9 Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah, Empuk dengan Cepat dan Anti Ribet

Reporter : Arifina
Selasa, 1 Agustus 2023 17:17
9 Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah, Empuk dengan Cepat dan Anti Ribet
Ini nih cara memasak kacang hijau yang empuk dengan mudah dan tidak pecah.

Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang banyak diolah menjadi berbagai macam hidangan. Sebut saja, bubur kacang hijau, kolak kacang hijau, es kacang hijau dan lainnya.

Rasa manis dan tekstur kacang hijau yang empuk membuat makanan satu ini digemari. Namun, seringkali masalah yang dialami saat memasak kacang hijau adalah kondisi pecah dan hancur.

1 dari 10 halaman

Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah © Diadona

Butir kacang hijau yang pecah tentu membuat teksturnya kurang menarik dilihat dan mengurangi kenikmatan saat memakannya. Kacang hijau yang cantik bisa bikin tampilan masakan seperti kolak pisang dengan kacang hijau jadi menarik. Karena itu, memasak kacang hijau agar tidak pecah harus dilakukan dengan tepat.

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak kacang hijau tidak pecah, simak yuk!

2 dari 10 halaman

Pilih Jenis Kacang Hijau Berkualitas

Sebelum mulai memasak, kiranya perlu memperhatikan kondisi kacang hijau yang dipunya. Pastikan, kamu memiliki kacang hijau yang berkualitas ya!

Pilih jenis kacang hijau yang segar, memiliki kulit yang mulus dan tidak berbintik-bintik. Jika jenis kacang hijau rusak maka akan memengaruhi proses memasaknya.

3 dari 10 halaman

Rendam Kacang Hijau dengan Air

Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah © Diadona

Penting banget untuk merendam kacang hijau sebelum mulai memasaknya. Rendam kacang hijau sekurang-kurangnya minimal 3 jam hingga semalaman.

Semakin lama kacang hijau direndam dalam air, maka proses memasaknya lebih cepat dan tekstur akan cepat lunak.

4 dari 10 halaman

Masak dengan Api Kecil

Saat mulai memasak kacang hijau, pastikan kamu menggunakan api kecil dan aduk sesekali. Cara ini akan membuat kacang hijau matang secara merata dan tidak pecah.

Jika kamu memasak dengan api besar justru dapat menjadikan kacang hijau cepat mendidih dan menyebabkan pecah.

5 dari 10 halaman

Perhatikan Takaran Air

Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah © Diadona

Memasak bubur kacang hijau sangat perlu memperhatikan air. Biji kacang hijau perlu serapan air yang cukup banyak agar bisa mekar dan empuk.

Sehingga, perhatikan selalu takaran air saat saat merebus kacang hijau, jika mulai surut tapi si kacang belum mekar maka tambahkan air secukupnya. Rebus hingga kacang hijau mekar dan terasa empuk.

6 dari 10 halaman

Didihkan Air Terlebih Dahulu

Ini salah satu trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat kacang hijau cepat empuk. Kamu bisa mendidihkan air terlebih dulu.

Kemudian, baru masukkan kacang hijau yang siap dimasak setelah melalui proses perendaman. Cara ini akan lebih cepat melunakkan kacang hijau lho!

7 dari 10 halaman

Tambahkan Gula dan Garam saat Kacang Hijau Mekar

Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah © Diadona

Jangan terburu-buru menambahkan gula dan garam saat proses memasak kacang hijau ya! Namun, masukkan kedua bahan tersebut ketika kacang hijau sudah mekar.

Karena asal memasukkan gula dan garam justru memengaruhi tingkat kematangan kacang hijau.

8 dari 10 halaman

Rebus dengan Daun Pandan atau Jahe

Merebus kacang hijau bersama daun pandan atau jahe cukup berpengaruh pada proses memasaknya. Apalagi saat kamu merebusnya untuk membuat bubur kacang hijau. Selain itu, penggunaan dua bahan ini akan menjadikan aroma lebih harum pada kacang hijau lho!

Sebab, biasanya jika tanpa daun pandan atau jahe, kacang hijau akan berbau lagu. Tentunya, bau ini akan membuat kurang nyaman saat memakannya ya!

9 dari 10 halaman

Cukup Rebus Selama 7 Menit

Tips Memasak Kacang Hijau Tidak Pecah © Diadona

Memasak kacang hijau hingga empuk rupanya hanya dilakukan dalam waktu singkat. Kacang hijau hanya butuh direbus selama 7 menit agar matang sempurna.

Jika terlalu lama dimasak, tekstur kacang hijau justru menjadi hancur.

10 dari 10 halaman

Diamkan Dahulu Usai Direbus

Jika kacang hijau sudah direbus selama 7 menit, selanjutnya matikan api dan jangan langsung diangkat. Namun, biarkan panci rebusan kacang hijau tetap tertutup selama 30 menit.

Cara ini agar proses memasak tetap berlanjut walaupun api kompor sudah mati. Selain itu, kacang hijau akan bisa matang sempurna dan tetap hemat gas.

Itulah sederet tips memasak kacang hijau tidak pecah, semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar