Cara Membuat Sari Kacang Hijau yang Benar untuk Ibu Hamil, Enak dan Mudah Banget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 28 Desember 2020 20:13
Cara Membuat Sari Kacang Hijau yang Benar untuk Ibu Hamil, Enak dan Mudah Banget
Cara membuat sari kacang hijau nggak cuman dengan merebusnya aja lho tapi juga ada tips agar enak

Katanya sih kacang hijau bagus untuk ibu hamil, makanya mereka sering disarankan untuk meningkatkan konsumsi bahan makanan ini dengan cara membuat sari kacang hijau. Eh tapi ternyata ini bukan katanya doang lho, melainkan beneran punya manfaat kesehatan.

Pernah dengar asam folat nggak nih, yakni zat yang kerap difortifikasikan dalam susu ibu hamil. Kekurangan asam folat kerap dikaitkan dengan risiko bayi lahir dengan cacat yang lebih tinggi. Nah, kacang hijau menyediakan 80 % RDI asam folat per 200 gramnya.

Nggak cuman itu doang, kacang hijau juga tinggi zat bes, protein serta serta yang banyak dibutuhkan oleh wanita selama kehamilan. Dalam cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil, proses memasak harus dilakukan dengan benar ya karena kacang hijau mentah bisa membawa bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Dikutip dari berbagai sumber, cari tahu yuk gimana tips dan cara membuat sari kacang hiaju yang baik untuk kesehatan.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Sari Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Cara Membuat Sari Kacang Hijau © Diadona

Mitosnya nih makanan tersebut juga bisa membuat bayi lahir dengan kulit putih dan rambut yang tebal. Beneran? Di luar itu, kacang hijau punya kandungan zinc untuk mencegah terjadinya edema bagi ibu hamil. Kandungan protein, fosfor, serat makanan serta kalsiumnya bagus banget untuk kekebalan tubuh dan nutrisi ibu dalam menopang kehamilannya.

Umumnya konsumsi kacang hijau untuk ibu hamil nggak cuman dengan cara membuat sari kacang hijau doang, tapi dibuat bubur atau kolak.

Cara membuat sari kacang hijau menurut Medical News Today tuh gampang banget kok. Cukup tambahkan ke dalam air mendidih dan biarkan mendidih selama 45 menit. Cek secara teratur trus angkat ketiak sudhah mencapai tekstur yang kamu inginkan.

Kacang hijau ini bakalan sedikit hambat, sehingga dalam membuat sari kacang hijau perlu ditambahkan dengan berbagai bahan misalnya madu atau gula aren nih. Dan karena rasanya yang nggak kuat, maka maka bsia dihidangkan dengan makann lainnya sebagai protein dan penambah tekstur makanan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Sari Kacang Hijau yang Benar

Cara Membuat Sari Kacang Hijau © Diadona

Lebih lengkapnya nih cara membuat sari kacang hijau bisa kamu simak dalam uraian berikut ini:

Bahan yang diperlukan:

- Kacang hijau 200 gram
- Gula merah 100 gram
- Jahe 1 ruas
- Garam secukupnya
- Air matang 3-4 liter air

Pertama cuci dulu ya kacang hijaunya sampai nggak ada kotoran yang terikut.
Trus rendam kacang hijau tersebut selama lebih kurang 12 sampai 24 hjam. Dalam cara membuat sari kacang hijau, ini penting dilakukan biar butir-butir biji kacang hijau mekar dengan baik dan lebih cepat empuk saat direbus. Atau kalau mau lumayan cepet nih, bisa dnegan merendamnya menggunakan air hangat sekitar 1-2 jam aja.

Lalu gosok pelan kacang hijau biar kulit yang mengelupas bisa terleas dengan sempurna. Trus bilas denga nair mengalir untuk memaksimalkan pembersihan deh.

Langsung ke tahap dan cara membuat sari kacang hijau ya yakni dengan merebus air trus masukan kacang hiaju saat air udah mendidih. Ini penting banget nih karena baik kacang hijau maupun bahan makanan lain bakalan lebih cepat matang ketika direbus dalam air yang sudah mendidi. Pun waktu yang diperlukan lebih singkat sehingga nutrisinya lebih terjaga.

Trus baru deh masukkan gula merah, jahe yang udah digeprek serta garam. Aduk sebentar sampai kacang hijau matang atau sesuai dengan tingkat tekstur yang diinginkan.

Tes rasa, kalau udah pas, angkat panci. Siapkan saringan untuk menyaring butiran kacang hijau dan mendapatkan air berupa sarinya.

Butiran kacang ini bisa digunakan untuk membuat makanan lain atau dijadikan bubur kacang hijau.

3 dari 3 halaman

Tips dan Cara Membuat Sari Kacang Hijau

Dalam cara membuat sari kacang hijau nih ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar tekstur dan rasanya mantap. Apa aja nih?

- Pertama, perendaman butiran kacang hijau menggunkaan air panas usahakan jangan terlalu lama. Kenapa? Karena bisa bikin kacang hijau lembek.

- Gunakan api kecil aja saat merebus kacang hiau

- Tambahkan daun pandan saat proses perebusan untuk menambah aroma.

- Agar manfaat kesehatannya maksimal, batasi penggunaan gula. Bisa ganti dengan gula mera atau gula aren agar lebih sehat dan menambah cita rasa.

- Bisa tambahkan kayu manis dan bahan lain untuk menambah cita rawsa sari kacang hijau.

Cara membuat sari kacang hijau tuh gampang banget kan? Bikin yuk!!

 

Beri Komentar