8 Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas, Anti Menghitam dan Segar Lebih Lama

Reporter : Arifina
Jumat, 9 Juni 2023 18:30
8 Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas, Anti Menghitam dan Segar Lebih Lama
Menyimpan kentang kupas harus tepat biar tetap awet ya!

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dijadikan pilihan untuk membuat berbagai masakan. Selain sebagai menu makanan sehari-hari, kentang biasanya dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan.

Karena itulah, sebagian orang memilih untuk menyimpan kentang yang sudah dikupas untuk menghemat waktu ketika dibutuhkan. Sayangnya, persoalan yang sering ditemui adalah proses penyimpanan kentang yang keliru.

1 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas © Diadona

Tak ayal, alih-alih mendapati kentang yang masih segar, justru terdapat bintik hitam dan busuk. Karenanya, proses menyimpan kentang kupas harus benar agar saat digunakan tetap fresh.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menyimpan kentang yang sudah dikupas. Simak yuk!

2 dari 9 halaman

Cuci Bersih Kentang

Tips pertama yang dengan mduah dilakukan adalah mencuci kentang dengan air mengalir hingga bersih. Sebab, kentang memiliki kandungan

Caranya, rendam kentang hingga muncul buih-buih kusam di permukaan. Setelah itu cuci kembali secara berulang-ulang dengan air mengalir. Hal ini agar kandungan tepung pada kentang larut dan membuat warnanya tetap segar meski didiamkan dalam waktu yang lama.

3 dari 9 halaman

Rendam di Air Dingin

Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas © Diadona

Ini menjadi salah satu cara yang mudah untuk menyimpan kentang kupas, yakni merendamnya di air dingin. Rendam kentang bersama dengan beberapa es batu.

Kondisi air dengan temperatur rendah ini dapat memperlambat proses oksidasi pada kentang. Sehinggam kesegarannya dapat bertahan lebih lama hingga 6 jam.

4 dari 9 halaman

Rebus Kentang di Air Mendidih

Tips lainnya agar kentang tidak berubah warna kehitaman dan cepat busuk adalah merebusnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Siapkan air mendidih, lalu rebus kentang yang sudah dikupas dalam 1-2 menit saja.

Setelah itu rendam kentang yang sudah direbus ke air dingin. Ini untik menghentikan proses pemasakan kentang agar tidak lembek saat diolah menjadi makanan.

5 dari 9 halaman

Gunakan Air Garam dan Kapur Sirih

Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas © Diadona

Air garam dan kapur sirih ampuh untuk membuat kentang tidak berubah warna kehitaman. Caranya, larutkan dua sendok makan garam halus dan satu sendok makan air kapur sirih ke satu liter air.

Kemudian rendam kentang yang telah dikupas ke dalam larutan tersebut. Selain menghindari perubahan warna, proses ini dapat menjadikan rasa kentang lebih gurih ketika diolah menjadi makanan lho!

6 dari 9 halaman

Rendam dengan Air Lemon

Sifat asam yang dimiliki air lemon ampuh untuk mencegah kentang berubah warna kehitaman setelah dikupas. Kamu bisa mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam air secukupnya dan rendam kentang beberapa saat.

Namun, jangan terlalu banyak memberi air lemon agar tidak memengaruhi rasa terhadap kentang yang akan diolah ya!

7 dari 9 halaman

Simpan Dalam Freezer

Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas © Diadona

Untuk mendapati kentang kupas yang awet lebih lama hingga beberapa bulan, maka disarankan untuk menyimpan di dalam freezer. Masukkan ke dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi aroma bahan makanan lain di kulkas.

Namun, untuk penyimpanan ini tidak dianjurkan mencuci kentang yang sudah dikupas. Dengan begitu, kentang akan awet hingga tiga bulan.

8 dari 9 halaman

Jauhkan dari Sayuran Busuk

Hindari menyimpan kentang yang sudah dikupas di dekat sayuran busuk. Simpanlah secara terpisah agar tidak saling terkontaminasi.

Sebab, kentang adalah bahan makanan yang sangat rentan busuk jika berdekatan dengan bahan makanan lainnya.

9 dari 9 halaman

Baluri dengan olive Oil

Tips Memilih Kentang yang Bagus © Diadona

Olive oil dipercaya dapat memperlambat proses oksidasi pada kentang. Bahan ini bisa digunakan untuk menyimpan kentang yang sudah dikupas.

Caranya, potong-potong kentang yang sudah dikupas ke dalam kantong plastik. Lalu, tuangkan olive oil secukupnya. Pastikan tidak ada udara yang masuk di dalam kantong plastik, dan simpan di kulkas hingga 24 jam.

Itulah sederet tips menyimpan kentang yang sudah dikupas, semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar