti hiperaktif.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Mengonsumsi minyak ikan secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang anak hingga usia tua. Sebab manfaat minyak ikan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

3. Menjaga otak berada pada kondisi sempurna

Manfaat minyak ikan ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental. Nutrisi yang terkandung pada minyak ikan dapat menjaga fungsi hormon aktif, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini membuat terhindar dari penyakit otak seperti demensia, skizofrenia, dan Alzheimer.

4. Membantu tumbuh kembang anak

Memberikan minyak ikan secara rutin ke anak dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Sebab kandungan omega 3 pada minyak ikan dapat membantu meningkatkan koordinasi sistem organ pada anak dan bayi baru lahir.

5. Mengatasi masalah kulit

Sering kali bayi dan anak-anak mengalami ruam pada kulit akibat alergi maupun bergesekannya kulit dengan pakaian. Mengkonsumsi minyak ikan, mampu meredakan masalah kulit pada bayi dan anak secara signifikan. Selain itu, minyak ikan juga dapat mencegah munculnya penyakit kulit seperti ekzema.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan Hiu

ikan hiuikan hiu © rawpixel.com

Tidak hanya ikan salmon, ikan lainnya yang dijadikan minyak adalah ikan hiu. Manfaat yang diberikan oleh minyak ikan hiu ini juga tidak kalah banyak. Berikut manfaat minyak ikan hiu yang harus kamu ketahui.

1. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Studi yang dilakukan di Amerika Serikat, orang yang mengkonsumsi tiga gram minyak ikan setiap hari selama 4 minggu, memiliki kekebalan tubuh yang baik saat terkena polusi udara. Jadi, buat kamu yang tinggal diperkotaan, sebaiknya rutin mengonsumsi minyak ikan.

2. Meningkatkan pembakaran lemak

Manfaat minyak ikan jika dibarengi dengan olahraga ternyata mampu menurunkan kadar lemak pada tubuh. Sebab, orang dengan berat badan berlebih dapat menyerap omega 3 lebih banyak. Bagian tubuh yang menyimpan lemak secara signifikan akan berkurang jika mengkonsumsi minyak ikan dan dibarengi dengan olahraga.

3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat minyak ikan hiu ternyata besar untuk kesehatan otak. Minyak ikan hiu mengandung hormon aktif yang dapat mencegah tubuh dari penyakit seperti demensia, skixofernia dan juga alzheimer.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © 2019 https://www.diadona.id / https://www.yoamoloszapatos.com/

Manfaat minyak ikan juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Meskipun banyak dari ibu hamil yang menghindari makanan laut karena kandungan merkuri yang tidak baik untuk janin. Tetapi sebanyak 39 ribu ibu hamil yang biasa mengonsumsi minyak ikan dan hidangan laut memiliki anak-anak yang tumbuh cemerlang.

Anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi 400 gr ikan setiap minggunya, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Mulai dari tutur bicara dan bahasa. Berikut adalah manfaat minyak ikan untuk ibu hamil yang dapat kamu ketahui.

1. Cegah gangguan pernapasan

Penelitian lain juga menunjukkan, wanita yang mengonsumsi minyak ikan pada trimester ketiga, dapat melindungi anak dari masalah pernapasan sejak kecil. Melansir Daily Mail, Kamis (9/11/2017), cara aman untuk menyantap ikan dan seafood adalah memperhatikan jenis dan porsi ikan yang boleh dan tak boleh dikonsumsi.

2. Membantu perkembangan janin

Salmon kaya akan kandungan DHA dalam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Dari sebuah penelitian anak yang lahir dari ibu yang rutin mengonsumsi suplemen omega 3 selama hamil, memiliki skor tinggi dalam tes pengembangan kognitif dan motorik. Hal inilah yang membuat manfaat minyak salmon sangat baik bagi ibu hamil.

3. Mencegah prematuritas

Kelahiran sebelum waktu usia kehamilan matang biasanya terjadi karena berbagai faktor. salah satunya yaitu faktor kesehatan ibu hamil. Dengan mengkonsumsi minyak ikan dapat mencegah ibu hamil dari risiko eklampsia dan pre eklampsia yang menyebabkan kelahiran prematur.

4. Meningkatkan kecerdasan bayi

Dalam minyak ikan mengandung DHA yang penting untuk pertumbuhan otak, mata dan juga sitem saraf pusat. Sehingga jika seorang ibu hamil rutin mengkonsumsi minyak ikan, maka tingkat kecerdasan anak yang dikandungnya akan bertambah.

Apakah kamu juga suka mengonsumsi minyak ikan? Bagaimana manfaat pada tubuhmu? Tulis ceritamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar