5 Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 September 2023 08:53
5 Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli
Perbedaan di antara iPhone Inter, iBox dan distributor terdapat pada garansi hingga kuliats produk, harga dan aksesorisnya.

Sebelum membeli, pastikan kamu udah tahu perbedaan antara iPhone inter, iBox dan juga distributor. Sebab hal ini akan berpengaruh pada garansi dan keaslian produk.

iPhone dapat dikatakan sebagai salah satu merk smartphone paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Saat ingin membeli IPhone, kamu perlu mengetahui apa perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor sebab banyak orang masih belum mengetahui hal ini.

Selain itu, kamu juga harus tau perbedana antara iPhone asli dan palsu. Sebab saat ini banyak bermunculan replika iPhone yang bentuknya mirip dengan ponsel canggih besutan Apple ini namun dengan kualitas berbeda.

Untuk itu, jika kamu ingin membeli IPhone, Diadona telah mengulas apa saja Perbedaan IPhone Intern, IBox, dan Distributor. Check this out!

1 dari 6 halaman

Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor © Diadona

Apa Itu IPhone Inter, IBox, dan Distributor?

Sebelum lanjut ke perbedaan, kamu harus tahu dulu nih apa sih IPhone Inter, IBox, dan Distributor itu. Simak ya!

Pertama, IPhone Inter adalah produk IPhone yang dijual secara resmi oleh Apple luar negeri yang dapat digunakan di seluruh dunia. IPhone Inter juga adalah produk bekas yang berasal dari luar negeri.

Kedua, IPhone IBox adalah IPhone yang dijual oleh distributor resmi di Indonesia. Karena produknya resmi, tentu IPhone yang dijual di IBox sudah dipastikan original.

Terakhir, IPhone Distributor adalah produk IPhone yang dijual oleh pihak-pihak yang bukan bagian resmi dari jaringan Apple. Kamu harus hati-hati karena belum bisa dipastikan bahwa produk yang dijual adalah produk yang asli.

2 dari 6 halaman

Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor © Diadona

Berikut ini lima perbedaan di antara ketiga jenis iPhone tersebut

Harga

Salah satu indikator pembeda yang harus kamu tau dalam membedakan IPhone Inter, IBox dan distributor adalah dari segi harga.

IPhone IBox: harga iPhone iBox akan cenderung lebih tinggi atau lebih mahal dari yang lain. Hal ini karena IBox adalah distributor resmi produk Apple di Indonesia, sehingga mereka perlu membayar bea cukai.

Harga IPhone IBox juga cenderung lebih stabil, jadi kamu nggak perlu khawatir akan naik-turun harga yang drastis.

IPhone Inter: IPhone Inter (Internasional) biasanya didistribusikan secara tidak resmi, sehingga tidak melalui proses bea cukai yang benar.

Hal ini membuat harga IPhone Inter relatif lebih murah dan bervariasi tergantung negara dan kurs negara kamu membelinya.

IPhone Distributor: Memiliki harga yang cenderung sangat murah dibandingkan IPhone IBox dan Inter.

Hal ini perlu diwaspadai karena terdapat itu bahwa beberapa distributor tidak resmi ini menawarkan barang yang palsu.

3 dari 6 halaman

Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor © Diadona

Garansi

Perbedaan IPhone IBox, Inter, dan Distributor selanjutnya yang cukup penting adalah terkait ketentuan garansinya. Lalu apa saja garansi IPhone yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Iphone IBox memiliki garansi resmi dari Apple atau garansi TAM. Dilansir dari website resmi IBox, garansi IBox mencakup kesalahan dan cacat pabrik serta jasa perbaikan sesuai ketentu yang berlaku. Lalu, garansi resmi inipu dapat kamu klaim di seluruh IBox yang ada di Indonesia.

Berbeda dengan IBox, IPhone Inter dan IPhone Distributor tidak memiliki garansi resmi dari Apple yang sama dengan ketika kamu membelinya dari IBox. Untuk itu, ketika terjadi masalah dan kerusakan mungkin kamu akan memerlukan bantuan layanan pihak ketiga untuk mengatasinya atau mengurusinya sendiri.

4 dari 6 halaman

3. IMEI

Dilansir dari THALES, IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor seri unik untuk mengidentifikasi sebuah perangkat yang dimiliki oleh seluruh perangkat di dunia. Cara mengecek IMEI pada iPhone sangat mudah dilakukan.

Perbedaan IPhone Inter, IBox, lain yang perlu kamu tahu yaitu terkait IMEI.

IMEI iPhone © Diadona

IPhone IBox sudah dapat dipastikan memiliki IMEI resmi yang terdaftar di Kementrian Perindustrian (Kemenperin). Itulah mengapa IPhone IBox sedikit lebih lama keluar karena harus melewati beberapa pengujian resmi. Dengan IMEI resmi, kamu dapat menggunakan IPhone tanpaharus khawatir SIM terblokir.

Beda halnya dengan IPhone Inter dan Distributor, jenis ini tidak memiliki IMEI resmi dari Kemenperin karena tidak melalui proses bea cukai yang sesuai. Hal ini akan beresiko terjadinya masalah pada IPhone kamu, misalnya fungsi menjadi lebih terbatas ataupun terblokirnya kartu SIM.

5 dari 6 halaman

Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor © Diadona

4. Kualitas Produk

Hal lain yang menunjukkan perbedaan IPhone IBox, Inter, dan Distributor adalah dari segi kualitas produk yang kamu beli.

Ketika kamu membeli IPhone IBox, produk sudah pasti asli dan dipastikan kamu mendapatkan IPhone dengan kualitas terbaik. IBox sebagai distributor resmi tentu telah melakukan quality control terhadap produk-produknya sebelum dijual ke pasar.

Berbeda dengan ketika kamu membeli IPhone Inter. Sebenarnya produk Inter/ex-inter adalah produk asli dari Apple. Namun, sangat mungkin produk yang dijual adalah produk yang cacat oleh distributor nakal. Untuk itu, sebelum membeli IPhone Inter, kamu harus melakukan cek ulang terhadap produk yang ingin kamu beli.

IPhone distributor biasanya sering diisukan dengan IPhone rekondisi, yaitu barang rusak bekas pakai yang diperbaiki kembali. Memang bisa sangat murah, namun kamu harus berhati-hati terhadap kualitas barang yang ditawarkan oleh distributor-distributor tidak resmi ini.

6 dari 6 halaman

Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor © Diadona

5. Aksesoris IPhone

Perbedaan IPhone Inter, IBox, dan Distributor selanjutnya yaitu terkait aksesoris yang akan kamu dapatkan saat membeli produk IPhone tersebut.

Saat kamu membeli IPhone IBox, kamu akan mendapatkan beberapa aksesoris tambahan yang juga merupakan produk asli dan baru. Aksesori yang dimaksud dapat mencakup charger, kabel, buku garansi resmi, dan sebagainya.

Saat kamu membeli IPhone Inter, khususnya ketika itu adalah produk tangan kedua (second), kamu mungkin saja mendapatkan aksesoris ori ataupun yang sudah diganti. Begitupun dengan IPhone Distributor, lebih parah apabila kamu mendapatkan aksesoris hasil rekondisi.

Gimana Diazens? Sudah tahu kan gimana cara bedainnya? Tadi adalah ulasan tentang Perbedaan IPhone IBox, Inter, dan Distributor yang perlu kamu tahu sebelum membeli IPhone.

Penulis: Starky

Beri Komentar