6 Cara Cek RAM HP Samsung, Praktis dan Mudah Kamu Lakukan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 September 2023 10:23
6 Cara Cek RAM HP Samsung, Praktis dan Mudah Kamu Lakukan
Sudah tahu cara cek RAM HP Samsung kamu nggak nih? Kalau belum, simak yuk!

Kamu punya HP samsung tapi belum tahu cara mengecek RAM HP Samsung? Mengetahui kapasitas RAM HP kita berapa merupakan hal yang tak kalah penting loh saat menggunakan atau ingin membeli gadget Samsung. 

RAM (Random Access Memory) sederhananya adalah tempat penyimpanan data sementara agar dapat diakses dengan cepat oleh prosesor perangkatmu. RAM menjadi komponen penting bagi kinerja handphone, karena semakin besar kapasitas RAM maka perangkatmu akan makin ngebut. Untuk itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara melihat RAM di HP kamu.

Cara mengecek RAM HP Samsung sangat mudah untuk kamu lakukan di semua jenis handphone, misalnya Samsung a12, ao4e, dan M23, dan semua series Samsung lainnya. Diadona telah mengulas cara-cara mengecek RAM HP kamu dengan sangat mudah dari berbagai sumber, simak ya Diazens!

1 dari 6 halaman

Cara Mengecek RAM HP Samsung Lewat Pengaturan

Cek RAM HP Samsung Lewat Pengaturan © Diadona

Cara cek RAM HP Samsung yang pertama adalah bisa kamu coba langsung dari menu pengaturan.  Ini bisa kamu langsung coba di semua tipe HP Samsung. Begini caranya:

  • Pertama, Buka menu pengaturan / settings di HP Samsung kamu.
  • Kedua, Cari dan pilih menu Perawatan perangkat / Device care / Device maintenance (beberapa perangkat mungkin berbeda). Jika menu perawatan perangkat tidak ada, kamu bisa search Memory di menu pencarian.
  • Ketiga, Apabila sudah masuk menu perawatan perangkat, klik tombol Memory untuk mengecek kapasitas RAM.

Kamu juga dapat melihat detail informasi terkait RAM, mulai dari pemakaian, sisa memori RAM kamu, serta aplikasi mana saja yang sedang berjalan menggunakan RAM. 

Apabila kamu merasa memerlukan pembersihan memori RAM kamu, kamu juga dapat mengklik tombol clean now untuk membebaskan beberapa ruang di RAM kamu.

2 dari 6 halaman

Mengecek RAM HP Samsung Melalui Website Resmi

Cek RAM HP Samsung Melalui Website Resmi © Diadona

Kalau kamu belum memiliki HP Samsung namun berniat untuk membelinya, kamu juga dapat mengecek RAM HP Samsung yang tersedia di menu katalog website resmi https://www.samsung.com/id/

Pada website ini, kamu dapat mengecek spek-spek dari setiap produk handphone Samsung yang sedang dijual, termasuk mengecek RAM HP Samsung. Simak caranya yuk!

  • Pertama, buka website https://www.samsung.com/id/ 
  • Kedua, buka panel menu mobile diatas, lalu klik Smartphones
  • Ketiga, pilih tipe atau seri HP yang ingin kamu cek, misalnya tipe Galaxy A.
  • Keempat, kamu dapat memilih jenis HP yang akan kamu cek sesuai serinya.
  • Selanjutnya, buka menu spek kemudian scroll ke bawah sampai menemukan keterangan penyimpanan/memori. RAM dapat kamu lihat di bagian memori yang tertera angka

 

3 dari 6 halaman

Mengecek RAM HP Samsung Melalui Aplikasi AIDA64

Cek RAM HP Samsung Melalui Aplikasi AIDA64 © Diadona

Dilansir dari website resmi AIDA64, perangkat ini merupakan sebuah sistem yang dapat menampilkan data sistem penting yang terhubung ke handphone kamu. Kamu dapat mengecek RAM HP Samsung melalui aplikasi ini, caranya:

  • Pertama, download dan install aplikasi AIDA64 yang tersedia di Playstore.
    • Lalu, jika sudah terinstall, buka aplikasi AIDA64 lalu klik menu system untuk melihat informasi detail HP kamu.
    • Kemudian, akan muncul informasi spek perangkatmu termasuk informasi tentang kapasitas RAM.

