Tips Merebus Daging 5.30.7, Empuk Sempurna dan Juicy Banget!

Reporter : Arifina
Senin, 12 Juni 2023 16:47
Tips Merebus Daging 5.30.7, Empuk Sempurna dan Juicy Banget!
Tips merebus daging 5.30.7 merujuk pada waktu memasak daging selama 7 dan 5 menit dengan api menyala dan 30 menit dengan api mati. Hasilnya, daging empuk namun irit gas!

Memasak daging untuk mendapati rasa empuk yang sempurna susah-susah gampang. Jika salah teknik, daging yang kamu masak justru kan alot dan tidak enak disantap.

Nah, salah satu cara yang bisa digunakan agar hasil daging yang dimasak empuk sempurna adalah dengan merebusnya dengan teknik 5.30.7. Banyak orang sudah membuktikan keberhasilan dari teknik merebus daging ini.

1 dari 7 halaman

Tips Merebus Daging 5.30.7 © Diadona

Hasil daging pun akan terasa empuk sempurna, juicy dan tentunya hemat gas lho! Dengan menggunakan teknik 5.30.7 ini, memasak daging juga hemat waktu.

Cara ini cocok banget digunakan bagi para ibu rumah tangga yang tidak memiliki panci presto di rumah. Selain untuk daging, teknik ini juga bisa digunakan untuk merebus kacang hijau lho.

Metode 5.30.7 ini dapat dilakukan dengan tiga langkah sebagai berikut:

2 dari 7 halaman

Rebus Selama 5 Menit

Angka 5 pada teknik merebus daging 5.30.7 dalah durasi perebusan daging di tahap awal. Di mana, merebusnya cukup selama 5 menit saja di api sedang.

Sesuaikan juga besaran api dengan kapasitas daging yang digunakan. Termasuk, penggunaan panci untuk merebus ya!

3 dari 7 halaman

Diamkan 30 Menit

Langkah berikutnya, setelah merebus selama 5 menit maka kamu harus mendiamkan daging dengan api mati selama 30 menit. Dalam proses pendiaman daging, pastikan untuk tidak membuka tutup panci.

Hal itu untuk menghindari adanya uap yang keluar melalui celah-celah tutup panci. Dengan begitu. Proses pemasakan daging akan berjalan sempurna.

4 dari 7 halaman

Rebus Kembali Selama 7 Menit

Terakhir, untuk angka 7 di teknik merebus daging 5.30.7 adalah durasi untuk merebus kembali setelah didiamkan selama 30 menit. Kamu wajib merebusnya lagi selama 7 menit.

Proses ini untuk memaksimalkan tekstur daging agar lebih empuk. Untuk memastikan tingkat kematangan, kamu bisa mengecek tekstur dagingnya sebelum diangkat ya!

5 dari 7 halaman

Tips Merebus Daging 5.30.7 © Diadona

Selain daging, teknik 5.30.7 ini dapat pula digunakan untuk jenis bahan makanan lainnya. Di antaranya, kikil, babat, jengkol, ubi, ketupat, sagu mutiara, kacang hijau.

Kemudian, bisa juga untuk merebus ceker ayam, daging ayam, beras untuk lontong, hingga ketupas lho!

6 dari 7 halaman

Proses memasak daging agar empuk juga bisa dilakukan dengan cara lainnya. Seperti, teknik perendaman daging dengan buah-buahan.

Kamu bisa menggunakan, kiwi, nanas, daging pepaya dan pir. Jenis buah-buiahan tersebut memiliki kandungan enzim protease yang dapat memecah protein daging dan menjadikannya empuk.

7 dari 7 halaman

Caranya pun mudah, cukup haluskan saja salah satu di antara buah-buahan yang kamu miliki di rumah. Lalu balurkan ke daging yang akan direbus, diamkan selama 2 sampai 3 jam sebelum proses pemasakan ya!

Memasak daging bisa cepat empuk dengan kombinasi teknik memsak serta penggunaan bahan-bahan pengempuk. 

Itulah sederet tips merebus daging dengan teknik 5.30.7. selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar