14 Tips Mengolah Daging Sapi agar Empuk, Gak Alot dan Hemat Gas

Reporter : Aditia
Senin, 19 Juni 2023 16:41
14 Tips Mengolah Daging Sapi agar Empuk, Gak Alot dan Hemat Gas
Tips mengolah daging sapi agar lebih empuk dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, misalnya dengan asam lemon, cuka, hingga kopi. Cepat dan efektif bikin alot hilang!

Tips mengolah daging sapi cukup mudah dan hanya membutuhkan beberapa bahan yang kerap ada di dapur. Apalagi buat kamu yang suka memasak besar seperti rendang hingga kari. Salah satu yang menjadi tantangan dalam memasak daging adalah teksturnya yang alot.

Daging yang alot biasanya terjadi karena daging lebih banyak mengandung serat daripada lemak. Salah satu faktor yang menyebabkan daging punya banyak serat adalah umur sapi hingga cara penyimpanan yang kurang tepat. Misalnya meletakkan daging sapi ke dalam freezer atau cara memotong daging yang salah.

Nah, daripada bingung gimana cara masak daging sapi yang benar. Intip tips mengolah daging sapi yang satu ini biar gak sulit menikmati hidangan daging sapi kamu!

1 dari 15 halaman

1. Jeruk Nipis

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Tips mengolah daging sapi yang pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung asam yang bisa melunakkan daging. Selain itu jeruk nipis juga bisa menghilangkan rasa amis.

Caranya cukup mudah, siapkan 3 buah jeruk nipis atau secukupnya, sesuaikan dengan banyaknya daging yang ingin kamu masak. Peras jeruk lalu lumuri pada bagian daging hingga merata.

Diamkan selama 1 hingga 2 jam. Lalu, bilaslah daging dengan air bersih, lalu siap untuk direbus atau dimasak sesuai selera.

2 dari 15 halaman

2. Santan

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Banyaknya olahan gulai di Indonesia rupanya karena santan termasuk salah satu jenis bahan masakan yang bisa membuat daging cepat empuk. Gak jarang, daging kerap dibuat masakan pakai santan seperti rendang, kalio, gule, hingga kari. Namun, ada tips mengolah daging sapi tersendiri supaya olahagan gulai santan dagingmu makin empuk dan gak alot nih.

Caranya cukup mudah, pertama peras santan dari kelapa tua, usahakan jangan terlalu banyak menyampurkannya dengan air agar santan tetap kental. Sesuaikan jumlah takaran santannya dengan banyaknya daging sapi.

Rebus santan terlebih dahulu selama 20 hingga 30 menit. Jangan lupa sambil aduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, baru masukkan daging, aduk rata, tunggu hingga daging matang dan empuk.

3 dari 15 halaman

3. Daun Pepaya

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Bagi kamu yang ingin tahu tips mengolah daging sapi tanpa disantan, ada tips mengolah daging sapi biar empuk dan matang sempurna menggunakan daun pepaya. Gak perlu khawatir dengan rasa pahit, karena daun pepaya justru bikin daging kamu chewy dan empuk.

Caranya mudah banget, siapkan daun pepaya secukupnya, remas daunnya hingga getahnya keluar. Bungkus daging sapi dengan daun pepaya hingga tertutup sempurna. Diamkan selama 30 menitan saja. Setelah itu, daging sapi siap diolah menjadi berbagai masakan.

4 dari 15 halaman

4. Nanas

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Selain jeruk nipis, nanas juga bisa digunakan untuk tips mengolah daging sapi jadi empuk karena kandungan asamnya.

Caranya juga simple banget, blender secukupnya buah nanas hingga halus, gunakan untuk merendam daging selam 1 hingga 2 jam. Setelah didiamkan, cuci daging dan siap diolah jadi masakan lezat.

 

5 dari 15 halaman

5. Baking Powder atau Soda

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Tips mengolah daging sapi lainnya adalah dengan menggunakan baking powder. Baking powder bekerja dengan cara melemaskan urat-urat daging sehingga jadi mudah empuk.

