8 Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk Tanpa Presto, Praktis dan Hemat Gas!

Reporter : Nasa
Selasa, 6 September 2022 14:27
8 Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk Tanpa Presto, Praktis dan Hemat Gas!
Berikut merupakan deretan cara merebus kacang hijau agar cepat empuk yang paling efektif.

Onde-onde, bakpia, hingga bubur kacang hijau merupakan sejumlah hidangan favorit masyarakat Indonesia yang menggunakan bahan dasar kacang hijau. Seperti yang kita tahu, kacang hijau sendiri memiliki cita rasa dan aroma khas yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Tak hanya itu, kacang hijau sendiri diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang tentunya baik bagi tubuh manusia. Mulai dari protein, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B12, Zat Besi, Vitamin B6, Kalsium, sampai dengan Magnesium.

Makanya, gak heran kalau hidangan berbahan dasar kacang hijau sering kali digunakan sebagai menu untuk memenuhi asupan gizi bagi anak-anak. Orang dewasa dan manula juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau guna meringankan gejala penyakit tertentu.

Olahan yang menggunakan bahan dasar kacang hijau sendiri harus melalui sejumlah teknik khusus. Pasalnya, kacang hijau harus diolah dengan tepat agar teksturnya bisa empuk dan tidak keras. Jika hanya direbus biasa, kacang hijau tidak akan bisa empuk dengan cepat.

Nah, berikut ini merupakan deretan cara merebus kacang hijau agar cepat empuk tanpa presto yang praktis dan hemat gas:

1 dari 7 halaman

1. Rendam Dulu dengan Air

Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat EmpukCara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk © 2022 Freepik.com

Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk yang pertama adalah dengan merendamnya terlebih dahulu dengan air bersih bersuhu ruang. Diamkan selama setidaknya beberapa jam, atau setidaknya semalaman sebelum diolah jadi hidangan favorit kamu.

Selain itu, kamu juga bisa merendamnya dengan air hangat jika ingin mempersingkat waktu perendaman. Dengan merendam menggunakan air hangat, biji kacang hijau bisa cepat lunak dan bisa diolah tanpa membutuhkan waktu perebusan yang lama.

2 dari 7 halaman

2. Didihkan Air Rebusan Terlebih Dahulu

Hal yang selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah mendidihkan air rebusan terlebih dahulu, sebelum menambahkan biji kacang hijau yang sebelumnya sudah direndam dan dibersihkan. Namun, setelah biji kacang hijau dimasukkan, usahakan untuk mengecilkan api kompor selama proses perebusan.

Jadi sebelumnya, kamu bisa menyiapkan air rebusan dengan takaran yang cukup sesuai dengan banyaknya biji kacang hijau yang akan kamu olah, kemudian memanaskannya di atas kompor hingga mendidih sebelum memasukkan biji kacang hijau.

3 dari 7 halaman

3. Gunakan Api Sedang

Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat EmpukCara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk © 2022 Freepik.com

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, merebus biji kacang hijau dengan api sedang bisa membuat biji kacang hijau jadi empuk dengan sempurna tanpa membuat kulit bijinya jadi pecah.

Teknik yang satu ini cocok banget untuk kamu yang ingin biji kacang hijau bisa empuk tanpa harus membuat kulitnya retak. Tapi jika kamu ingin membuat kacang hijau jadi empuk merekah, kamu bisa merebusnya dengan air mendidih dengan waktu yang lama.

4 dari 7 halaman

4. Tambahkan Gula dan Garam

Poin yang satu ini juga perlu diperhatikan untuk mengolah kacang hijau agar cepat empuk. Jangan tambahkan gula atau garam sebelum kamu yakin kacang hijaunya empuk. Untuk kamu yang suka dengan kacang hijau merekah, pastikan untuk menambahkan gula dan garam setelah kacang hijau merekah.

Baru setelahnya, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai hidangan favorit yang ingin kamu buat, atau meniriskannya agar kandungan air yang terdapat di dalamnya bisa berkurang dan bisa dihilangkan bagian kulitnya.

5 dari 7 halaman

5. Rebus Selama Tujuh Menit

Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat EmpukCara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk © 2022 Freepik.com

Agar bisa lebih akurat lagi, kamu juga bisa menggunakan stopwatch untuk menghitung waktu merebus kacang hijau. Kalau menurut info dari kanal YouTube Lely Kd, kacang hijau pada umumnya direbus selama setidaknya tujuh menit sehingga bisa matang dan empuk sempurna.

Namun, untuk kamu yang ingin membuat kacang hijau jadi empuk dan merekah sempurna, bisa merebusnya dengan waktu yang lebih lama. Sesuai dengan tekstur biji kacang hijau yang kamu inginkan untuk diolah.

6 dari 7 halaman

6. Tutup dan Diamkan Kacang Hijau Usai Direbus

Jika sudah direbus selama tujuh menit, matikan api dan jangan langsung diangkat. Biarkan panci rebusan kacang hijau dalam keadaan tertutup selama 30 menit. Cara ini dapat membuat proses memasak tetap berlanjut walaupun api kompor sudah mati.

Selain itu, kacang hijau juga bisa matang sempurna tanpa menggunakan alat presto. Dan pastinya bisa kamu bisa makin hemat gas dan tetap bisa menghasilkan biji kacang hijau yang empuk dan enak dimakan.

7 dari 7 halaman

7. Rebus Kacang Hijau Bersama Daun Pandan Atau Jahe

Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat EmpukCara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk © 2022 Freepik.com

Kacang hijau tanpa tambahan pandan atau jahe biasanya masih berbau langu. Kalau bau masih tidak enak akan mengurangi nafsu makan. Makanya penting untuk menambahkan daun pandan maupun jahe saat merebus kacang hijau agar bau langunya bisa berkurang.

Daun pandang dan jahe juga bisa menjadikan biji kacang hijau makin mengeluarkan aroma khasnya yang menggugah selera.

Nah itu dia deretan cara merebus kacang hijau agar cepat matang tanpa menggunakan alat presto yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya, selamat mencoba!

Beri Komentar