6 Tips Bolu Karamel Bersarang Banyak, Empuk dan Lembut

Reporter : Arifina
Selasa, 11 Juli 2023 20:07
6 Tips Bolu Karamel Bersarang Banyak, Empuk dan Lembut
Ini nih tips membuat bolu karamel bersarang banyak

Bolu karamel atau biasa juga dikenal sebagai kue sarang semut memiliki cita rasa yang menggugah selera. Berwarna kecokelatan dengan tekstur yang bersarang menjadikan kue yang satu ini cocok dijadikan sebagai suguhan makanan yang nikmat.

Namun, membuat kue karamel bersarang banyak ukup tricky. Selain itu, harus dibarengi dengan menjadikan rasa karamelnya kental dengan membuatnya dari bahan utama gula pasir yang dilelehkan. Nah, berikut diadona.id rangkumkan tips membuat kue karamel yang bersarang banyak dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Perhatikan Bahan Adonan

Tips Bolu Karamel Bersarang Banyak © Diadona

Bahan adonan menjadi kunci utama untuk membuat kue karamel bersarang banyak berhasil. Bahan untuk membuat kue ini tidak banyak kok, di antaranya margarin, telur, gula pasir, susu kental manis, tepung (tepung terigu dicampur maizena atau tepung kanji, soda kue, dan baking powder.

Pastikan kamu tidak skip di salah satunya. Bisa juga menambahkan kenari atau kismis sebagai topping ya!

2 dari 6 halaman

Pastikan Tidak Mengaduk AdonanTerlalu Lama

Saat proses mencampur adonan seperti telur, karamel, tepung dan yang lainnya disarankan untuk tidak diaduk terlalu lama. Sebab, akan menyebabkan adonan mengembang dan berpengaruh tidak munculnya bentuk sarang semut.

Sebaiknya, jika adonan dirasa sudah tercampur rata langsung berhenti ke tahap selanjutnya.

3 dari 6 halaman

Saring Adonan

Tips Bolu Karamel Bersarang Banyak © Diadona

Biasanya saat proses mencampur adonan akan muncul bentuk-bentuk gumpalan karena kurang tepat saat mengaduk. Namun, tak perlu khawatir, kamu hanya perlu memisahkan saja adonan kue sarang semut ini.

Saring bagian adonan yang menggumpal agar terpisah dengan adonan lain. Sehingga kamu bisa gunakan adonan kue yang halus.

4 dari 6 halaman

Beri Olesan Margarin dan Tepung pada Panci

Kalau kamu tidak menggunakan oven, maka pastikan panci yang kamu gunakan untuk mengukus sudah diolesi margarin dan tepung. Cara ini dilakukan agar kue tidak gosong dan mudah dilepaskan.

Oleskan merata margarin dan tepung secukupnya pada panci. Lalu, tuang  adonan dan lanjutkan proses memasak.

5 dari 6 halaman

Gunakan Loyang Sebagai Tatakan

Tips Bolu Karamel Bersarang Banyak © Diadona

Siapkan loyang saat proses memasak kue karamel yang bersarang. Loyang ini bisa dimanfaatkan sebagai tatakan agar api tidak langsung menyentuh bagian bawah panci.

Ini untuk menghindari kue gosong agar matang sempurna dan bersarang.

Beri Komentar