Cara penggunaannya, siapkan 1/2 sendok teh baking powder untuk setengah kilo daging, takaran lain bisa disesuaikan dengan jumlah daging. Kamu juga bisa menambahkan bumbu marinasi, diamkan selama semalaman penuh di kulkas. Daging siap diolah keesokan harinya.

 

 

6 dari 15 halaman

6. Garam Laut

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Tips mengolah daging sapi juga bisa pakai garam laut. Garam laut dapat mengeluarkan air yang mengikat protein daging sehingga terasa lebih empuk.

Langkahnya, taburi garam pada permukaan daging lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Apabila sudah selesai didiamkan, siram dan cuci dengan air hangat. Daging pun siap diolah.

7 dari 15 halaman

7. Masak dengan Api Kecil

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Tips mengolah daging sapi lainnya adalah memasak dengan api kecil. Salah satu fakta unik saat mamasak daging, semakin besar api yang digunakan, maka daging sapi jadi mudah keras. Sebaliknya, api kompor yang kecil justru akan membuat tekstur daging sapi lembut dan tidak alot.

Selain itu, memasak daging dengan api kecil juga akan membuat bumbu rempah jadi meresap dengan sempurna

8 dari 15 halaman

8. Pukul Daging Sebelum Dimasak

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Tips mengolah daging sapi selanjutnya adalah dengan cara memukul daging sebelum dimasak. Cara ini dapat meregangkan serat-serat pada daging penyebab rasa ulet atau alot. Gunakanlah alat pemukul daging dengan alas talenan. Pukul merata dan tidak terlalu kencang agar daging tidak kehilangan protein.

9 dari 15 halaman

9. Panci Presto

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Tips mengolah daging sapi agar empuk dan matang merata lainnya dengan menggunakan presto. Presto memang didesain khusus dengan panas tekanan tinggi untuk membuat daging empuk.

Tipsnya, rebus daging dengan panci presto selama 30 hingga 1 jam. Diamkan hingga uap keluar baru buka tutupnya. Ingatlah untuk tetap hati-hati saat menggunakan presto, karena uapnya bisa meledak apabila kamu salah cara membuka tutupnya.

10 dari 15 halaman

10. Potong Berlawan Arah Serat

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Salah satu tips mengolah daging sapi agar empuk dan tidak alot adalah memotong daging dengan berlawanan arah. Cara ini dijamin efektif untuk melumpuhkan urat dan serat daging agar tidak keras saat dimasak.

Supaya lebih cepat memasaknya, potonglah daging jadi lebih tipis agar dagingnya lebih cepat matang.

 

11 dari 15 halaman

11. Cuka

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Salah satu jenis asam lainnya yang bisa dipakai untuk tips mengolah daging sapi agar empuk adalah cuka. Kamu juga bisa menggunakan cuka apel atau cuka yang ada di dapurmu untuk melembutkan tekstur daging.

 

12 dari 15 halaman

12. Kopi

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Kopi juga bisa lho digunakan untuk membuat daging lunak. Tips mengolah daging sapi juga sangat mudah karena hanya menggunakan bahan yang hampir selalu ada di setiap dapur rumah tangga.

Caranya, seduh beberapa sendok kopi atau secukupnnya hingga kental, diamkan sampai dingin. Rendamlah daging dengan air kopi selama 24 jam. Daging pun siap diolah keesokan harinya dan memiliki aroma yang lebih sedap ketika dimasak.

13 dari 15 halaman

13. Cola

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Salah satu bahan yang tak banyak orang tahu dalam melembutkan daging adalah cola. Kandungan soda dan asam pada cola dapat menjadi katalis untuk melunakkan otot-otot daging.

Caranya cukup merendam daging dengan cola selama kurang lebih 30 menit sebelum diolah menjadi masakan.

14 dari 15 halaman

14. Lemon

Tips Mengolah Daging Sapi © Diadona

Sama seperti jenis bahan asam lainnya, lemon juga efektif untuk tips mengolah daging sapi dan membuat daging jadi lebih lunak dan mudah diolah. Asam dalam lemon akan memecah serat protein dalam daging sehingga menghilangkan tekstur alot dalam daging.

Beri Komentar