8 Tips Nastar Glowing, Sajian Kue Khas Lebaran yang Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Senin, 27 Maret 2023 16:07
8 Tips Nastar Glowing, Sajian Kue Khas Lebaran yang Menggugah Selera
Anti retak, ternyata membuat nastar glowing ada triknya nih!

Nastar, salah satu kue kering yang sangat populer di Indonesia. Kue kering berisikan selai nanas satu ini menjadi hidangan khas perayaan lebaran yang kerp dinantikan masayarakat.

Selain memiliki rasa yang enak,  manis, renyah di luar serta lembut di dalam, bentuk dari kue nastar yang glowing akan lebih menarik perhatian. Hai ini pula yang menjadikan sebagian besar masyarakat Tanah Air menyukai kue kering berwarna khas kuning mengkilap tersebut.

1 dari 9 halaman

Sayangnya, membuat nastar glowing dan tidak retak tidaklah mudah. Jika trik yang kamu gunakan kurang tepat, kue nastar justru akan berntakan dan tak enak dipandang.

Nah, menyambut lebaran nanti, berikut diadona.id rangkumkan tips membuat nastar glowing supaya tampilannya jadi menarik dan memukau yang bisa kamu coba di rumah dilansir dari berbagai sumber. Apa saja sih?

2 dari 9 halaman

Kuning Telur dan Mentega

Tips Nastar Glowing © Diadona

Salah satu cara membuat kue nastar supaya tampilannya menarik dan anti retak adalah bergantung pada adonan olesan yang akan dipakai. Kamu bisa memakai sebaganyak 3 butir kuning telur, 10 gram adonan nastar, dan 1 sendok teh mentega cair.

Campuran bahan-bahan tersebut akan membuat warna nastar merata dan terliht menarik lho!

3 dari 9 halaman

Campur Adonan Olesan dengan Minyak Goreng

Tips Nastar Glowing © Diadona

Membuat nastar tampak glowing berkaitan dengan proses membuat adoanannya lho! Nah, salah satu tips menarik yakni, tambahkan minyak goreng ke dalam adonan olesan.

Jika biasanya hanya memanfaatkan beberapa butir kuning telur saja, dengan menambah minyak goreng dapat membuat proses pemolesan lebih mudah. Hasilnya pun memberikan efek mengkilap pada nastar dan tidak retak deh!

4 dari 9 halaman

Pakai Telur Bebek atau Telur Omega untuk Olesan

Tips Nastar Glowing © Diadona

Kalau mau makin kuning menyala untuk kue nastar di hari lebaran nanti, kamu bisa memakai telur bebek atau telur omega sebagai bahan olesan dibandingkan dengan telur ayam biasa.

Warna kuning dari jenis telur ini akan membuat nastar tampak lebih kekuningan dan glowing.

5 dari 9 halaman

Pakai Pewarna Makanan Kuning

Tips Nastar Glowing © Diadona

Selain telur dan minyak goreng, kamu juga bisa nih menambahkan pewarna makanan kuning sebagai olesan nastar. Hal ini agar kue yang kamu buat memiliki warna yang lebih cerah dan cantik.

Menggunakan pewarna makanan juga lebih ekonomis daripada menggunakan kuning telur lho! Terutama jika kamu bikin nastar untuk diproduksi dalam jumlah besar.

6 dari 9 halaman

Manfaatkan Susu Kental Manis

Tips Nastar Glowing © Diadona

Susu kental manis ternyata cukup efektif untuk digunakan sebagai campuran olesan nastar lho! Bahan ini dapat memberikan rasa yang lembut serta membuat olesan nastar terlihat lebih halus.

Namun, jika tidak memiliki susu kental manis, susu cair pun bisa digunakan sebagai pengganti agar kue nastar warnanya kuning mengkilap. Bahan ini juga dapat membantu mencegah olesan nastar pecah atau retak.

7 dari 9 halaman

Simpan Adonan di Wadah Tertutup

Tips Nastar Glowing © Diadona

Ternyata proses penyimpanan adonan nastar yang kurang tepat akan mempengaruhi hasil kue yang kamu buat lho! Sebaiknya, simpan adonan nastar di dalam wadah tertutup apabila tidak langsung akan dimasak.

Cara ini akan membuat adonan nastar tidak rusak ketika dibentuk dan saat proses pengovenan berlangsung.

8 dari 9 halaman

Perhatikan Suhu Oven

Tips Nastar Glowing © Diadona

Selain penyimpanan adonan yang tepat, proses pengovenan  juga menentukan hasil kue nastar buatanmu berwarna kuning mengkilap dan cantik.

Karena itu, saat proses pengovenan nastar harus dilakukan dua kali dengan suhu rendah. Cara ini agar nastar tidak mudah retak dan bisa awet hingga berbulan-bulan.

9 dari 9 halaman

Oleskan saat Nastar Masih Setengah Matang

Ilustrasi Kue Nastar Nanas © Diadona

Cara mengoleskan warna kuning ke kue nastar juga harus tepat lho Diazens! Dianjurkan, untuk mulai mengoles nastar dalam keadaan setengah matang agar mendapati hasil glowing yang berwarna kuning mengkilap.

Dengan begitu nantinya kamu akan mendapati hasil kue nastar yang glowing dan anti retak. Jangan lupa perhtikan juga cara mengolesnya agar merata, dan gunakan kuas yang ukurannya sesuai dengan nastar yang kamu bentuk.

Nah, itulah deretan tips membuat nastar glowing dan anti retak yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar