Deretan Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Berukuran Kecil yang Mudah Dipelihara

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 25 Agustus 2021 12:00
Deretan Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Berukuran Kecil yang Mudah Dipelihara
Jenis ikan hias mana nih yang paling kamu suka?

Jenis ikan hias air tawar sangatlah beragam. Ada yang berukuran besar dan juga ada yang berukuran kecil, untuk yang berukuran kecil itu cukup banyak yang memelihara. Selain karena tidak membutuhkan tempat yang besar, perawatan ikan hias yang berukuran kecil itu cenderung lebih simpel.

Untuk perihal warna atau pun keindahan, jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil tentunya juga sangat beragam dan relatif banyak warnanya. Sebut saja ikan-ikan seperti Koi, Cupang, Guppy, Lemon, dan beberapa ikan yang warna-warni lainnya.

Misal, kamu ingin memelihara ikan hias air tawar untuk sekadar hobi ataupun usaha, mungkin kamu harus mengetahui beberapa jenis-jenisnya terlebih dahulu. Nah, berikut Diadona telah merangkum jenis-jenis ikan hias air tawar berukuran kecil dari berbagai sumber. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1 dari 7 halaman

1. Ikan Koki

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.

Meskipun sudah sangat populer, ikan mas Koki masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Tapi ya juga ada yang hingga ratusan ribu, tegantung jenis, ukuran, dan usianya.

2. Ikan Koi

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Jenis ikan hias selanjutnya adalah ikan Koi. Jenis ikan ini juga cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Tapi, kebanyakan ikan ini dipelihara di kolam langsung dari pada di dalam akuarium.

Ikan yang memiliki pertumbuhan cukup cepat ini memiliki warna-warna yang sangat cantik yang bisa membuatnya menjadi sangat mahal jika diperjual belikan. Besar ukuran dari ikan ini juga menjadi salah satu faktor unggulan.

2 dari 7 halaman

3. Ikan Cupang

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Nggak kalah populer dengan ikan Koki ataupun Koi, Ikan Cupang juga merupakan jenis ikan hias yang juga sangat populer. MUlai dari kalangan anak-anak hingga orang tua banyak yang memelihara ikan yang memiliki ekor serta sirip yang sangat indah ini.

Umumnya, ukuran ikan ini sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh sampai 12,5 cm. Untuk pemeliharaanya, sebaiknay iakn cupang di pisah sendiri-sendiri karena akan saling melukai kalau di jadikan satu tempat hehe.

4. Ikan Guppy

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Jenis ikan hias selanjutnya adalah Ikan Guppy. Ikan Guppy memiliki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena ikan ini memiliki ukuran yaitu kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor.

Oh iya, ikan ini aslinya hanya ada di Amerikan Selatan. Namun, karena ikan ini memiliki kemampuan mudah beradaptasi di berbagai lingkungan, kemudian ikan ini tersebar ke berbagai penjuru dunia.

3 dari 7 halaman

5. Ikan Molly

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Ikan Molyy adalah jenis ikan hias yang berukuran cukup kecil dan imut. Juga, ikan ini bisa dipelihara dalam jumlah yang cukup banyak dalam sebuah akuarium. Dicampur dengan ikan hias lain pun, ikan Molly juga bisa.

Ikan ini juga memiliki harga yang ramah kantong. Yakni hanya berkisar ribuan hingga puluhan ribu aja. Tapi, masalah dari ikan ini hanya satu, yakni induknya suka memakan anak-anaknya jika tidak ada banyak vegetasi untuk ikan muda bersembunyi.

6. Ikan Komet

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Ikanesia.id

Ikan komet yang memiliki nama latin Carrassius Auratus. Jenis ikan hias ini kerap disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekor ikan ini seperti slayer. Ikan komet juga memiliki warna yang sangat cantik.

Entah seperti apa asal-usul ikan ini dinamai ikan Komet. Ikan ini mempunyai tubuh yang ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang yang melambai saat berenang.

4 dari 7 halaman

7. Ikan Platy

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Ikan Platy memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki banyak sekali jenisnya. Ukurannya yang kecil dan sifatnya yang 'cinta damai', membuat banyak orang memilih ikan ini menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium.

Selain itu jenis ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit. Harga ikan platy juga sangat murah, yaitu sekitar Rp1.000 sampai 2.000-an saja.

8. Ikan Manfish

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Ikanesia.id

Ikan manfish adalah jenis ikan hias ini sangat mudah dipelihara karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Bentuk ikan manfis ini juga bagus dan berbeda dari yang lain yakni badan yang pipih dan sirip yang memanjang.

Juga, ikan ini mempunyai warna yang cukup banyak dan indah. Harga untuk ikan manfish ini juga relatif murah kok. Cocok sih kalau mau dibuat mengisi akuarium yang minimalis.

5 dari 7 halaman

9. Ikan Neon Netra

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Ikan Neon Netra adalah jenis ikan hias yang sifatnya yang berkoloni atau membentuk gerombolan. Oleh karena itu, ikan ini sangat cocok untuk dipelihara dalam jumlah yang banyak.

Bagian unik dari ikan ini adalah sisiknya yang mempunyai zat bioluminesen, yang mana bisa mengeluarkan cahaya. Selain bisa dipelihara sejenis, jenis ikan hias ini juga bisa dijadikan pelengkap untuk ikan hias lainnya.

10. Ikan Lemon

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Ikanesia.id

Sesuai namanya, jenis ikan hias Lemon ini mempunyai warna kuning terang. Hal itu sangat terlihat mencolok karena sirip dari ikan ini berwarna hitam. Meskipun terlihat begitu menggemaskan, ikan ini ternyata relatif agresif loh.

6 dari 7 halaman

11. Ikan Zebra

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Ikan Zebra adalah jenis ikan hias yang sangatlah mungil. Ikan yang mempunyai warna yang menyerupai kulit zebra dan memiliki panjang maksimal 7 sentimeter. Seperti ikan hias kecil lainnya, ikan ini adalah tipe yang berkoloni atau bergerombol.

Apabila hendak memelihara ikan ini disarankan membelinya paling sedikit 5 ekor. Hal ini untuk mengantisipasi stres pada ikan yang mengakibatkan ikan ini mati. Kan sayangnya kalau udah beli tapi mati hehe.

12. Ikan Swordtail

Jenis Ikan HiasJenis Ikan Hias © Shutterstock.com

Ikan Swordtail atau Ekor Pedang adalah jenis ikan hias yang punya sirip panjang di sisi perutnya yang menyerupai pedang karena itu dinamakan ikan ekor pedang. Namun, bagian runcing seperti pedang tersebut hanya ada pada ikan jantan.

Jadi itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil dan mudah dipelhata tentunya. Semoga ulasan sederhana di atas tersebut bisa berguna buat kita semua ya!

Beri Komentar