 

4 dari 6 halaman

Mengecek RAM HP Samsung Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara Cek RAM HP Samsung © Diadona

Selain AIDA64, salah satu aplikasi lain yang cukup terkenal untuk mengecek spesifikasi perangkat adalah CPU-Z. Apabila ternyata aplikasi AIDA64 mungkin tidak bekerja di HP-mu, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi ini. Caranya:

  • Pertama, download dan install aplikasi CPU-Z dari Playstore.
  • Setelah itu, buka aplikasinya, lalu klik menu device.
  • Kemudian, akan muncul informasi handphone kamu, termasuk jumlah kapasitas RAM dan berapa sisa RAM yang belum terpakai.

5 dari 6 halaman

Mengecek RAM HP Samsung Melalui Kotak Dus HP

Cara Cek RAM HP Samsung © Diadona

Cara lain untuk mengecek RAM HP Samsung adalah melihat informasinya dari kotak dus HP kamu. Cara ini dapat kamu sarankan untuk orang tua yang kesulitan apabila harus melalui sebuah sistem.

Kamu dapat langsung melihat informasi RAM HP-mu melalui kotak dus. Biasanya, informasi terletak di bagian belakang kotak yang berstiker putih dan berisi informasi terkait handphonemu.

Sedikit catatan Diazens, ketika menggunakan aplikasi lain untuk mengecek RAM HP kamu, mungkin RAM yang tampil akan lebih sedikit dari apa yang tertulis di produk. Misalnya, akan tertulis 3,6 GB dari 4GB total RAM. Tak perlu khawatir, hal ini dikarenakan perangkat kamu memang sudah menyiapkan ruang khusus untuk mengisi data-data tertentu agar tidak benar-benar kosong.

Itu dia Diazens beberapa cara untuk mengecek RAM HP Samsung yang dapat kamu sesuaikan sesuai kebutuhan. 

6 dari 6 halaman

Cara Merawat RAM HP Samsung

Cara Cek RAM HP Samsung © Diadona

Beberapa pengguna mungkin seringkali merasa bahwa handphone yang digunakan menjadi sedikit lemot. Hal ini dapat disebabkan karena sisa kapasitas RAM atau memori yang digunakan menipis. 

Setelah kamu mengetahui cara mengecek RAM HP Samsung, kini saatnya untuk tahu juga bagaimana cara merawat RAM HP kamu agar anti-lemot. Berikut ulasannya:

  1. Kurangi jumlah layar di beranda kamu, usahakan untuk selalu menutup layar aplikasi setelah menggunakannya.
  2. Hindari menggunakan wallpaper animasi (hidup) ataupun widget yang terlalu banyak. Hal ini akan membuat handphone kamu bekerja lebih banyak dan memenuhi ruang RAM.
  3. Lakukan uninstall pada aplikasi yang sudah tidak diperlukan.
  4. Jangan pernah menggunakan task killer ataupun RAM Booster. Apliikasi yang diklaim mempercepat kinerja perangkat cenderung akan mengganggu proses kinerja sistem yang sudah dirancang, sehingga akan semakin memberatkan perangkatmu.
  5. Nonaktifkan aplikasi bawaan yang menggunakan banyak memori dan tidak terpakai. Beberapa Android memiliki aplikasi bawaan yang menyita ruang di perangkat kamu. 
  6. Usahakan menggunakan aplikasi yang membutuhkan lebih sedikit ruang memori.

Dengan melakukan beberapa langkah ini, kinerja HP-mu akan menjadi lebih cepat dan nyaman untuk digunakan. Itulah pentingnya mengetahui cara mengecek RAM HP-mu secara berkala agar dapat mengontrol penggunaan kapasitasnya.

Penulis: Starky 

Beri Komentar