8 Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis, Anti Bau dan Makin Lezat Disantap

Reporter : Arifina
Selasa, 4 Juli 2023 17:07
8 Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis, Anti Bau dan Makin Lezat Disantap
Tips memasak cumi agar tidak amis yakni dengan menambahkan berbagai bahan alami seperti baking soda, jeruk nipis, asam jawa, daun jeruk dan masih banyak lagi.

Cumi-cumi salah satu seafood yang banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air. Rasanya yang gurih dan kenyal seakan membuat masakan berbahan utama cumi-cumi memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Sayangnya, dalam proses pengolahan cumi-cumi menjadi hidangan tidaklah mudah. Jika salah memasak cumi, cumi bisa alot dan cumi memunculkan bau amis yang membuat selera makan menjadi berkurang.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan tips memasak cumi agar tidak amis yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

Rebus dengan Daun Jeruk

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis © Diadona

Merebus cumi-cumi dengan daun jeruk bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau amis. Caranya pun cukup mudah, cukup direbus dahulu beberapa saat.

Hal ini untuk membuang amis dan sisa kotoran pada cumi-cumi. Setelah itu, disaring dan buang kotorannya, barulah cumi siap untuk diolah menjadi hidangan masakan.

2 dari 8 halaman

Cuci Bersih dengan Air Mengalir

Sebelum memasak cumi-cumi dianjurkan untuk mencucinya dengan air mengalir sampai bersih. Cara ini untuk membantu membersihkan bagian-bagian dari cumi yang memunculkan bau amis.

Bersihkan dengan menggosok-gosok permukaan cumi-cumi hingga tidak berlendir ya!

3 dari 8 halaman

Pisahkan Bagian Kepala dan Badan Cumi

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot © Diadona

Tips lainnya untuk menghilangkan bau amis pada cumi-cumi adalah dengan memisahkan bagian kepada dan badannya. Buang bagian kepala cumi terlebih dahulu.

Lakukan perlahan dengan memegangi bagian ekor dan kepala, lalu tarik. Berhati-hatilah agar kantung tinta cumi tidak pecah.

4 dari 8 halaman

Beri Perasan Jeruk Nipis

 Selain menghilangkan kotoran, jeruk nipis juga ampuh untuk menghilangkan bau amis pada cumi-cumi lho!

Cuci cumi-cumi hingga bersih, lalu beri perasan jeruk nipis dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci kembali hingga bersih.

5 dari 8 halaman

Gunakan Asam Jawa

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot © Diadona

Asam jawa juga dapat membantu menghilangkan bau amis pada cumi-cumi. Caranya pun mudah, lumurkan saja asam jawa dan garam pada cumi sembari diremas-remas.

Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Asam jawa dipercaya lebih cepat menghilangkan bau amis pada cumi dibandingkan jeruk nipis lho!

6 dari 8 halaman

Lumuri dengan Garam dan Soda Kue

Bersihkan cumi terlebih dahulu, kemudian poting sesuai selera. Masukkan 1 sendok makan soda kue dan garam secukupnya.

Remas-remas hingga cumi berbusa dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih mengalir sebelum dimasak ya!

7 dari 8 halaman

Buang Bagian Tinta Hitam

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis © Diadona

Tinta hitam pada cumi-cumi adalah salah satu pemicu bau amis. karena itu, agar dapat menikmati cumi-cumi tanpa bau menyengat buanglah bagian tintanya yang terdapat di bagian kepala.

Jika kamu berhasil menarik kepala cumi-cumi biasanya akan ada kantung kecil yang berisikan tinta hitam tersebut. Bersihkan, dan jangan sampai tintanya meluber ke bagian daging cumi-cumi ya!

8 dari 8 halaman

Beri Parutan Jahe

Bahan masakan seperti jahe juga cukup ampuh untuk menghilangkan bau amis pada cumi-cumi lho! Caranya pun mudah, cukup haluskan jahe dan lumurkan pada cumi-cumi secara merata.

Diamkan sejenak, dan cuci bersih cumi yang sudah dilumuri jahe. BArulah, cumi siap untuk diolah menjadi masakan.

Itulah sederet tips memasak cumi agar tidak bau amis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar